HomeTips & TrickRiding5 Kelebihan Motor Listrik yang Tak Kalah dari Motor BBM

5 Kelebihan Motor Listrik yang Tak Kalah dari Motor BBM

Pasca kenaikan harga BBM, semakin banyak orang yang melirik motor listrik. Sebelum beli, simak dulu kelebihan motor listrik berikut ini yuk!

Hai Eigerian! Bagi kita yang mengandalkan kendaraan motor untuk kegiatan sehari-hari, kenaikan harga BBM tentu cukup meresahkan. Terutama bagi pengguna motor bensin yang biasa pergi bekerja atau berkegiatan riding.

Pasalnya, kenaikan harga BBM kali ini juga dibarengi dengan kenaikan harga-harga lainnya nih, Eigerian. Maka dari itu, kini mulai banyak masyarakat yang melirik kendaraan listrik sebagai alternatif.

Salah satu yang cukup diminati adalah motor listrik. Sebenarnya, kehadiran motor listrik di Indonesia sudah cukup lama. Tapi, popularitasnya mulai naik baru-baru ini. motor listrik memang dikenal ramah lingkungan dan ramah di kantong.

Jika Eigerian tertarik memiliki motor listrik, simak dulu beberapa kelebihan motor listrik yang tak kalah dengan motor BBM berikut ini yuk!

Baca Juga: 5 Inspirasi Style Sunmori yang Keren Maksimal

Kelebihan Motor Listrik

kelebihan motor listrik
(Foto pengendara motor touring. Sumber: EIGER Adventure)

Kehadiran kendaraan listrik khususnya motor di Indonesia memang masih baru kalau dibandingkan negara lain. Tapi, kendaraan listrik ternyata mendapat dukungan positif dari pemerintah.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Tahukah Eigerian? Indonesia sebenarnya sudah mampu memproduksi motor listrik sendiri merek dalam negeri. 

Lantas, apa saja kelebihan motor listrik dibanding motor konvensional?

1. Ramah Lingkungan

Kelebihan pertama motor listrik pastinya ramah lingkungan. Bisa dibilang motor listrik tidak menghasilkan emisi sama sekali. Hal ini menjadi alasan utama mengapa motor listrik memiliki banyak peminat.

Jika Eigerian ingin menggunakan kendaraan ramah lingkungan, tentu motor listrik jadi pilihan terbaik. Mesin motor listrik menggunakan teknologi yang tidak menghasilkan gas emisi dan karbon monoksida.

Emisi karbon yang dihasilkan motor berbahan bakar bensin bisa menyebabkan pencemaran udara yang berbahaya bagi manusia. Penggunaan energi terbarukan dalam kendaraan bermotor menjadi inovasi yang penting untuk masa depan kita.

2. Suara Mesin yang Halus

Selain mencegah polusi udara, penggunaan motor listrik juga bisa mencegah polusi suara. Mesin motor listrik memiliki suara yang sangat halus dan tidak mengganggu telinga.

Dengan begitu, kita jadi tidak perlu repot mematikan mesin motor saat masuk ke dalam gang sempit atau perkampungan. Mesin motor listrik tidak akan mengganggu kenyamanan orang sekitar sehingga bisa menambah kepercayaan diri kita.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Motor Seru untuk Menemani Waktu Luang

3. Ramah di Kantong

motor listrik ramah di kantong
(Foto stasiun pengisian kendaraan listrik. Sumber: Freepik.com)

Tak hanya ramah lingkungan, motor listrik juga lebih ramah di kantong nih, Eigerian. Penggunaan motor listrik dalam jangka panjang dapat menghemat lebih banyak uang yang biasanya digunakan untuk mengisi BBM.

Motor listrik punya efisiensi hingga 3 kali lipat jika dibandingkan motor biasa. Tingkat efisiensinya mencapai 90%, sedangkan motor biasa hanya 30%. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau motor listrik memang lebih ramah di kantong.

4. Biaya Perawatan Lebih Murah

Kelebihan motor listrik selanjutnya adalah biaya perawatan yang lebih murah. Komponen pada motor listrik lebih sederhana dibanding motor konvensional. Maka dari itu, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan motor.

Perawatan rutin yang mungkin perlu kita lakukan adalah dengan mengganti baterai dan servis berkala seperti mengganti rem, pemeriksaan kondisi mesin, dan ban. 

Secara keseluruhan, biaya perawatan, servis, dan komponen motor listrik lebih ramah di dompet.

5. Akselerasi Bertenaga

Selain alasan-alasan sebelumnya, ada kelebihan lain yang dimiliki motor listrik dan sangat menarik bagi Eigerian yang hobi riding. Motor listrik bisa memberikan torsi penuh secara langsung dalam sekali tarikan gas.

Akselerasinya bisa jadi lebih besar daripada motor biasa. Torsi mesin mempengaruhi kecepatan mesin saat berakselerasi. Semakin besar torsinya, makan tarikan gas akan terasa lebih bertenaga.

Meski memiliki torsi yang besar, ternyata motor listrik lebih hemat dibanding motor konvensional. Selain itu, daya jelajah motor listrik juga cukup jauh sehingga bisa digunakan untuk touring.

Baca Juga: 5 Rekomendasi OOTD Pria untuk Riding, Mana yang Kamu Pilih?

Bagaimana Cara Merawat Motor Listrik?

cara merawat notor listrik
(Foto merawat mesin motor. Sumber: EIGER Adventure)

Salah satu kelebihan motor listrik adalah perawatan yang mudah. Pertanyaannya, semudah apa perawatan motor listrik?

Bagi pengguna motor listrik, ada beberapa komponen yang perlu Eigerian perhatikan. Pertama, rutin memeriksa dan mengganti van belt. Fungsi van belt adalah untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang. Biasanya usia van belt yang ideal untuk diganti sejauh 3.000 km.

Kedua, sebaiknya jangan menerobos banjir. Sebenarnya, motor listrik didesain agar tetap aman meski terendam air. Namun, sama halnya seperti komponen motor lainnya yang mudah karat atau korosif jika terlalu lama terendam air. Maka dari itu, akan lebih baik menjaga komponen motor tetap kering.

Ketiga, cabut baterai ketika motor tidak digunakan dalam waktu lama. Tujuannya agar baterai tidak mengalami self discharge. Mencabut baterai juga bisa membantu memperpanjang masa pakai.

Agar berkendara menjadi lebih aman, kita juga perlu menggunakan perlengkapan riding berkualitas. Misalnya, kita bisa menggunakan helm EIGER Nakatago FF 300 yang dilengkapi dengan visor anti UV dan anti gores. Pastinya, helm EIGER ini juga sudah berstandar SNI.

Kita bisa menemukan dan membeli aneka perlengkapan riding dan outdoor melalui Website Eiger Adventure Official. Berbelanja di situs resmi EIGER, dijamin original dan memiliki kualitas terbaik.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru