HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

Ingin mengetahui bagaimana cara menghemat air yang tepat? Cara yang paling sederhana adalah kita harus melakukan pemantauan pada penggunaan air di rumah. Tanpa adanya pemantauan air, maka bisa saja terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau di bak penampungan. Jika hal semacam ini dibiarkan terjadi terus menerus, bukan hal yang mustahil air hanya akan terbuang sia-sia dan habis. Perlu dipahami, bahwa keberadaan air bersih terus menyusut setiap tahun. Hal ini tentunya membuat kita harus ekstra waspada akan stok karena persediaannya yang semakin berkurang. Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik, mau tak mau kita memang harus melakukan penghematan.

Lantas, jika kita sendiri mau menjalankan cara menghemat air, maka kita bisa melakukan beberapa cara seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Tapi sebelum itu, kita juga perlu tahu apa saja manfaat dari menghemat air dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui sederet manfaatnya, diharapkan kita akan lebih bijak dalam menggunakan air bersih. Yuk, simak ulasan menariknya berikut ini!

Kenapa Perlu Menghemat Air? 

cara menghemat air

Air memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari bagi semua makhluk hidup termasuk manusia. Beberapa manfaat air yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah untuk minum dan memasak, mandi dan mencuci, pertanian, perikanan dan peternakan, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), sarana transportasi dan pelayaran, sarana olahraga seperti renang, ski air, arung jeram, dan lainnya, hingga untuk pariwisata. 

Mengingat banyaknya manfaat air dalam kehidupan sehari-hari, kita memang harus ambil bagian untuk turut serta menghemat air. Karena kenyataannya, banyaknya kebutuhan terhadap air membuat manusia sering kali berlebihan dalam menggunakannya. Padahal jika tidak dilestarikan dan dihemat saat memakainya, lama kelamaan air juga akan habis. Sumber air pun bisa kering jika terus menerus diambil secara berlebihan, sementara alam lingkungan sekitarnya tidak dijaga dengan baik pula. 

Baca juga: Daftar Buku Best Seller yang Cocok Dibaca Saat Grounding di Alam

Bagaimana Cara Menghemat Air yang Tepat?

cara menghemat air
Sumber: Freepik

Beberapa tips yang akan dibagikan di bawah ini bisa dicoba satu per satu. Lakukan secara konsisten dan cobalah lihat hasilnya, seberapa banyak kita mampu menghemat air.

1. Gunakan air seperlunya untuk menyiram

Pertama, kita perlu mengurangi siraman pada beberapa aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman air. Beberapa aktivitas penyiraman air yang biasa dilakukan adalah aktivitas mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman, atau bahkan aktivitas penyiraman pada toilet duduk. Ingat, dalam aktivitas penyiraman ini, kita tidak boleh menggunakan air secara berlebihan, ya! Gunakan air pada teknik penyiraman ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan keperluan supaya kita bisa berhemat. Jika kendaraan belum terlalu kotor, maka sebenarnya kita tidak perlu membersihkan kendaraan dengan cara mencucinya secara keseluruhan. Atau jika tanaman sudah terkena air hujan, maka kita juga tidak perlu lagi menyiramnya. Inilah cara menghemat air dengan teknik pengurangan siraman yang bisa dilakukan.

2. Jangan lupa selalu matikan keran!

Salah satu hal yang sering membuat sumber daya air banyak terbuang sia-sia adalah lupa mematikan keran air. Saat keran terbuka mengeluarkan air, dan mengisi tempat penampungan yang sudah penuh, tentunya hal ini akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Untuk itu, mulai sekarang jangan sampai lupa mematikan keran air, ya! Cara menghemat air selanjutnya yang masih berhubungan dengan keran adalah memilih keran yang menggunakan sambungan berbentuk bunga. Keran dengan sambungan jenis akan membuat air yang keluar menjadi lebih efektif dan lebih deras, sehingga kita dapat menghemat sekitar 30% hingga 50% penggunaan air.

3. Segera perbaiki kebocoran

Cara menghemat air selanjutnya adalah melakukan pengecekan dan segera memperbaiki kebocoran yang mungkin terjadi. Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air, maka penghematan bisa kita wujudkan dengan baik. Saluran air yang bekerja dengan baik tentu saja bisa membantu kamu menghemat air dan tagihannya. 

4. Membuat lubang biopori

Lubang biopori juga bisa menjadi salah satu cara menghemat air yang patut dicoba. Cara membuatnya pun mudah. Pertama, buat lubang berdiameter 10 cm di halaman lalu isi lubang dengan sampah organik. Kemudian lubang akan terisi air saat hujan turun dan air yang masuk ke dalam lubang akan meresap ke dalam tanah. Air tersebut akan diikat sebagai sumber air tanah untuk suplai air bersih yang kita butuhkan di rumah.

5. Menampung air hujan

Menampung air hujan juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat air, lho. Air hujan yang ditampung dapat digunakan untuk menyirami tanaman atau mencuci kendaraan. Tapi pastikan air yang ditampung tersebut langsung digunakan, ya! atau tutup dengan rapat supaya tidak menjadi tempat nyamuk bertelur hingga bisa menyebarkan penyakit.

Baca juga: 7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

Bukan hanya menjamin persediaan air tetap terjaga, menghemat air juga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, menghemat air juga menjadi salah satu upaya dalam penyelamatan lingkungan yang bisa kita lakukan dengan mudah. Jadi, terapkan cara menghemat air seperti yang telah disebutkan di atas mulai dari sekarang, ya!

Dalam rangka penyelamatan lingkungan, selain menghemat air kita juga perlu menghemat listrik, mengurangi penggunaan plastik, dan lain sebagainya. Kita bisa menghindari penggunaan botol minum sekali pakai dengan cara memakai tumbler dari Eiger. Ada banyak sekali tumbler atau botol minum yang ditawarkan oleh Eiger dengan kelebihannya masing-masing. Salah satunya adalah Eiger Dawson Water Storage yang memiliki fitur double wall vacuum insulated, yang memungkinkan untuk membuat minuman tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam. Botol ini terbuat dari bahan stainless steel dengan food grade murni, dan bebas BPA sehingga aman digunakan. Produk terbaik Eiger lainnya bisa langsung dicek di laman Eiger Adventure.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments