HomeTips & TrickRiding10 Cara Hemat BBM Motor Matic dan Gigi, Catat Baik-Baik, Ya!

10 Cara Hemat BBM Motor Matic dan Gigi, Catat Baik-Baik, Ya!

Baik motor matic maupun gigi, keduanya merupakan transportasi yang paling sering digunakan. Berikut beberapa cara menghemat BBM motor yang bisa dicoba.

Penggunaan kendaraan roda dua di Indonesia memang sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Menurut data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2019 ada lebih dari 112 juta unit motor yang berlalu-lalang di jalanan.

Sementara itu, jumlah mobil pada tahun yang sama berada di angka 15 jutaan unit. Artinya, kebanyakan masyarakat Indonesia mengandalkan motor sebagai transportasi sehari-hari.

Baik motor matic maupun motor gigi, keduanya menjadi kendaraan favorit yang digunakan untuk pergi ke sekolah, ke kantor, pasar, bahkan untuk jalan-jalan alias riding.

Namun, pasca kenaikan harga BBM, para pemilik kendaraan roda dua ini nampaknya harus ekstra hemat dalam menggunakan kendaraan. Pasalnya, kenaikan harga BBM memang cukup terasa bagi sebagian besar masyarakat.

Berikut ini beberapa cara menghemat BBM motor matic dan motor gigi yang bisa kita coba, simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic, Suara Tetap Mulus

Cara Menghemat BBM Motor Matic dan Motor Gigi

cara menghemat bbm
(Foto pengendara motor di jalan. Sumber: EIGER Adventure)

Jika dilihat dari konsumsi BBM, maka motor matic memang lebih boros dibandingkan motor gigi. Pasalnya, motor matic menggunakan transmisi otomatis yang membuat kerja mesin menjadi lebih berat.

Meski demikian, ada beberapa cara menghemat BBM yang bisa kita terapkan untuk motor matic maupun gigi, berikut penjelasannya lengkapnya.

1. Tidak Sering Memanaskan Motor

Tampaknya sudah jadi kebiasaan banyak orang memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Hal ini biasanya dilakukan pada pagi hari atau saat mesin motor dalam kondisi dingin dan jarang dipakai.

Sebenarnya, sah-sah saja memanaskan mesin motor. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering, ya! Pasalnya, memanaskan mesin motor juga membutuhkan bensin.

Kalau pun Eigerian perlu memanaskan motor, sebaiknya tidak lebih dari 1 menit. Jika dilakukan terlalu sering, maka tentunya akan lebih banyak bensin yang terpakai.

2. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Meski sepele, tekanan angin ban rupanya bisa membantu menghemat BBM, lho. Jika tekanan angin kurang, maka penggunaan BBM bisa lebih boros sekitar 10-15%. 

Sebab, perputaran roda akan menjadi lebih berat sehingga memaksa mesin untuk bekerja lebih keras.

3. Gunakan Oli dan Busi Berkualitas

3. Gunakan Oli dan Busi Berkualitas
(Foto pengendara memeriksa mesin motor. Sumber: EIGER Adventure)

Penggunaan oli dan busi berkualitas bisa menghemat BBM motor matic dan motor gigi. Kondisi oli yang masih bagus dapat mengurangi gesekan antar komponen, sehingga kinerja mesin akan lebih optimal.

Selain itu, penggunaan busi dalam kondisi yang masih baik juga bisa membuat sistem pembakaran mesin bekerja lebih sempurna. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti oli, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Luka Jatuh Dari Motor di Lutut yang Wajib Dipahami

4. Stabilkan Kecepatan Berkendara

Tahukah Eigerian? Terlalu sering tarik-ulur gas bisa menyebabkan konsumsi BBM yang lebih boros. Selain itu, semakin cepat laju motor, penggunaan BBM juga semakin banyak.

Jika hanya untuk pemakaian harian, disarankan menggunakan motor dengan kecepatan sedang dan stabil ya, Eigerian!

5. Atur Jarak Rem

Rem berfungsi untuk memperlambat perputaran ban sehingga bisa mengurangi laju motor. Di sisi lain, terlalu sering menekan rem atau memasang rem terlalu dekat dengan ban juga bisa menghabiskan lebih banyak BBM.

Pasalnya, ketika kita mengerem kendaraan, maka perputaran roda akan terhambat dan menjadi lebih berat. Alhasil, mesin harus bekerja ekstra dan lebih cepat menguras BBM.

6. Ganti Filter Udara Secara Berkala

6. Ganti Filter Udara Secara Berkala
(Foto komponen mesin motor. Sumber: EIGER Adventure)

Filter udara yang kotor dapat menyumbat udara yang masuk ke sistem pembakaran. Akibatnya, bahan bakar akan terbuang percuma dan menjadi lebih boros. Oleh karena itu, kita perlu merawat komponen ini secara berkala.

7. Hindari Membawa Terlalu Banyak Barang

Sama seperti penggunaan rem tadi, membawa terlalu banyak barang juga mengakibatkan laju motor menjadi lebih berat. Alhasil, ban motor jadi lebih mudah kempes dan lebih berat.

Mesin motor jadi harus bekerja lebih keras untuk menjaga perputaran roda dan laju kendaraan. Alhasil, konsumsi BBM juga akan lebih tinggi.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa motor diperuntukkan untuk membawa satu penumpang saja. Selain faktor keselamatan, hal tersebut juga dilakukan demi efisiensi bahan bakar.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis, Cek Sebelum Terlambat!

8. Sesuaikan Kerapatan Klep

Klep atau katup berfungsi untuk mengatur komposisi udara dan bahan bakar yang akan disalurkan ke ruang pembakaran mesin. Kerapatan klep bisa diatur pada posisi yang ideal, tidak terlalu sempit dan terlalu longgar.

Posis klep bisa diatur dalam kondisi bukaan yang lebih sempit agar aliran bahan bakar menjadi lebih sedikit. Alhasil, konsumsi BBM akan lebih hemat, namun tenaga motor akan kurang optimal.

9. Hindari Jalan yang Rusak

Hindari Jalan yang Rusak
(Foto pengendara motor touring. Sumber: EIGER Adventure)

Cara menghemat BBM selanjutnya adalah menghindari jalan yang rusak. Sebab, melewati jalan yang rusak dapat membuat bahan bakar lebih banyak terkuras.

Sebisa mungkin, hindari jalan berlubang agar lebih hemat BBM dan menjaga motor agar tidak cepat rusak, ya!

Baca Juga: 5 Kelebihan Motor Listrik yang Tak Kalah dari Motor BBM

10. Rutin Merawat Komponen Kelistrikan

Cara menghemat BBM motor matic dan motor gigi yang terakhir adalah dengan rutin merawat komponen kelistrikan, terutama motor matic dengan sistem injeksi.

Pasalnya, jika sistem kelistrikan terganggu, maka konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Komponen kelistrikan terdiri atas aki motor, soket listrik, dan kondisi kabel-kabel.

Itulah beberapa cara menghemat BBM motor matic dan motor gigi yang bisa kita coba. Selain menghemat BBM motor, Eigerian juga perlu menggunakan perlengkapan berkendara terbaik demi keamanan saat berkendara.

Nah, Eigerian bisa menggunakan perlengkapan riding terbaik seperti jaket, sarung tangan, celana, tas, helm, dan aksesoris lainnya dengan berbelanja melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru