HomeTips & TrickMountaineeringDaftar Gunung yang Buka Setelah Lebaran 2024

Daftar Gunung yang Buka Setelah Lebaran 2024

Siapa yang punya rencana mengisi waktu libur Lebaran kamu dengan mendaki gunung? Ayo, baca artikel ini buat cari tahu daftar gunung yang buka setelah Lebaran!

Seiring meningkatnya antusiasme pegiat outdoor di alam bebas dari tahun ke tahun, pihak Taman Nasional maupun pengelola kawasan gunung membuat sebuah kebijakan. Ialah menutup beberapa atau bahkan seluruh jalur pendakian dalam kurun waktu tertentu.

Tujuannya dikarenakan berbagai alasan. Mulai dari cuaca ekstrem hingga pemeliharaan dan pemulihan keanekaragaman tumbuhan, satwa, dan ekosistem yang ada di gunung tersebut.

Pemulihan ekosistem di kawasan Taman Nasional memang sangat dibutuhkan, mengingatkan ratusan ribu orang setiap tahunnya memasuki area tersebut hingga tanpa disadari mengganggu ekosistem yang telah berjalan.

Nah, memasuki musim libur Lebaran pada bulan April ini, beberapa jalur gunung telah kembali dibuka, lho. Ayo, cari tahu gunung apa saja yang buka setelah Lebaran!

Daftar Gunung yang Buka Setelah Lebaran 2024

Gunung yang buka

Siap mendaki gunung setelah Lebaran? Cek daftar gunung yang buka setelah Lebaran di sini!

1. Gunung Rinjani, NTB

Gunung Rinjani menjadi salah satu destinasi populer bagi para pendaki gunung. Dilansir dari kompas.com, setelah ditutup selama tiga bulan, destinasi wisata pendakian di kawasan Taman Nasional di Lombok ini telah dibuka kembali sejak 1 April 2024. Kuota pengunjung untuk seluruh pintu pendakian tetap normal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, wisata pendakian dan non pendakian di Rinjani selalu ditutup selama tiga bulan dari Januari hingga Maret. So, siapa yang mau mendaki ke Rinjani setelah Lebaran nanti?

2. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Siapa yang berencana mendaki ke Merbabu bulan ini? Berdasarkan informasi dari travel.kompas.com, untuk jalur pendakian Gunung Merbabu, beberapa baru akan dibuka pada pertengahan April.

Hal ini dikarenakan adanya kegiatan pemeliharaan dan penataan jalur pendakian demi keamanan dan kenyamanan para pendaki. Jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo dan Suwanting baru akan dibuka pada 16 April 2024, jalur via Wekas pada 17 April 2024, sementara jalur via Thekelan tetap dibuka.

3. Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango harus ditutup sementara dalam rangka pemulihan ekosistem. Tak hanya itu, penutupan aktivitas pendakian ini juga dikarenakan kondisi cuaca ekstrem yang sedang melanda.

Dilansir dari bandung24jam.com, setelah ditutup tiga bulan lamanya, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ini baru akan kembali dibuka pada 14 April 2024 mendatang, mundur selama dua minggu dari tanggal yang telah direncanakan, yaitu 31 Maret 2024.

Baca Juga: #MariKembali Mendaki Gunung Setelah Lebaran. Ikuti 10 Tipsnya!

4. Gunung Ciremai, Jawa Barat

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai menutup sementara aktivitas pendakian di gunung itu selama sebulan terhitung dari tanggal 11 Maret hingga 11 April 2024 untuk pemeliharaan serta pemulihan ekosistem secara alami.

Penutupan tersebut diberlakukan pada lima jalur pendakian resmi di Gunung Ciremai yang berada di Kuningan dan Majalengka. Setelahnya, jalur itu kembali dibuka untuk para pendaki pada 12 April 2024 berdasarkan informasi dari travel.tempo.co.

5. Gunung Prau, Jawa Tengah

Buat kamu yang berencana ke Gunung Prau, ayo cek tanggal dibukanya jalur pendakian untuk gunung ini!

Berdasarkan informasi dari liputan6.com, gunung yang terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo ini ditutup total sejak 22 Januari. Keputusan ini diambil dalam rangka perbaikan sarana pendakian, reboisasi, sekaligus pemulihan keanekaragaman flora dan fauna, termasuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

Wisata pendakian Gunung Prau baru akan dibuka lagi pada hari Lebaran, yaitu 11 April 2024 mendatang. 

6. Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Selama bulan Ramadan, jalur pendakian Gunung Sumbing via Dusun Butuh tetap dibuka untuk para pegiat outdoor yang ingin menikmati keindahan alam di puncak berketinggian 3.371 mdpl ini.

Namun, penutupan jalur pendakian akan dilakukan pada H-2 sebelum Lebaran dan akan dibuka kembali pada H+2 Lebaran pada tanggal 14 April 2024 melansir dari jateng.solopos.com. Adapun jalur pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Desa Temanggung, merupakan salah satu jalur favorit di kalangan pendaki. Terlebih saat ini Dusun Butuh dikenal dengan sebutan Nepal Van Java.

7. Gunung Bismo, Jawa Tengah

Gunung Bismo terletak di Jawa Tengah dan memiliki dua jalur pendakian yang paling populer, yaitu melalui Silandak dan Sikunang. Kedua jalur ini ditutup selama bulan Ramadan, terhitung sejak 11 Maret 2024.

Dilansir dari travel.kompas.com, diperkirakan jalur pendakian akan kembali dibuka setelah Lebaran pada tanggal 12 April 2024 .

#MariKembali Mendaki dengan Produk EIGER

So, buat kamu yang sudah kangen buat kembali mendaki gunung, ayo mulai persiapkan peralatan dan perlengkapan mendaki kamu dengan EIGER.

Ada banyak promo menarik yang hadir selama libur Lebaran ini, mulai dari diskon hingga ekstra voucher belanja. Jangan lupa untuk unduh aplikasi EIGER Adventure di ponselmu di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru