HomeTips & TrickMountaineeringSederet Tempat Camping Seru dan Populer di Berbagai Negara

Sederet Tempat Camping Seru dan Populer di Berbagai Negara

Berbicara soal tempat camping yang seru dan populer di berbagai negara, kita mungkin akan teringat dengan deretan gunung di dunia yang jadi favorit pendaki. Membayangkan, bagaimana rasanya jika bisa menginjakkan kaki di gunung itu, dan berkemah di sana. Gunung memang menjadi salah satu destinasi terbaik bagi pecinta kegiatan outdoor. Mulai dari hiking, trekking, mountain climbing, hingga camping.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut tentang tempat camping paling seru di berbagai negara, ada hal penting tentang gunung yang perlu kita ketahui. Selain Natal dan Tahun Baru, di bulan Desember kita juga memperingati International Mountain Day. Peringatan International Mountain Day ini disepakati oleh Food Agriculture Organization (FAO) di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Penasaran, bagaimana sejarah International Mountain Day? Just keep scrolling

Mengenal Sejarah International Mountain Day

tempat camping
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Peringatan International Mountain Day atau Hari Gunung Internasional berawal pada 1992 silam. Pada saat itu, konferensi PBB tentang “Lingkungan dan Pembangunan” meramalkan pelaksanaan agenda terkait “Mengelola Ekosistem yang Rapuh: Pembangunan Gunung yang Berkelanjutan”. Kemudian pada tanggal 11 Desember 2001, PBB menjadikan tahun 2002 sebagai International Year of Mountains untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pegunungan. Peringatan ini telah diresmikan di markas PBB New York, Amerika.

Pada tanggal 20 Desember 2002, FAO di bawah PBB menetapkan tanggal 11 Desember sebagai International Mountain Day. Kemudian pada 2003, peringatan tersebut dirayakan untuk pertama kalinya. Tujuan dari peringatan International Mountain Day adalah untuk mendorong komunitas internasional agar mendukung pembangunan gunung secara berkelanjutan. Di sisi lain, peringatan ini juga digelar untuk mendorong pemerintah supaya mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mampu meringankan kehidupan keras masyarakat di pegunungan.

Perlu diketahui, bahwa iklim global yang meningkat menyebabkan perubahan yang besar bagi kehidupan di sekitar gunung. Padahal, gunung telah menjadi rumah bagi 15% populasi dunia yang menampung sekitar setengah biodiversitas dunia. Dan seluruh kehidupan di dunia membutuhkan sumber air, energi, hingga pangan dari gunung. Ketika iklim global terus meningkat, maka masyarakat pegunungan akan menghadapi perjuangan besar untuk bertahan hidup. Gletser gunung yang mencair dalam tingkat rawan akan memengaruhi pasokan air bagi jutaan manusia. Dan tentunya, kehidupan yang bergantung pada gunung mengalami ancaman besar.

Daftar Tempat Camping Seru di Berbagai Negara

tempat camping
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Mengenal sejarah International Mountain Day sudah, sekarang saatnya cari tahu tempat camping paling populer di berbagai negara. Bisa jadi referensi liburan akhir tahun, sederet tempat camping paling seru dan populer di berbagai negara ini wajib disimak! 

1. Sahale Glacier Camp – Amerika Serikat

Sumber: https://www.theoutbound.com/

Sahale Gletser Camp menjadi salah satu tempat camping terbaik di Amerika Serikat. Perkemahan yang satu ini terletak di antara dinding batu dan hanya dapat dicapai dengan cara hiking di Taman Nasional Cascades Utara. Di sana, kita akan berkemah di lebih dari 7.000 kaki di kaki gletser Sahale, di antara pegunungan di Cascades Utara. 

2. Jasper National Park – Canada

Sumber : https://www.lonelyplanet.com/

Jasper National Park adalah taman nasional terbesar yang ada di Kanada, dan merupakan salah satu referensi tempat camping yang sangat indah. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di sana, seperti berperahu di Danau Maligne, berkeliling di sekitar Maligne Canyon dengan tembok batu kapur di kanan-kirinya, melihat gletser di Icefields Parkway, hingga bersantai di hot springs

3. Miyajima – Jepang

Sumber : http://ms.rsb.test.raiden.network/

Miyajima adalah sebuah pulau kecil di Jepang yang dapat diakses dengan cara naik perahu dari Hiroshima. Di pulau ini, kita bisa menyewa kabin atau tenda untuk berkemah. Dijamin, tidak akan rugi berkemah di tempat camping yang satu ini, karena kita akan mendapatkan pemandangan hutan dan pantai-pantai yang memukau. Selain itu, kita juga bisa bercengkrama secara langsung dengan rusa peliharaan di pulau ini.

4. Waldseilgarten Höllschlucht – Jerman

Sumber : https://jakartainsight.com

Kalau mau berkemah dengan cara yang unik, Jerman adalah solusinya. Di Waldseilgarten Höllschlucht yang terletak di pegunungan Alpen, Jerman, kita bisa berkemah di tenda-tenda yang tergantung dari cabang-cabang pohon di hutan kanopi. Menariknya lagi, kita juga bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa dari pegunungan Pfronten dengan perbatasan Austria. 

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Informasi Terbaru Seputar Camping Ground Cibodas

5. Rivendell Glamping Pods – Inggris

Sumber : https://www.tripadvisor.com/

Kita juga bisa berkemah di Glamping Rivendell. Bangunan polong ini akan memanjakan kita saat berkemah dalam kemewahan. Kita akan disuguhi dengan pemandangan di Tamar Valley dengan dek, sehingga kita bisa makan di luar sambil menikmati pemandangan. Ada juga jacuzzi pribadi yang siap memanjakan kita selama berkemah di sana.

6.Mount Cook National Park, Selandia Baru

Sumber : https://www.tripadvisor.co.id/

Selain berkunjung, kamu bisa menginap di tengah alam menikmati sejuk dan bersihnya udara Gunung Cook. Ada banyak penyedia spot camp di sana yang bisa kamu sewa, aman dan tentunya fasilitasnya lengkap. Kamu juga bisa memarkirkan RV di beberapa spot tertentu dengan biaya terjangkau. Segera datang ke selandia baru!

7.Hossa National Park, Finlandia

Sumber : https://www.discoveringfinland.com/

Taman nasional yang indah ini juga menawarkan pengalaman tidur di tengah alam. Selain hotel dan log yang estetik, kamu bisa berkemah di seluruh wilayah taman nasional itu secara gratis. Bahkan fasilitasnya sudah lengkap, termasuk kayu bakar dan kamar mandi yang disediakan untuk umum. Ada pula kolam dan danau, yang bisa kamu nikmati selagi memang airnya yang dingin.

Baca juga: Daya Tarik dan Info Lengkap Seputar Ranca Upas Camping

Bagaimana, sudah menentukan tempat camping mana yang akan dituju pertama? Di manapun tempat camping yang dipilih, pastikan semua peralatan sudah disiapkan dengan lengkap, ya! Kalau butuh belanja segala macam peralatan camping, langsung saja kunjungi Eiger Adventure Official Website. Dapatkan produk berkualitas dengan harga yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru