HomeTips & TrickMountaineeringAda 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran, Tentukan Pilihanmu!

Ada 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran, Tentukan Pilihanmu!

Gunung Ungaran adalah gunung berapi di Jawa Tengah yang sering dijadikan sebagai destinasi pendakian karena jalur dan aksesnya yang relatif mudah. Ditambah lagi, gunung yang satu ini juga punya pemandangan alam yang indah. 

Gunung Ungaran dekat dengan kota-kota besar seperti Semarang dan Salatiga, jadi memang cukup mudah diakses oleh para pendaki. Aksesibilitas yang baik tentu saja membuat gunung ini menjadi pilihan populer bagi pendaki dari berbagai daerah.

Dengan ketinggian sekitar 2.050 mdpl, Gunung Ungaran menawarkan tantangan yang cukup bagi pendaki pemula, tapi juga tetap bisa dicapai dalam waktu relatif singkat. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk para pendaki yang ingin mengasah keterampilan mendaki gunung. Apakah Eigerian juga tertarik untuk melakukan pendakian di gunung ini?

Dari puncak Gunung Ungaran, Eigerian bisa menikmati pemandangan spektakuler, termasuk panorama Kota Semarang, hamparan perbukitan hijau, serta gunung dan pegunungan lainnya di sekitarnya. Keindahan alam yang menakjubkan ini dijamin akan membuat pendakianmu menjadi lebih berharga dan memuaskan!

Tapi sebelum itu, cari tahu dulu pilihan jalur pendakian Gunung Ungaran dan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yuk!

Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Ungaran

jalur pendakian gunung ungaran
Sumber: Eiger Adventure (Gambar Hanya Ilustrasi)

Gunung Ungaran menawarkan berbagai rute dan jalur pendakian dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, mulai dari rute yang lebih mudah untuk pendaki pemula hingga rute yang lebih menantang untuk pendaki berpengalaman. Hal ini memungkinkan para pendaki bisa memilih rute yang sesuai dengan tingkat keterampilan dan preferensi mereka.

Sedikitnya ada empat jalur pendakian Gunung Ungaran yang Eigerian pilih, di antaranya:

1. Jalur Basecamp Mawar

Bagi para pendaki pemula, jalur Basecamp Mawar ini bisa jadi pilihan yang paling tepat karena dianggap yang cukup aman dan terawat. Eigerian bisa menggunakan kendaraan dan parkir di Basecamp Mawar ini yang berada di Dusun Kluwih, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sementara itu, gerbang masuknya bisa diakses dari Pasar Jimbaran.

Lalu pendakian menuju puncak Gunung Ungaran membutuhkan waktu sekitar 7-12 jam dari basecamp. Selama perjalanan menuju pos 1, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Eigerian akan menjumpai sungai kecil, hutan pinus hingga hutan campuran yang cukup lebat dan lain-lain.

2. Jalur Parantunan Gintungan Bandungan

Berikutnya, ada jalur Parantunan yang berada di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan. Jalur pendakian ini merupakan salah satu jalur resmi pendakian Gunung Ungaran sama halnya dengan Jalur Mawar. Jika memilih jalur ini, Eigerian bisa menyaksikan sekaligus mendaki tiga puncak Gunung Ungaran yakni Botak, Bondolan dan juga Tugu Banteng Raider.

Keistimewaan dari jalur Parantunan ini juga menawarkan pengalaman mendaki dengan medan relatif landai, didominasi jalan tanah, dan jaran antara pos satu dengan yang lain juga dekat. Totalnya ada lima pos pendakian yang bisa Eigerian jumpai di jalur ini.

3. Jalur Candi Gedong Songo

Jalur pendakian Gunung Ungaran yang kedua bisa dimulai dari basecamp Gedong Songo yang berada di komplek Candi Gedong Songo di Desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk menuju basecamp ini, Eigerian bisa menempuh perjalanan waktu 1 jam dari Kota Ungaran.

Meskipun disebut-sebut bukan jalur resmi pendakian ke Gunung Ungaran, tapi jalur ini tetap diminati banyak pendaki karena pemandangannya yang menawan di sepanjang trek yang dilalui. Untuk pendakian ke puncak Gunung Ungaran melalui jalur Gedong Songo ini memakan waktu sekitar 5-8 jam. Soal area parkir, kebanyakan dari pendaki yang memilih jalur ini biasanya memarkirkan kendaraannya di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar kawasan wisata Candi Gedong Songo.

4. Jalur Promasan

Rekomendasi jalur pendakian Gunung Ungaran berikutnya adalah jalur Promasan yang bisa dilalui dari Kabupaten Kendal. Jalur pendakian yang satu ini berada di Desa Candi Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Hamparan kebun teh akan menjadi pemandangan yang memukau jika Eigerian memilih jalur Promasan ini. Tidak hanya itu, Basecamp Promasan ternyata juga bisa dijangkau dengan menggunakan sepeda motor dari Pasar Boja, Kendal. Waktu yang dibutuhkan untuk pendakian melalui jalur Promasan adalah sekitar 3 jam. Eigerian bisa berjalan kaki dari Campground Medini atau menggunakan ojek selama 1 jam. 

Baca juga: Deretan Gunung di Jawa Timur dengan Pemandangan Indah

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung Ungaran!

jalur pendakian gunung ungaran
Sumber: Eiger Adventure

Berikut ini adalah beberapa informasi yang mungkin berguna jika Eigerian berencana untuk mendaki Gunung Ungaran:

  1. Sebelum mendaki, pastikan Eigerian dalam kondisi fisik yang baik dan memiliki mental yang siap untuk menaklukkan rute pendakian. 
  2. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih di Gunung Ungaran. Silakan pilih dan sesuaikan dengan kemampuan, ya!
  3. Pastikan untuk mendapatkan izin dari pihak yang berwenang sebelum memulai pendakian di Gunung Ungaran. 
  4. Tips berikutnya, siapkan peralatan pendakian yang memadai, termasuk perlengkapan tidur, pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca di gunung, alat masak dan bahan makanan yang cukup, obat-obatan pribadi, serta perlengkapan lainnya seperti senter, kompas, dan peta.
  5. Pilih dan tentukan waktu pendakian yang tepat, biasanya pada musim kemarau ketika cuaca cenderung cerah dan jalur pendakian lebih stabil. 
  6. Jagalah kebersihan alam selama pendakian dengan membawa kembali semua sampah yang dihasilkan selama mendaki di Gunung Ungaran. 
  7. Pastikan juga untuk selalu mengikuti petunjuk jalur pendakian dan jangan menyimpang dari jalur yang telah ditentukan. 
  8. Perhatikan kesehatan selama pendakian. Apabila merasa lelah atau sakit, segera beristirahat dan jangan ragu untuk kembali jika kondisi fisik tidak memungkinkan.
  9. Nikmati pemandangan alam yang memukau selama melakukan pendakian Gunung Ungaran. 

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Merapi, Perhatikan Hal Penting Ini!

Dengan persiapan yang matang dan kesadaran akan keamanan serta kelestarian alam, pendakian Gunung Ungaran akan menjadi pengalaman yang memuaskan dan mengesankan. Untuk mempersiapkan pendakian, Eigerian bisa melengkapi segala macam produk mountaineering di website resmi EIGER Adventure atau bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Supaya lebih mudah dan praktis, Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure. Segera unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Ada banyak promo menarik serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, lho. Jadi, jangan sampai kelewatan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru