HomeTips & TrickMountaineeringMengenal Apa Itu Ekspedisi Gunung dan Cara Mempersiapkannya

Mengenal Apa Itu Ekspedisi Gunung dan Cara Mempersiapkannya

Ekspedisi merupakan suatu kegiatan pendakian gunung yang membutuhkan perencanaan waktu cukup lama, serta pelaksanaan dengan waktu yang panjang. Ekspedisi juga dapat diartikan sebagai sebuah perjalanan perorangan maupun kelompok kecil dan besar, untuk mengeksplorasi dengan sebuah tujuan. Biasanya ekspedisi dilakukan dalam rangka penelitian atau program studi keilmiahan. Lantas, bagaimana dengan ekspedisi gunung?

EIGER, sebagai merek petualangan nomor satu di Indonesia mencoba memaknai Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda, tetapi memiliki pesan yang sangat kuat untuk menumbuhkan kecintaan kepada tanah air Indonesia. Sekaligus juga mempererat hubungan antar pemuda di seluruh kawasan Indonesia. Pada tahun 2017 lalu, EIGER telah sukses melakukan Ekspedisi 28 Gunung.

Ekspedisi 28 Gunung tersebut adalah sebuah ekspedisi panjang yang dilakukan oleh sebanyak 28 tim di 28 kawasan gunung yang terbentang dari ujung Sumatera hingga Papua. Ekspedisi ini menjadi salah satu momentum yang sangat spesial. Pasalnya, pembacaan teks Sumpah Pemuda berhasil dikumandangkan di 28 titik tertinggi di nusantara secara serentak. 

Ke-28 gunung tersebut adalah Gunung Kemiri – Aceh, Gunung Sibuatan – Sumatera Utara, Gunung Talang – Sumatera Barat, Gunung Kerinci – Jambi,  Gunung Masurai – Jambi, Gunung Dempo – Sumatera Selatan, Gunung Patah – Bengkulu, Gunung Pesagi – Lampung, Gunung Pulosari – Banten, Gunung Ciremai – Jawa Barat, Gunung Slamet – Jawa Tengah, Gunung Merapi – DIY, Gunung Semeru – Jatim, Gunung Palung – Kalbar, Gunung Halau-Halau – Kalsel, Gunung Beriun – Kaltim, Gunung Klabat – Sulut, Gunung Tambusisi – Sulteng, Gunung Gandang Dewata – Sulbar, Gunung Mekongga – Sultara, Gunung Latimojong – Sulsel, Gunung Binaiya – Maluku, Gunung Rinjani – NTB, Gunung Tambora – NTB, Gunung Koya-Koya – NTT, Gunung Kelimutu – NTT, dan Cartensz – Papua.

Siapkan Hal Ini sebelum Melakukan Ekspedisi Gunung!

ekspedisi gunung

Merencanakan segala sesuatunya sebelum berkegiatan, termasuk ekspedisi gunung merupakan hal yang wajib diperhatikan. Dengan sebuah perencanaan, maka hal-hal yang dapat menghambat kita dalam berkegiatan dapat diminimalisir. Perencanaan yang baik, salah satunya harus dibekali dengan kemampuan teknis yang dibutuhkan dalam berkegiatan di alam terbuka. Nah, kemampuan teknis ala EIGER Adventure Service Team (EAST) berikut ini dapat membantu dalam perencanaan berkegiatan ekspedisi gunung. Yuk, simak satu per satu!

  1. Bekali diri kita dengan kemampuan memilih, mengatur, dan menggunakan perlengkapan. Seperti memilih sepatu dan pakaian yang nyaman, serta perhitungan durasi waktu kegiatannya.
  2. Persiapkan perbekalan yang cukup dan bernutrisi. Selain itu, pengemasan yang sederhana juga diperlukan, sehingga dapat mengurangi beban yang dibawa.
  3. Bekali kemampuan kita dalam menggunakan alat navigasi seperti peta, kompas maupun GPS.
  4. Kuasai kemampuan dalam berkemah seperti membangun bivak, hingga membuat api.

Poin-poin penting yang sebagai langkah awal perjalanan

Selain beberapa kemampuan teknis di atas, ada juga poin-poin penting yang menjadi langkah awal untuk memulai sebuah perjalanan, termasuk ekspedisi gunung. 

  1. Finansial (Uang). Pastikan kita menyesuaikan perjalanan dengan budget yang ada, dan siapkan juga dana cadangan minimal 10% dari budget yang dianggarkan (sebagai pegangan darurat).
  2. Peralatan dan Perbekalan. Siapkan peralatan dan juga perbekalan sesuai kebutuhan. Ingat, sebisa mungkin jangan berlebihan yang ujung-ujungnya membebani kita. Buatlah ceklist peralatan dan perbekalan supaya lebih teratur.
  3. Fisik dan Mental. Seringan atau semudah apapun perjalanan, tetap membutuhkan fisik yang bugar. Itu artinya, kita perlu melatih fisik kita minimal sesuai dengan SKJ (Standar Kebugaran Jasmani). Sebaiknya kita melakukan latihan sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai ditengah perjalanan fisik kita drop.
  4. Data dan Informasi. Jangan lupa untuk mengumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya, tentang lokasi yang akan dituju, aturannya, budaya, medan, dan lainnya. Tujuannya adalah agar kita bisa mengetahui spot mana saja yang akan dituju, disesuaikan dengan waktu yang kita miliki.
  5. Etika. Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu soal etika. Jangan lupa etika dalam perjalanan, termasuk saat melakukan ekspedisi gunung. Kita harus menghormati peraturan dan adat istiadat masyarakat setempat yang kita lewati atau kunjungi.

Baca juga: 7 Puncak Gunung Tertinggi Favorit di Pulau Jawa

Tips Latihan Kebugaran sebelum Mendaki Gunung

Ada beberapa latihan kebugaran yang Eigerian bisa lakukan sebagai persiapan untuk mendaki gunung. Simak baik-baik, ya!

  1. Jogging (tanpa henti, bertahap mulai dari 15 sampai dengan 60 menit). Latihan ini selain melatih kaki kita juga sangat efektif untuk meningkatkan volume maksimal oksigen (VO2MAX).
  2. Melatih kekuatan otot kaki dengan squat dan naik turun tangga. Tujuannya adalah untuk menyiapkan kaki menghadapi kondisi medan menanjak dan berundak.
  3. Back up dan sit up. Gerakan latihan kebugaran yang satu ini berfungsi untuk melatih otot bagian tengah (perut dan pinggang), untuk menyiapkan badan dengan beban yang akan dibawa.
  4. Kekuatan otot bagian atas, push up dan pull up (dapat dibantu dengan alat), yang berfungsi untuk menyiapkan tangan kita saat mengangkat ransel atau tubuh pada kondisi medan terjal dan berundak.

Kita perlu melakukan latihan kebugaran sesuai dengan kemampuan awal kita masing-masing. Sebaiknya jangan terlalu dipaksa yang justru dapat membuat cedera otot, dan jangan lupa diawali dengan pemanasan kemudian diakhiri dengan pendinginan.

Selain jenis latihan di atas, Eigerian juga dapat mengganti dengan latihan lain, selama latihan tersebut tepat pada sasaran yang dibutuhkan untuk mendaki gunung. Pastikan kita melakukannya secara bertahap, sesuai dengan kemampuan awal kita masing-masing. Dan yang tidak kalah penting adalah jadikan latihan atau olahraga sebagai kebutuhan dan dinikmati.

Baca juga: 5 Tips Ampuh untuk Selamat saat Tersesat di Hutan

Produk 28 Gunung Series dari Eiger

ekspedisi gunung

Bagaimana, sekarang sudah tahu soal ekspedisi gunung, termasuk Ekspedisi 28 Gunung yang dilakukan oleh tim EIGER, bukan? Ada hal menarik yang juga tak boleh dilewatkan, yaitu produk-produk ’28 Gunung Series‘ yang terdiri dari perlengkapan head-to-toe yang sudah dirancang sesuai kebutuhan pengguna dalam berkegiatan luar ruang di iklim tropis. Meskipun sudah dirilis sejak tahun 2017 lalu, namun produk-produk ini masih menjadi primadona hingga saat ini, lho. Beberapa di antaranya adalah:

  • EIGER 28 GUNUNG LIST T-SHIRT yang merupakan salah satu produk Eiger Mountaineering dari seri Ekspedisi 28 Gunung. Kaos katun single jersey ini memiliki desain yang simple dengan sablon grafis logo Ekspedisi 28 Gunung di bagian depan, serta sablon grafis dari daftar 28 Gunung di Ekspedisi 28 Gunung di bagian belakangnya.
  • EIGER EXPEDITOR X28 JACKET, merupakan salah satu dari rangkaian produk Ekspedisi 28 Gunung yang dirancang untuk kegiatan hiking dan trekking. Jaket ini menjaga kita dari paparan angin saat beraktivitas. Bagian luar jaket ini dibuat menggunakan bahan polyester dengan finishing water repellent untuk memberikan kita perlindungan sementara dari hujan ringan.
  • EIGER BAKUMPAY X28 JACKET, merupakan salah satu produk edisi Ekspedisi 28 Gunung yang dapat dilipat menjadi kantung kecil, sehingga mudah dibawa. Jaket berbahan polyester yang fungsional ini memiliki fitur teknologi Tropic Wind Block dan Tropic Repellent yang dapat melindungi kita dari angin dan cipratan air saat menjelajah alam tropis dengan hiking maupun trekking. Jaket ini juga dilengkapi dengan penutup kepala yang dapat disesuaikan dan teknologi Tropic Vent untuk mencegah kelembaban terperangkap di dalam dan memungkinkan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Yuk, dapatkan berbagai produk Eiger Mountaineering lainnya dengan belanja secara online di website Eiger Adventure Official

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments