HomeTips & TrickMountaineeringDeretan 7 Gunung untuk Pemula yang Paling Direkomendasikan

Deretan 7 Gunung untuk Pemula yang Paling Direkomendasikan

Nyatanya, kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pecinta alam saja. Melainkan juga menjadi kegiatan favorit yang banyak dilakukan di kalangan muda-mudi yang umumnya terdiri dari pelajar maupun mahasiswa. Banyak di antara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi juga tidak sedikit yang masih pemula. Lantas, banyak yang mencari info soal gunung untuk pemula.

Tetapi perlu diingat, bahwa mendaki gunung agar bisa sampai puncak itu bukanlah perkara yang mudah. Kenyataannya, banyak pendaki yang tidak sampai tujuan alias tidak sampai puncak yang dituju karena kurangnya persiapan. Kalau sudah terjadi begitu, maka hanya ada penyesalan.

Tapi tenang, selain membagikan rekomendasi gunung untuk pemula, pada artikel ini juga akan dibagikan tips mendaki gunung untuk pemula yang harus dilakukan agar bisa sampai puncak. Jadi, simak ulasannya sampai habis dan jangan sampai ada yang terlewat! 

Rekomendasi Gunung untuk Pemula

gunung untuk pemula

Bagi Eigerian yang masih pemula, berikut ini adalah daftar gunung yang direkomendasikan karena dianggap paling ramah untuk para pendaki pemula. Cek daftarnya di bawah ini!

1. Gunung Penanggungan

Gunung untuk pendaki pemula yang pertama terletak di antara dua kabupaten Jawa Timur yaitu Mojokerto dan Pasuruan, Gunung Penanggungan masuk dalam kriteria gunung yang cocok untuk para pendaki pemula. Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.653 meter, tapi gunung ini tetap menghadirkan sensasi mendaki yang melelahkan dan menantang. Gunung Penanggungan memiliki puncak yang cukup luas. Kita juga akan disuguhkan dengan panorama gunung Arjuna-Welirang yang masih dalam satu kawasan.

2. Gunung Andong

Berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Gunung Andong menjadi gunung untuk pemula selanjutnya yang direkomendasikan. Gunung ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung dengan kondisi alam yang masih alami.

Tingginya yang hanya mencapai 1.726 meter di atas permukaan laut, sehingga para pendaki hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam saja untuk mendaki. Gunung Andong memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap, dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

3. Gunung Bromo

Gunung yang terletak di 4 lingkup kabupaten, yaitu Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan ini terkenal dengan keindahannya. Memiliki ketinggian 2.329 mdpl, gunung ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru. Gunung Bromo ini tengah menjadi gunung sejuta umat yang populer, yang juga sangat direkomendasikan untuk pemula. Berbagai macam paket perjalanan ditawarkan untuk berwisata di Gunung Bromo ini. Banyaknya fasilitas yang ada juga akan sangat mempermudah para pendaki pemula.

Baca juga: Daya Tarik dan Info Lengkap Seputar Ranca Upas Camping

4. Gunung Ijen

Terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, gunung ini terkenal dengan fenomena blue fire-nya yang dapat ditemukan di Kawah Ijen pada dini hari. Gunung ini juga menjadi tujuan pendakian favorit para pendaki pemula. Mendaki gunung ini, kita dapat menikmati pemandangan Kawah Ijen yang berada di ketinggian 2.443 meter. Di samping itu, kita juga akan bertemu dengan para pekerja tambang belerang yang begitu kuat memanggul belerang.

5. Gunung Prau

Gunung Prau adalah salah satu gunung untuk pemula yang paling direkomendasikan. Terkenal memiliki pesona golden sunrise terindah, gunung ini cocok bagi para pendaki pemula. Ketinggian gunung ini hanya 2.565 meter dengan jalur menuju puncak Gunung Prau yang dikenal mudah bagi para pendaki yang minim pengalaman.

Gunung Prau menyajikan pemandangan yang luar biasa di antaranya adalah pemandangan kota Wonosobo, Telaga Sikidang, Bukit Teletubbies, dan masih banyak lagi.

6. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan ini terletak di Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2665 meter. Mendaki gunung ini, kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa berupa kawah-kawah, hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon mati tanpa daun, Pondok Salada dan Tegal Alun yang dipenuhi dengan bunga edelweiss. 

7. Gunung Sibayak

Kalau Eigerian adalah pendaki pemula yang ingin mendaki gunung berapi aktif, maka Gunung Sibayak bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak di kawasan Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara, Gunung Sibayak setinggi 2.904 mdpl ini menawarkan pengalaman mendaki gunung dengan pemandangan alam yang indah, berupa batuan cadas dan kawah aktif. Waktu yang paling terbaik untuk mendaki adalah ketika subuh, karena begitu sampai di puncak, kita akan melihat pemandangan matahari terbit yang sangat memukau.

Baca juga: Sederet Tempat Camping Seru dan Populer di Berbagai Negara

Tips Naik Gunung untuk Pemula

gunung untuk pemula

Satu hal yang wajib diingat adalah tidak semua jalur pendakian itu sama. Jika ini adalah kesempatan pertama dalam hal pendakian, tentunya sangat tidak disarankan untuk langsung menjajal lokasi yang sulit untuk dicapai.

Tapi, sebaiknya kita memilih lokasi dengan jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan kita. Kemudian, penting juga untuk mengetahui seperti apa cuaca di lokasi pendakian sehingga kita dapat mempersiapkan dan mengubah rencana jika diperlukan. 

Berikut ini ada beberapa tips gunung untuk pendaki pemula yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung, khususnya bagi para pemula:

  • Rutin melatih otot kaki dan keseimbangan, bisa dengan lari dan senam. 
  • Menjaga kesehatan, dengan cara istirahat yang cukup dan konsumsi vitamin. 
  • Setelah persiapan fisik dilakukan, tips selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan pendakian. 
  • Jangan lupa siapkan konsumsi yang cukup untuk dibawa. 
  • Tidak perlu ragu untuk berhenti dan istirahat sejenak ketika lelah saat mendaki. 
  • Ikuti petunjuk, instruksi, dan larangan yang ada. 

Kalau masih bingung cari perlengkapan untuk mendaki gunung, langsung saja kunjungi website Eiger Adventure. Dapatkan penawaran terbaiknya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments