HomeTips & TrickMountaineeringDaya Tarik dan Info Lengkap Seputar Ranca Upas Camping

Daya Tarik dan Info Lengkap Seputar Ranca Upas Camping

Ranca Upas, salah satu wisata Bandung yang juga dikenal dengan sebutan Kampung Cai Ranca Upas merupakan daerah alam terbuka yang juga digunakan untuk aktivitas perkemahan dan beberapa aktivitas lainnya. Kalau tertarik untuk lebih mengenal Ranca Upas Camping, jangan lewatkan artikel ini sampai habis, ya

Bagaimana sih asal mula wisata Ranca Upas? Ranca Upas diambil berdasarkan dua kata dari bahasa Sunda yaitu Ranca dan Upas, di mana Ranca bisa diartikan sebagai sebuah Rawa. Sedangkan Upas adalah nama dari salah seorang petugas di Perhutani yang pada saat itu sangat legend di area Gunung Patuha. Upas adalah seorang kebangsaan Belanda yang mempunyai tubuh tinggi, yaitu sekitar 198 cm dengan badan yang sangat kekar. Diketahui, Upas meninggal ketika melaksanakan tugasnya di lapangan sebagai bentuk eksploitasi atau menjelajahi di kawasan rawa, yang mana saat ini sudah dinamai Ranca Upas.

Konon kabarnya, jasad Upas sampai sekarang belum ditemukan. Ada banyak sekali versi yang menceritakan bahwa arwah Upas masih gentayangan di sekitar Rawa Upas. Bahkan banyak masyarakat sekitar yang berjumpa dengannya di tahun 1960-1980. Sebagian besar masyarakat bertemu dengan Upas pada saat mencari kayu bakar. Berdasarkan cerita yang ada, Upas menampakkan dirinya dengan topi koboi yang lebar, lengkap dengan seragam dan perlengkapan petugas perhutani. Hanya saja Upas selalu tunduk dan menutupi wajahnya dengan topi itu. 

Daripada terlalu larut dengan cerita asal mula wisata Ranca Upas, informasi seputar daya tarik Ranca Upas Camping di bawah ini bisa disimak! 

Lokasi Ranca Upas Camping

Sebagai bumi perkemahan, Ranca Upas Camping memiliki luas sekitar 251 hektar. Letaknya berada di Jalan Ciwidey Patengan Km ke 11, Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, di kawasan hutan lindung sekaligus tempat konservasi. Hal tersebut tentunya menjadikan objek wisata ini mempunyai berbagai macam jenis flora dan fauna yang mungkin jarang kita dijumpai.

Ranca Upas Camping berada di pegunungan, sehingga memiliki suhu udara yang segar dan begitu menyejukkan bahkan tergolong lebih dingin. Letaknya yang berada di ketinggian lebih dari 1700 Mdpl, berdekatan dengan wisata Kawah Putih dan juga Glamping Lakeside.

Fasilitas di Lokasi Ranca Upas Camping

Selain wisata camping, Ranca Upas juga memberikan berbagai macam fasilitas yang bisa mendukung semua aktivitas kita ketika berada di sana. Beberapa fasilitas pendukung di antaranya adalah:

  • Kolam renang dengan air hangat
  • Area bermain (fun game)
  • Tempat penangkaran rusa
  • Adventure ATV 
  • Waterboom
  • Tempat pertemuan outdoor di alam

Untuk bisa menikmati wisata Ranca Upas, kita hanya akan dikenakan tiket sebesar Rp20.000 saja per orang. Kita bisa datang kapan saja, karena tempat ini dibuka selama 24 jam nonstop. Sedangkan untuk lahan parkir biasanya dikenakan tarif sebagai berikut:

  • Kendaraan roda empat (mobil pribadi) Rp5.000
  • Kendaraan roda dua (motor) Rp2.000
  • Dan kendaraan umum (bus) Rp20.000

Ranca Upas Camping, Tempat Berkemah Populer di Bandung

ranca upas camping
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Harga tiket masuk Ranca Upas sebenarnya cukup murah. Namun jika kita ingin melakukan berbagai kegiatan di dalam, maka kita harus membeli tiket lagi dengan harga bervariasi. Untuk tiket camping harganya berbeda, yaitu Rp33.000. Ranca Upas yang terletak di Ciwidey ini memang menjadi salah satu tempat berkemah paling populer di sekitar Bandung. Jadi, tidak heran kalau Ranca Upas Camping ini adalah salah satu aktivitas yang wajib dicoba!

Kalau tidak punya tenda dan perlengkapan berkemah lainnya, harap tenang. Kita bisa menyewa tenda camping di Ranca Upas. Dari tenda ukuran kecil (2-3 orang) sampai ukuran besar (40 orang), bisa kita sewa dengan harga yang terjangkau. Selain tenda, kita juga bisa menyewa perlengkapan berkemah lainnya seperti sleeping bag, matras, kompor, hingga pisau lipat. Baru membayangkannya saja, sudah terasa sangat seru, bukan? Jangan lupa untuk bangun pagi kalau ingin menjajal Ranca Upas Camping! Dan siap-siap, karena kita akan disuguhi pemandangan pagi yang luar biasa di sana. 

Selain camping, kita juga bisa bermain dengan rusa,  berenang di Natural Spring Water Swimming Pool, dan ada banyak aktivitas di Ranca Upas lainnya dengan harga aktivitas berbeda-beda. Berikut ini daftar selengkapnya:

  • Edelweis Bridge Rp5.000
  • Area Bermain Anak Rp10.000
  • Battle Archery Rp30.000
  • Berkuda Rp50.000
  • Horseback Archery Rp100.000
  • Prewedding Rp500.000
  • Video Shooting Rp3.000.000

Baca juga: Daftar Peralatan Camping: Kualitas adalah Kunci!

Ranca Upas, Pilihan Terbaik untuk Camping!

Ranca Upas memang menjadi salah satu destinasi wisata di Bandung Selatan yang menawarkan banyak sekali daya tarik. Kesejukan dan suasana alam yang masih asri menjadi satu dari sekian banyak daya tarik yang ditawarkan saat kita menginjakkan kaki di Ranca Upas. Jangan khawatir akan kesulitan menuju Ranca Upas. Pasalnya, keberadaan jalan tol Soroja akan memudahkan akses ke Ranca Upas jika kita berangkat dari Bandung menuju ke Ciwidey.

Baca juga: Tenda Camping: Macam-macam, Fungsi, hingga Tips Memilihnya

Kalau sudah mantap ingin pergi camping di Ranca Upas bersama keluarga atau sahabat, kenapa tidak mencicil packing mulai sekarang? Packing baju dan perlengkapan camping jauh-jauh hari akan memudahkan kita dalam mengorganisir barang bawaan. Mulailah dengan membuat catatan mengenai barang apa saja yang perlu dibawa. Jika masih ada perlengkapan atau peralatan mountaineering yang dibutuhkan, langsung saja check out di Eiger Adventure Official Website. Dapatkan pengalaman berbelanja dengan lebih mudah dan praktis. Dan jangan lewatkan promo menariknya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru