HomeTips & TrickMountaineeringCiri Kepribadian Orang yang Suka Bertualang, Kamu Salah Satunya?

Ciri Kepribadian Orang yang Suka Bertualang, Kamu Salah Satunya?

Setiap orang memiliki kepribadian berbeda-beda yang membuat dirinya unik dan istimewa, tak terkecuali bagi mereka yang menyukai petualangan. Seseorang yang menyukai petualangan sering dikatakan memiliki jiwa yang bebas. Ia juga dikenal memiliki sikap yang mampu bersosialisasi dan menyukai tantangan. Dengan segudang pengalaman yang mereka miliki, sedikit banyak tentu akan mempengaruhi pembentukan karakter pada diri mereka, mulai dari cara berpikir bahkan bersikap.

Seperti Apakah Kepribadian Orang yang Suka Bertualang?

Faktanya, orang-orang yang suka bertualang memiliki ciri-ciri tertentu yang membuat mereka menyukai tantangan dan hal baru. Yuk, cari tahu apa saja sih ciri-ciri kepribadian dari seseorang yang menyukai petualangan? Apakah kamu juga salah satunya?

1. Mau keluar dari zona nyaman

Orang yang suka bertualang sangat suka mempelajari hal-hal baru, mengambil risiko, dan menghadapi tantangan. Mereka yakin, ada sesuatu yang menanti di luar zona nyaman tersebut. Entah itu pengalaman, pembelajaran, pertemanan, atau bahkan sekadar pemandangan baru.

Zona nyaman sendiri merupakan segala hal yang kamu lakukan yang telah membuat dirimu merasa nyaman dan tenang. Hal ini mencakup sesuatu yang dapat diprediksi, sehingga tidak menimbulkan risiko. Namun, selalu tinggal di zona nyaman hanyalah membuat seseorang menjadi pasif untuk bisa mengalami hal dan situasi baru.

Oleh karena itu, orang dengan jiwa petualang selalu tertantang dengan hal baru meski ia tahu memiliki risiko. Dengan berbagai potensi risiko yang ada, ia telah mempersiapkan diri untuk mengatasinya. Dan menariknya, semakin sulit tantangan yang dihadapi, semakin baik buat mereka.

2. Cenderung autodidak

Bagi seorang petualang, pengalaman adalah sumber pembelajaran yang utama. Mereka menganggap, apa pun yang sudah dipelajari pasti akan berguna bagi kehidupannya. Karena itu, mereka selalu siap berhadapan dengan situasi baru.

Bukan hanya menjadikannya optimis, tetapi juga sikap positif untuk mempertimbangkan apa yang ingin diputuskan pada situasi tertentu dan tidak menyesali apa yang telah terjadi. Ini juga membuktikan kalau mereka adalah orang yang mandiri dan berjalan dengan kecepatan sendiri. 

Kepribadian Orang Yang Suka Berpetualang

3. Memiliki pengalaman dan pelajaran hidup

Dalam kamus mereka, tidak ada istilah pengalaman buruk, melainkan pelajaran hidup. Kesalahan atau kekeliruan bukan masalah besar bagi mereka. Tetapi sebaliknya, mereka selalu puas saat bisa belajar dari kesalahan tersebut. Ini salah satu kepribadian orang yang suka berpetualang.

Menurut mereka, hal baru, baik ataupun buruk, akan memberikan kebahagiaan dan sebuah pengalaman yang tak akan bisa dilupakan.

4. Menghargai hal kecil jadi kepribadian orang yang suka berpetualang

Mereka bisa mensyukuri apa yang dimiliki, sekecil apa pun itu. Itulah sebabnya, sesulit apa pun masalah yang dihadapi, mereka dapat menemukan pembelajaran yang baik. Sebagai hasilnya, mereka selalu memiliki sudut pandang, pikiran, dan sikap yang positif di dalam dirinya.

5. Berjiwa muda

Berjiwa muda bukan berarti selalu berkaitan dengan pemuda, melainkan semangat yang tinggi serta keinginan untuk selalu belajar dan melakukan banyak hal. Lagipula, tak ada peraturan khusus soal batas usia untuk menjadi petualang sejati.

Ingin Menjadi Seseorang dengan Jiwa Petualang?

Punya jiwa petualang bukan berarti kamu harus selalu menghabiskan waktumu untuk bertualang di alam bebas. Memiliki jiwa petualang nyatanya berpengaruh pada pola pikir, kebiasaan, hingga caramu bersikap terhadap diri sendiri, orang lain, serta lingkungan di sekitar.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar jiwa petualanganmu semakin terasah, di antaranya:

1.Menemukan motivasi

Lepaskan segala sesuatu yang menahan dirimu. Untuk melepaskan apa pun yang menahanmu, kamu harus merasa aman dengan diri sendiri, lingkungan, dan orang-orang di sekitar. Lalu, carilah tujuan yang dapat membuat dirimu jadi lebih tertantang, terutama carilah hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan.

2. Hadapi rasa takut

Jangan biarkan rasa takut membuat dirimu menahan segala keinginan yang ingin kamu lakukan. Kamu harus mengubah pikiran tersebut dengan menanamkan pikiran-pikiran positif. Kenali risiko yang ada dan bersahabat dengan segala kemungkinan yang terjadi, baik ataupun buruk.

3. Latihlah rasa ingin tahu

Pikiran yang penuh rasa ingin tahu akan menanyakan berbagai pertanyaan. Carilah jawaban dari rasa penasaranmu dari orang-orang terdekat atau informasi yang kamu bisa kumpulkan di internet. Bayangkan betapa asyiknya pengalaman itu jika kamu lakukan sendiri secara langsung.

4. Buatlah rencana petualanganmu

Susunlah rencana kamu untuk melakukan perjalanan, membuat perubahan, atau mencoba sesuatu yang baru. Jangan lupa juga lakukan persiapan yang matang untuk semua rencana yang ingin kamu lakukan ya, Eigerian!

5. Beraksilah!

Lakukan petualanganmu dengan tekad yang bulat, keberanian yang penuh, dan tentunya rasa tanggung jawab yang tinggi. Apabila persiapan dilakukan dengan baik, maka risiko buruk yang akan terjadi pun bisa diminimalisir. Hadapi semua dengan pikiran terbuka dan teruslah berusaha melakukan yang terbaik.

Dari seluruh ciri kepribadian yang disebutkan, apakah salah satunya ada di diri kamu? Bagaimanapun, keluar dari rutinitas dan zona nyaman yang menantang bisa sangat menyenangkan dan memberikan pengalaman baru, lho Eigerian!

Baca Juga: Film Petualangan Terbaik dan Inspirasional untuk Eigerian

Awali Petualangan Mu Bersam EIGER!

Jadikan petualanganmu menyenangkan bersama EIGER Adventure. Eiger Adventure, hadirkan berbagai kebutuhan petualanganmu. Apapun kegiatanmu, pastikan selalu gunakan produk-produk terbaik EIGER. Dari mulai apparel, aksesoris, sampai berbagai kebutuhan lainya. Dapatkan produknya di website resmi Eiger Adventure di eigeradventure.com, dan EIGER Adventure Store terdekatmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru