HomeTips & TrickLifestyle3 Cara Check In Hotel untuk Pemula, Solo Traveler Wajib Tahu!

3 Cara Check In Hotel untuk Pemula, Solo Traveler Wajib Tahu!

Hai Eigerian! Apakah Eigerian senang bepergian namun memiliki waktu yang terbatas? Jika iya, maka alternatif liburan yang bisa kita pilih adalah menginap di hotel, atau bahasa kerennya staycation.

Istilah staycation ini sudah ada sejak lama, namun mulai happening selama pandemi COVID-19. Banyak orang merasa bosan terus berada di rumah, namun juga khawatir jika berada di tempat umum.

Alhasil, liburan di hotel dan menikmati semua fasilitas di dalamnya menjadi pilihan terbaik. Meskipun sekarang situasi pandemi sudah membaik, ternyata staycation kini telah menjadi kebiasaan baru.

Sebagian orang bahkan memunculkan istilah baru, yaitu WFH alias work from hotel. Menginap di hotel juga jadi pilihan terbaik saat berlibur, sebab adanya jaminan kenyamanan, keamanan, dan kelengkapan fasilitas.

Eigerian tertarik melakukan staycation atau solo travelling? Simak beberapa cara check in hotel yang mudah dan praktis berikut ini!

Baca Juga: Liburan Hemat dan Nyaman, Praktikkan 7 Cara Pesan Hotel Berikut Ini!

Cara Check In Hotel untuk Solo Traveler

pengunjung check in
(Foto pengunjung check in hotel. Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa cara check in hotel yang bisa kita coba. Misalnya, check in langsung di resepsionis, online check in, dan check in tanpa KTP. Ingin tahu caranya? 

Berikut beberapa caranya yang perlu kamu ketahui. Simak sampai akhir, ya!

1. Cara Check In Hotel di Resepsionis

Cara check in hotel yang pertama adalah melalui resepsionis. Cara check in bisa dilakukan di semua hotel dengan bantuan petugas resepsionis. 

Kita hanya perlu mendatangi meja resepsionis kemudian menyampaikan kepada petugas hotel untuk check in.

Selanjutnya, petugas resepsionis akan meminta kita mengisi formulir. Biasanya, data yang diisi mencakup informasi kontak dan tanda tangan. Setelah mengisi data, resepsionis akan meminta KTP kita untuk difotokopi.

Beberapa hotel juga memberlakukan biaya deposito sebagai jaminan kunci atau kartu akses kamar hotel. 

Setelah melengkapi formulir, petugas hotel akan menyampaikan aturan hotel dan memberikan kunci kamar.

Baca Juga: Ingin Aman dan Enjoy Jadi Solo Traveler? Perhatikan Tips Ini!

2. Cara Check In Hotel Secara Online

cara check in hotel
(Foto cara check in hotel online. Sumber: Unsplash.com)

Untuk cara check in hotel yang kedua, kamu bisa mencobanya secara online. Perlu Eigerian ketahui, tidak semua hotel melayani online check in.

Biasanya, pilihan online check in bisa Eigerian gunakan ketika memesan kamar hotel secara online, baik melalui website atau pun melalui aplikasi. 

Opsi online check in ini dapat membantu mengurangi antrian dan mempersingkat waktu check in.

Ketika memilih online check in, kita akan diminta untuk mengisi beberapa data melalui form online yang muncul dalam situs web dan/atau aplikasi. 

Kita juga bisa mengonfirmasi jam kedatangan kepada pihak hotel, bahkan mengajukan permintaan early check in atau check in lebih awal.

3. Cara Check In Hotel Tanpa KTP

Perlu Eigerian ketahui bahwa ketika check in, menyertakan dokumen bukti identitas diri merupakan keharusan. 

Pihak hotel perlu menyimpan data diri tamunya sebagai informasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dokumen identitas diri juga diperlukan sebagai bukti bahwa tamu yang datang sudah sah menikah dan boleh menginap sekamar, aturan ini biasanya berlaku untuk hotel syariah.

Saat KTP hilang atau tertinggal, apakah bisa check in? Iya, kita tetap bisa check in hotel tanpa KTP. 

Namun, dokumen KTP harus digantikan dengan dokumen lain seperti SIM atau pasport.

Tak perlu khawatir, pada dasarnya data KTP tamu hotel akan disimpan dengan aman dan tidak akan disebarluaskan jika Eigerian menginap di hotel terpercaya.

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini Saat Solo Traveling

Tips Memesan Kamar Hotel untuk Pemula

kamar hotel
(Foto kamar hotel. Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui cara check in hotel, ada juga beberapa tips memesan kamar hotel yang bisa Eigerian coba. Catat, ya!

1. Tentukan Tipe Hotel dan Tipe Kamar

Tips pertama yang bisa Eigerian coba adalah menentukan tipe hotel dan kamarnya. Hotel dikategorikan mulai dari bintang satu sampai bintang lima. Makin tinggi tipenya, maka fasilitasnya juga semakin lengkap.

Begitu juga dengan tipe kamar yang umumnya terdiri atas kamar standar, deluks, suite, dan sebagainya. Setiap tipe kamar memiliki luas yang berbeda.

2. Pilih Waktu Menginap yang Tepat

Waktu menginap biasanya mempengaruhi harga kamar. Pada waktu weekend dan holiday, biasanya harga kamar cenderung naik dan kebanyakan hotel sudah full booked. 

Jika ingin harga kamar hotel yang lebih murah, maka cobalah memesan kamar di hari biasa dan di akhir bulan.

3. Tentukan Lokasi Hotel

Tips terakhir yang bisa Eigerian coba adalah dengan memilih lokasi hotel. Jika kita ingin menginap sambil bekerja, maka pilihlah lokasi hotel yang dekat dengan fasilitas umum.

Bila Eigerian ingin menginap sambil berwisata, pilihlah hotel yang lokasi dekat dengan destinasi wisata. 

Biasanya, hotel-hotel yang berada dekat kawasan wisata memadukan konsep resort dan hotel sekaligus.

Hotel jenis ini tak hanya menawarkan fasilitas penginapan saja, tapi juga menawarkan pemandangan alam yang memukau dan bisa kita nikmati dari kamar hotel.

Kalau Eigerian berwisata di daerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin, biasanya hotel di kawasan tersebut tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan. 

Karena udaranya dingin alami, kita juga perlu menyiapkan pakaian hangat seperti jaket atau hoodie yang tebal dan nyaman.

Kita bisa menggunakan jaket outdoor EIGER X-Bouster 1.0 yang dilengkapi teknologi Tropic Repellent yang bisa memastikan Eigerian tetap merasa kering dan nyaman meskipun sedang hujan ringan maupun dalam cuaca dingin.

Nah, Eigerian bisa menemukan dan membeli jaket outdoor EIGER melalui website EIGER Adventure Official

Berbelanja di EIGER Adventure Official, kita dapat menemukan dan membeli koleksi produk EIGER dengan kualitas terbaik dan original. Yuk, belanja online di website EIGER Adventure Official sekarang juga!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments