HomeTips & TrickTraveling15 Tempat Wisata Pangalengan yang Sedang Hits dan Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata Pangalengan yang Sedang Hits dan Wajib Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata Pangalengan yang menarik untuk dikunjungi. Wajib masuk wishlist liburan kita nih, Eigerian!

“Bandung Diciptakan Ketika Tuhan Sedang Tersenyum”, yup, rasanya ungkapan fenomenal ini tidak berlebihan. Pasalnya, ada banyak tempat wisata hits di daerah Bandung, salah satunya di Pangalengan.

Pangalengan merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini terkenal memiliki tempat wisata yang apik, terutama wisata alamnya.

Daerah Pangalengan berada di dataran tinggi yang dihiasi oleh hamparan perkebunan, peternakan, dan perbukitan yang sangat ciamik. Bisa dibilang, Pangalengan termasuk hidden gems-nya Bandung dan Jawa Barat.

Mau tau apa saja tempat wisata Pangalengan yang sedang hits dan sayang untuk dilewatkan? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: 4 Taman Nasional Di Kalimantan Tengah Yang Seru Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Pangalengan yang Sedang Hits

tempat wisata pangalengan
(Foto Rumah Putih Cukul. Sumber: Unsplash.com)

Berikut daftar tempat wisata Pangalengan yang eksotis dan menarik untuk kita kunjungi, catat ya!

1. Nimo Highland

Nimo Highland
(Foto Nimo Highland. Sumber: Digitiket.com)

Tempat wisata viral di Pangalengan yang pertama adalah Nimo Highland. Tempat wisata ini sedang ramai digandrungi anak muda, lho. Pasalnya, disini kita bisa menikmati bangunan unik ala Santorini dengan interior Indian.

Ada juga spot foto keren dengan latar yang apik, yakni jembatan kaca sepanjang 150 meter. Sejak diresmikan pada Mei 2022 lalu, jembatan kaca estetik ini selalu ramai oleh pengunjung.

Dari atas jembatan ini, kita bisa melihat keindahan lanskap alam berupa perkebunan teh, hutan, dan pegunungan.

2. Taman Langit Pangalengan

2. Taman Langit Pangalengan
(Foto Taman Langit Pangalengan. Sumber: Djavatoday.com)

Taman Langit Pangalengan berada di ketinggian 1.670 mdpl, sehingga sangat cocok bagi Eigerian yang gemar berburu pemandangan matahari terbit.

Disini, kita bisa berkemah sambil menikmati udara yang sejuk khas dataran tinggi Bandung. Ada banyak spot foto yang menarik dengan latar panorama alamnya yang memukau.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni Rp5.000-Rp10.000 saja per orang!

3. Perkebunan Teh Malabar

3. Perkebunan Teh Malabar
(Foto kebun teh Malabar. Sumber: Piknikdong.com)

Lokasi wisata alam hits yang ada di Pangalengan ini menyuguhkan pemandangan perkebunan teh yang sangat memukau.

Disini, kita bisa menikmati hamparan kebun teh seluas 2.000 ha di atas ketinggian 1.550 mdpl. Kerennya lagi, kita juga bisa melihat pemandangan deretan pegunungan yang mengelilingi Bandung.

Baca Juga: 5 Cara Packing Baju di Koper Agar Muat Banyak dan Tetap Ringan

4. Hutan Pinus Rahong

4. Hutan Pinus Rahong
(Foto Hutan Pinus Rahong. Sumber: Instagram Pinusrahong)

Hutan Pinus Rahong sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. Disini, kita bisa menikmati kesejukan dan ketenangan hutan pinus dan segarnya udara yang masih alami.

Di lokasi ini, terdapat berbagai fasilitas yang bisa kita gunakan. Salah satu yang hits adalah adanya area glamping Pineus Tilu Campground dengan pemandangan langsung ke sungai dan pepohonan pinus.

Jika mau menginap disini, Eigerian perlu menyiapkan budget sekitar Rp500.000 – Rp600.000,- per malam.

5. Curug Penganten

5. Curug Penganten
(Foto Curug Penganten. Sumber: Jejakpiknik.com)

Air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut sebagai curug, merupakan daya tarik lain yang ada di Pangalengan. Curug Penganten, dinamakan demikian karena memiliki dua aliran air terjung berpasangan layaknya pengantin.

Jika datang kesini, kita bisa merasakan segarnya cipratan air terjun yang menyentuh kulit. Curug ini juga dikelilingi tebing dan vegetasi hijau yang memanjakan mata.

6. Situ Cileunca

6. Situ Cileunca
(Foto Situ Cileunca. Sumber: Situ-cileunca.com)

Situ Cileunca berlokasi di Desa Wanasari Pangalengan. Tempat wisata Pangalengan yang satu ini menghadirkan panorama danau buat yang memukau.

Danau seluas 1.440 hektar ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena spotnya yang instagrammable. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000,- per orang.

Baca Juga: 5 Destinasi yang Cocok untuk Road Trip Bersama Pasangan Atau Sahabat

7. Sungai Palayangan

7. Sungai Palayangan
(Foto Sungai Palayangan. Sumber: Yoshida-hiyori.my.id)

Jika Eigerian menyukai aktivitas olahraga ekstrem seperti arung jeram, rasanya wajib untuk berkunjung ke Sungai Palayangan ini.

Bagaimana tidak, disini, kita bisa memacu adrenalin sambil rafting menyusuri aliran sungai yang mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong.

Keistimewaan sungai ini adalah memiliki aliran sungai yang membelah vegetasi perkebunan teh, sayuran, hingga hutan pinus dengan pemandangan memukau.

8. Penangkaran Rusa Kertamanah

8. Penangkaran Rusa Kertamanah
(Foto Penangkaran Rusa Kertamanah. Sumber: Instagram.com/astiiapriani)

Tempat wisata Pangalengan yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ialah Penangkaran Rusa Kertamanah, sebuah lokasi wisata yang memungkinkan kita untuk ikut memberi makan rusa dan berinteraksi dengan jarak yang sangat dekat.

Tempat wisata yang berlokasi di Taman Hutan Raya Juanda ini merupakan habitat bagi sekumpulan rusa yang sudah akrab dengan wisatawan.

Untuk masuk ke penangkaran rusa ini, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000,- saja per orang, lho!

9. Pemandian Air Panas Cibolang

9. Pemandian Air Panas Cibolang
(Foto Pemandian Air Panas CIbolang. Sumber: Ismedia.my.id)

Setelah lelah menjelajahi panorama alam di Pangalengan, tiba waktunya melemaskan otot sambil berendam di Pemandian Air Panas Cibolang.

Pemandian air panas ini dikelilingi oleh hutan pinus kaliandra dan perkebunan lainnya. Selain menyediakan kolam air panas, disini, kita juga bisa menggunakan fasilitas lain seperti gazebo untuk beristirahat.

10. Wayang Windu Panenjoan

10. Wayang Windu Panenjoan
(FotoWayang Windu Panenjoan. Sumber: Jabar.inews.id)

Wayang Windu Panenjoan merupakan tempat wisata Pangalengan yang menyuguhkan pesona dataran tinggi pegunungan dan perbukitan teh.

Di sini, kita bisa menjajal berbagai aktivitas seru seperti hiking, bersepeda, dan melihat sunset. Ada pula jembatan kayu yang sangat instagrammable untuk dikunjungi.

Harga tiket masuknya juga terjangkau, hanya Rp10.000,- saja per orangnya!

Baca Juga: 5 Pesona Desa Wisata Penglipuran dan Keunikannya

11. Kampung Singkur

11. Kampung Singkur
(Foto Kampung Singkur. Sumber: Kampungsingkur.com)

Kampung Singkur merupakan tempat wisata Pangalengan yang ramah bagi keluarga. Di sini, kita bisa menikmati keindahan alam dan mencoba beberapa aktivitas seru lainnya,

Kita bisa merasakan serunya pengalaman arung jeram, paintball, flying fox, dan tubing trip.

Dengan membayar tiket masuk Rp20.000,- per orang, kita sudah bisa menikmati liburan bersama keluarga di sini!

12. Peternakan Sapi

12. Peternakan Sapi
(Foto ilustrasi peternakan sapi. Sumber: Unsplash.com)

Penasaran dengan proses pengambilan susu sapi segar yang kita konsumsi setiap hari? Kita bisa berkunjung ke peternakan sapi milik salah satu brand susu kemasan di Indonesia.

Pangalengan sendiri memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil susu terbaik di Indonesia. Kita bisa berkunjung ke peternakan susu milik PT Ultra Peternakan Bandung Selatan dan belajar proses produksi susu bersama anak-anak.

13. Gunung Artapela

13. Gunung Artapela
(Foto Gunung Artapela. Sumber: Twitter.com/bangetbdg)

Bagi Eigerian yang hobi naik gunung, lokasi yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Gunung Artapela memiliki ketinggian 2.194 mdpl sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula.

Walau tidak begitu tinggi, kita tetap bisa menikmati panorama alam yang memukau dan pastinya tak akan menyesal untuk mendatanginya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Camping Di Bandung Bersama Keluarga

14. Rumah Putih Cukul

14. Rumah Putih Cukul
(Foto Rumah Putih Cukul. Sumber: C-rafting.com)

Destinasi wisata di Pangalengan berikutnya adalah Rumah Putih Cukul. di sini, terdapat sebuah villa dengan gaya arsitektur khas Jerman.

Konon, villa ini sering digunakan sebagai lokasi syuting film horor Indonesia, lho. Meski terkesan menyeramkan, nyatanya di sini kita bisa menikmati hamparan kebun teh yang hijau dan perbukitan.

15. Curug Ceret

15. Curug Ceret
(Foto Curug Ceret. Sumber: Kangentraveling.com)

Destinasi wisata terakhir yang bisa Eigerian kunjungi adalah Curug Ceret. Destinasi wisata ini berada di pinggir jalan desa sehingga cipratan airnya kerap kali membasahi jalanan.

Karena itulah curug ini dinamakan Curug Ceret yang berarti “ciprat”. Kita bisa mengunjungi curug yang satu ini secara gratis di Desa Margamukti, Pangalengan, Bandung.

Sebelum berangkat ke Pangalengan, pastikan Eigerian sudah menyiapkan perlengkapan dan outfit traveling terbaik demi keamanan dan kenyamanan saat berpergian.

Eigerian bisa menggunakan perlengkapan outdoor dan traveling seperti jaket, topi, kacamata, sepatu, sandal, tas ransel, dan aksesoris traveling lainnya dengan berbelanja melalui situs Website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments