HomeTips & TrickMountaineering7 Cara Menghilangkan Rasa Dingin pada Tubuh yang Ampuh

7 Cara Menghilangkan Rasa Dingin pada Tubuh yang Ampuh

Pernahkah Eigerian merasa kedinginan padahal cuaca sedang panas? Jika iya, berikut cara menghilangkan rasa dingin pada tubuh yang bisa kita coba.

Rasa dingin atau menggigil pada tubuh merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Biasanya, kita merasa kedinginan atau menggigil ketika cuaca dingin, sedang demam, atau ketika mandi dengan air dingin.

Bagi Eigerian yang hobi naik gunung, merasa kedinginan atau menggigil saat hiking pastinya menjadi hal yang biasa. Apalagi jika Eigerian mendaki gunung yang tinggi, maka suhu udaranya juga akan semakin dingin.

Mudahnya, kita cukup menghangatkan diri dengan mengenakan pakaian tebal seperti jaket dan selimut untuk menghangatkan badan. Namun, bagaimana kalau rasa dingin ini muncul padahal cuaca sedang panas?

Bisa jadi rasa dingin pada tubuh ini disebabkan oleh faktor lain, bukan karena suhu atau cuaca. Lantas apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan rasa dingin pada tubuh?


Baca Juga: Cara Mengetahui Arah Mata Angin dengan dan Tanpa Kompas

Penyebab Munculnya Rasa Dingin pada Tubuh

cara menghilangkan rasa dingin pada tubuh
(Foto orang menggunakan selimut. Sumber: Freepik.com)

Munculnya rasa dingin atau menggigil secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh beberapa faktor, bukan hanya karena cuaca aja, nih Eigerian. 

Berikut beberapa penyebab badan terasa dingin yang perlu Eigerian ketahui!

1. Anemia

Kekurangan vitamin dan mineral jadi penyebab utama anemia. Zat besi dan vitamin B12 punya peran penting dalam memproduksi sel darah merah. Jika sel darah merah tidak bekerja dengan efektif, maka tubuh kita akan merasa kedinginan.

Untuk mencegah anemia, Eigerian bisa membiasakan diri mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging, telur, dan sayuran hijau.

2. Dehidrasi

Sekitar 60% tubuh kita terdiri atas air, asupan air yang cukup berperan dalam mengontrol suhu tubuh nih, Eigerian. 

Ketika dehidrasi, tubuh akan lebih sensitif terhadap suhu ekstrem dan mudah merasa kedinginan.

3. Kurang Tidur

Ibarat lagu, sebaiknya Eigerian menghindari begadang kalau tiada artinya ya! Orang yang kurang tidur lebih mudah merasa kedinginan. 

Hal ini karena kurang tidur bisa mengganggu sistem saraf dan hipotalamus yang berfungsi mengatur suhu tubuh.

4. Kurang Gizi

Empat sehat lima sempurna! Yup, kebiasaan makan sehat ini harus dilakukan secara kontinyu. 

Kekurangan gizi bisa membuat tubuh jadi terlalu kurus, sehingga jaringan lemak pun berkurang. Padahal, jaringan lemak dan protein yang cukup bisa menjaga panas tubuh.

5. Peredaran Darah Tidak Lancar

Pernahkah Eigerian merasa kedinginan tapi hanya di bagian kaki saja? Kalau iya, bisa jadi ada masalah terhadap sirkulasi darah yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Ketidakmampuan jantung dalam memompa darah dengan efektif aliran darah menjadi kurang lancar. Alhasil, beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki biasanya akan terasa dingin. 

Selain itu, masih ada beberapa faktor penyebab kedinginan lain seperti kebiasaan merokok, merasa cemas, diabetes, dan lain-lain.

Baca Juga: 9 Cara Menghemat Baterai HP, Cocok untuk Perjalanan Jauh

Cara Menghilangkan Rasa Dingin Pada Tubuh

cara menghilangkan dingin
(Foto demam menggigil. Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya rasa dingin pada tubuh, berikutnya ada beberapa cara yang bisa Eigerian coba untuk menghangatkan badan. Simak tips berikut, ya!

1. Gunakan Pakaian Hangat

Jika rasa dingin disebabkan karena suhu ruang, angin, atau cuaca, Eigerian bisa menghangatkan tubuh dengan mengenakan pakaian hangat. 

Misalnya, kita bisa menggunakan Jaket outdoor EIGER Ozonic XT Light Warmer yang dibuat dari material yang ringan dan hangat.

Jaket ini cocok digunakan harian saat musim hujan, ketika cuaca dingin, atau saat berkegiatan di luar ruangan. Terdapat lapisan yang hangat sehingga dapat menjaga suhu tubuh dan memberikan rasa nyaman.

2. Banyak Minum Air Mineral

Kondisi tubuh dehidrasi bisa membatasi aliran darah sehingga sulit menjaga suhu tubuh. Untuk mengatasinya, kita perlu mengonsumsi air mineral secara teratur guna mencegah dehidrasi.

Apalagi bagi Eigerian yang banyak berkegiatan di luar rumah, menjaga asupan air minum sangat penting. Eigerian bisa membiasakan diri membawa botol minum isi ulang dari rumah agar lebih ramah lingkungan.

3. Makan yang Teratur

Selain rutin minum air mineral, kita juga perlu makan secara teratur. Makan lebih banyak saat kedinginan bisa menjaga suhu tubuh jadi lebih hangat. 

Mengonsumsi makanan bisa menjaga gula darah yang menghasilkan energi pada tubuh agar tetap hangat.

Disarankan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, atau pisang untuk menaikkan gula darah.

Baca Juga: 3 Cara Check In Hotel untuk Pemula, Solo Traveler Wajib Tahu!

4. Minum Jahe Hangat

minum jahe hangat
(Foto minum jahe hangat. Sumber: Unsplash.com)

Pastinya Eigerian sudah tahu bahwa minuman jahe hangat bisa menghangatkan tubuh. Yup, kita bisa minum jahe hangat untuk menghangatkan tubuh, terutama area perut.

Jahe memiliki sensasi rasa panas dan pedas yang bisa membantu mengatasi kedinginan. Sekarang ini sudah banyak tersedia minuman jahe instan yang lebih praktis untuk diminum.

5. Jaga Tubuh Tetap Kering

Jika tubuh terasa dingin dan menggigil setelah mandi, maka segeralah keringkan tubuh dan gunakan pakaian yang hangat. 

Biasanya, rasa dingin ini muncul sewaktu kita mandi dengan air yang cukup dingin atau terkena paparan angin, sehingga sangat mudah menggigil kedinginan.

6. Minum Obat Pereda Demam

Rasa dingin dan menggigil bisa jadi muncul ketika kita sedang demam. Padahal, suhu dan cuaca sebenarnya cukup hangat. Perasaan dingin ini muncul karena kondisi tubuh yang kurang fit.

Maka dari itu, segeralah mengonsumsi obat penurun demam atau berkonsultasi dengan dokter.

7. Tidur yang Cukup

Cara menghilangkan rasa dingin pada tubuh lainnya adalah dengan menjaga pola tidur. Istirahat yang cukup bisa berdampak baik bagi kesehatan. Sebaiknya, kurang tidur juga bisa memberikan dampak buruk.

Salah satunya yaitu membuat tubuh kita jadi lebih mudah kedinginan dan menggigil. Maka dari itu, hindari begadang jika tiada artinya ya!

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan rasa dingin pada tubuh yang ampuh untuk Eigerian coba. 

Jika ingin berwisata ke tempat bersuhu dingin seperti hiking atau camping, ada baiknya menyiapkan perlengkapan dan pakaian yang mendukung.

Selain jaket gunung, Eigerian juga perlu membawa sleeping bag, sarung tangan, matras, dan semua perlengkapan pendakian terbaik dari EIGER.Dengan berbelanja di website Eiger Adventure Official, kita bisa menemukan dan membeli beragam produk dan perlengkapan outdoor dengan jaminan kualitas terbaik dan tepercaya.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru