HomeTips & TrickMountaineeringWajib Tahu! Ini Cara Merawat Kaki Bagi Seorang Pendaki

Wajib Tahu! Ini Cara Merawat Kaki Bagi Seorang Pendaki

Bagi seorang pendaki, merawat kaki tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab, kaki yang sehat merupakan salah satu penunjang agar kegiatan mendaki gunung bisa berlangsung aman dan nyaman sampai pada tujuannya.

Selain itu, melakukan perawatan kaki juga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cedera saat melakukan perjalanan ataupun bau kaki yang bisa membuat tidak nyaman.

Berikut ini tips dari Abex (@anak_bebek) tentang bagaimana merawat kaki bagi seorang pendaki.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kram Otot Kaki Ketika Mendaki Gunung, Pendaki Wajib Tahu!

Cara Merawat Kaki Bagi Seorang Pendaki Gunung

1. Gunakan sepatu gunung, jangan gunakan sandal

Untuk menghindari cedera pada kaki, disarankan agar Eigerian menggunakan sepatu gunung tipe high-cut untuk memberikan proteksi pada bagian pergelangan kaki.

Apalagi perjalanan pendakian kamu menghabiskan waktu yang lama dan medan yang ditempuh terbilang ekstrem. Maka, untuk menghindari kaki keseleo atau terbentur, gunakan sepatu gunung dan hindari menggunakan sandal.

2. Pilih sepatu dengan ukuran lebih besar

Untuk menghindari rusak pada kuku, disarankan Eigerian tidak memakai sepatu yang terlalu sempit. Lebih baik pilih sepatu dengan ukuran 1-2 cm lebih besar dari ukuran yang biasa dipakai.

Selain itu, kaki juga membutuhkan ruang untuk penggunaan kaos kaki, sehingga penting untuk memilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Terlebih, perjalanan mendaki dan menuruni gunung membuat kaki bergesekan dengan sepatu secara intens yang dapat menyebabkan lecet dan kuku tertekan atau bahkan terbentur ke depan. 

3. Jangan lupa selalu gunakan kaos kaki

Untuk menghindari lecet, disarankan selalu memakai kaos kaki dengan material yang lembut dan cepat kering. Hal ini akan mendukung kenyamanan kaki pada saat melewati berbagai medan.

Selain itu, jangan malas untuk mengganti kaos kaki. Bawa kaos kaki cadangan, jadi kamu bisa mengganti kaos kaki jika basah atau sudah tidak nyaman digunakan. Untuk jalan berpasir, kamu juga bisa pakai gaiters sebagai tambahan agar butiran pasir tidak masuk ke dalam sepatu.

4. Pilih sepatu dengan fitur waterproof

Untuk menghindari bau pada kaki, Eigerian bisa memilih sepatu yang memiliki fitur breathable dan waterproof agar kaki tetap kering dan tidak lembap. Umumnya, saat ini sepatu gunung dibuat dengan fitur waterproof atau anti air.

5. Lakukan stretching sebelum mendaki

Jangan lupa atau bahkan malas untuk melakukan stretching sebelum memulai kegiatan mendaki gunung untuk menghindari cedera pada otot-otot kaki. Stretching menjadi penting, karena dapat membantu persiapan pada otot-otot kaki ketika harus menghadapi jalanan yang tidak rata, mendaki, dan menurun.

Selain itu, cobalah untuk meluruskan kaki ketika sedang beristirahat untuk menghindari kram dan otot-otot pada kaki bisa kembali relaks.

6. Mengatur langkah dan memakai trekking pole

Untuk mengurangi risiko terkilir atau lelah, disarankan untuk mengatur langkah dengan jarak yang tetap, tidak terlalu besar atau terlalu kecil saat melewati berbagai medan. Selain itu, Eigerian bisa memakai trekking pole untuk membantu mengurangi beban pada kaki dari barang bawaan.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kaki?

sepatu eiger
Foto: EIGER Adventure

1. Selalu jaga kebersihan kaki

Cara paling simpel dalam menjaga kesehatan kaki adalah membersihkan kaki secara rutin. Kamu harus membersihkan kaki dan sela-sela jari kaki menggunakan sabun dan air hangat setiap habis beraktivitas. Setelah kaki dibersihkan, keringkan menggunakan handuk secara lembut.

2. Oleskan pelembap untuk kaki

Setelah kaki selesai dibersihkan dan kembali kering, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap atau losion ke kaki agar kelembapannya tetap terjaga. Jika kulit kakimu kering atau pecah-pecah, kamu bisa mengoleskan pelembap yang mengandung petroleum jelly.

3. Memijat kaki agar lebih rileks

Ingin memanjakan diri tapi tetap membawa dampak positif bagi kesehatan? Memijat kaki dapat menjadi salah satu jawabannya. Meskipun terkesan sepele, pijatan pada kaki bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot kaki. Kamu bisa melakukan pijat kaki di rumah, ataupun menggunakan bantuan tenaga, seperti pijat refleksi.

4. Memotong kuku secara berkala

Untuk menjaga kesehatan kaki, kamu juga perlu merawat kuku kaki dengan benar. Caranya tidak sulit, kamu hanya perlu menggunting kuku secara teratur atau saat kamu mulai merasa tidak nyaman dengan kuku kaki yang mulai memanjang. Ingat, hindari memotong kuku kaki hingga terlalu pendek atau terlalu dekat dengan lengkung kuku.

5. Melakukan peregangan pada kaki

Kamu juga perlu untuk melakukan peregangan kaki secara rutin guna mengurangi nyeri kaki, sehingga kesehatan kaki lebih terjaga secara menyeluruh. Cara sederhana meregangkan kaki adalah dengan duduk di kursi, lalu rentangkan semua jari kakimu senyaman mungkin. Kemudian, tahan selama 5 detik dan ulangi 10 kali.

Jadi, jangan malas untuk merawat kesehatan kaki kamu, ya Eigerian. Selain tips diatas, kamu juga harus memastikan sepatu yang kamu gunakan untuk mendaki adalah sepatu khusus yang memang dirancang untuk pendakian. Kamu bisa dapatkan produknya di website resmi EIGER dan dapatkan penawaran terbaiknya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru