HomeTips & TrickTraveling4 Hal Menarik Cikadongdong River Tubing, Ayo Coba!

4 Hal Menarik Cikadongdong River Tubing, Ayo Coba!

Apa agendamu untuk menghabiskan waktu luang yang kamu punya? Wisata kuliner? Liburan ke pantai? Atau justru penasaran ingin mencoba river tubing? Jika opsi terakhir yang membuatmu penasaran, maka mungkin ulasan tentang Cikadongdong River Tubing di artikel ini bisa jadi bacaan yang menarik untukmu.

River tubing sendiri adalah aktivitas susur sungai menggunakan ban karet sebagai sarananya. Ada yang mengatakan bahwa keseruan yang dirasakan mirip dengan arung jeram, namun versi mini. Ada pula yang lebih memilih river tubing karena lebih memberikan adrenalin.

Baca Juga: Cara Mudah Menerapkan Eco Friendly Travel, Ayo Praktikkan!

Tapi Apa yang Menarik dari Cikadongdong River Tubing?

Cikadongdong river tubing

Sumber: travelsrpomo.com

Banyak hal yang bisa menjadi daya tarik dari wisata petualangan ini. Mulai dari debit air yang selalu terjaga meski musim kemarau hingga beberapa poin lainnya, bisa Eigerian cermati di bagian ini.

1. Aksesnya yang Mudah

Lokasinya sendiri ada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Untuk mencapainya, Eigerian bisa naik elf atau angkutan kota menuju Terminal Rajagaluh, kemudian menyambung dengan kendaraan pick-up menuju Desa Payung.

Hanya perlu jalan kaki selama 5 menit menuju titik start dari Desa Payung. Tapi jika kamu ingin mencapainya dengan kendaraan pribadi maka akan jauh lebih cepat. Eigerian bisa menggunakan acuan Google Maps d tautan ini https://www.google.com/maps/place/Cikadongdong+River+Tubing/@-6.8269904,108.3531385,15.18z/data=!4m6!3m5!1s0x2e6f23dd1b951cbd:0xda32bdcb29a7b3cd!8m2!3d-6.8257143!4d108.3589107!16s%2Fg%2F11gf9p6fp9?entry=ttu untuk mencapai Cikadongdong River Tubing.

2. Dikelola dengan Baik

Dikelola oleh masyarakat sekitar, wahana ini terbilang sangat siap menyambut wisatawan yang ingin merasakan sensasi river tubing. Ditunjang dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, dijamin kamu tidak menemukan kesulitan ketika perlu sesuatu saat di sana.

Selain itu wahana ini juga melibatkan para ahli dalam menata jalur river tubing yang digunakan. Dengan tetap menjaga elemen alam di sungainya, pengaturan batuan dilakukan sedemikian rupa sehingga jalur yang dilewati aman, tapi tetap menawarkan jeram seru yang bisa dilalui.

3. Wisata Unggulan di Majalengka

Jangan salah, wisata ini jadi salah satu objek favorit dan unggulan yang ada di Majalengka, selain wisata terasering Panyaweuyan, wisata alam Gunung karang, dan beberapa objek lainnya. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat ke wisata river tubing tersebut.

Wisatawan yang datang juga tidak hanya berasal dari Majalengka saja, tapi juga wisatawan dari Jawa Barat dan area luar Jawa Barat, yang ingin merasakan keseruan susur sungai dengan ban karet secara langsung.

4. Debit Air yang Selalu Deras

Nah salah satu keunikan yang bisa Eigerian temui adalah bahwa aliran di Cikadongdong River Tubing ini selalu dalam kondisi deras, tidak peduli sedang musim hujan atau musim panas. Hal ini karena air yang ada di sungai Cikadongdong berasal dari mata air pegunungan, sehingga debit air dan kejernihannya senantiasa terjaga sepanjang waktu.

Artinya, river tubing di sungai ini dapat dilakukan kapan saja tanpa perlu memperhatikan musim.

Harga Tiket, Lokasi, dan Rute yang Bisa Digunakan untuk Sampai ke Sana

Cikadongdong river tubing

Sumber: salsawisata.com

Sebagai salah satu lokasi wisata yang dikelola oleh warga lokal, ternyata harga tiket masuk dan tarif wisata river tubing yang diberikan masih sangat masuk akal, bahkan bisa dibilang ekonomis. Mengacu pada beberapa sumber, berikut harga tiket masuk dan paket wisata yang ditawarkan:

  • Harga tiket masuk adalah Rp7,000 per orang
  • Parkir kendaraan adalah Rp5,000 untuk mobil dan Rp2,000 untuk motor
  • Paket biasa, Rp30,000 per orang. Paket ini memberikan jarak tempuh river tubing hingga 350 meter, dan sudah termasuk dengan semua alat penunjang, jasa guide, asuransi jiwa, bahkan dokumentasi
  • Paket ekstrem, Rp100,000 per orang dengan jarak tempuh hingga 1 km dengan fasilitas lengkap seperti pada paket biasa. Hanya saja terdapat tambahan untuk jemputan menuju titik awal river tubing

Rute yang Bisa Menjadi Opsi

Untuk rutenya sendiri Anda dapat melalui jalur yang tidak terlalu sulit dihafalkan. Hanya saja jalanan menuju titik lokasinya mungkin akan cukup menantang dan menguji kemampuan berkendara yang Anda miliki.

Jaraknya dari Kota Majalengka sendiri adalah 14,8 km, dengan waktu tempuh ideal selama 30 – 40 menit. Mulai dari Jalan Desa Cibentar, kemudian menuju Jalan Pangeran Muhammad, Jalan Majalengka Rajagaluh, kemudian Jalan Gunung Kuning-Sindang, Jalan Baros, Jalan Desa Payung, Jalan Raya Desa Teja, dan sampai ke titik Cikadongdong River Tubing.

Jika Eigerian berangkat dari Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, jaraknya adalah 43 km dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 15 menit. Jalurnya adalah Jalan Jatiwangi, menuju ke Majalengka, kemudian melanjutkan perjalanan melalui daerah Kerayunan.

Sekali lagi diingatkan bahwa jalan yang dilalui akan tidak rata dan banyak tanjakan serta turunan. Namun untuk Eigerian yang ingin menggunakan motor pribadi, jalurnya tetap bisa dilewati selama berkendara dengan hati-hati.

Baca Juga: 6 Destinasi Travel Bucket List untuk 2024 

Itu tadi penjelasan singkat tentang objek wisata menantang Cikadongdong River Tubing yang bisa masuk dalam agenda mengisi waktu liburanmu. Tentu, persiapan perlu dilakukan sebab wisata ini akan melibatkan banyak kemampuan tubuh dan kesiapan mental. Untuk persiapan perlengkapan pribadi seperti sandal dan pakaian yang nyaman, kamu bisa langsung mendapatkan produk EIGER Adventure dengan mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru