HomeTips & TrickTravelingSederet Festival Budaya Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Simak di Sini!

Sederet Festival Budaya Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Simak di Sini!

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan budaya yang kaya dan beragam. Ini mengapa, destinasi wisata terkait festival budaya sangat menarik di Indonesia. Sebagai orang Indonesia asli, rasanya akan aneh jika kamu belum pernah berkunjung ke festival-festival ini bukan?

Dari Sabang hingga ke Merauke, ragam festival budaya yang memamerkan kearifan lokal setiap suku dan masyarakat tersaji. Pada tahun 2022 ini sendiri, festival budaya telah mulai kembali digalakkan sebagai momentum kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang sempat ambruk karena pandemi.

Nah, beberapa festival budaya yang bisa kamu coba hadiri adalah sebagai berikut.

Baca Juga : 7 Kebiasaan yang Menjadi Rahasia Umur Panjang

Festival Budaya Tematik pada Aceh Culinary Festival

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Meski festival utama yang diadakan adalah Aceh Culinary Festival, namun dalam rangkaian acara yang diadakan ini kamu juga bisa menikmati Festival Budaya Tematik. Festival budaya ini akan berisi Festival Seni Tradisi Gayo Highland, kemudian Festival Seni Tradisi Aceh Pesisir.

Melihat namanya saja, tentu akan sangat menarik bukan mengetahui bagaimana budaya Serambi Mekah ketika dipentaskan? Secara langsung, kamu juga dapat menikmati bagaimana keindahan, nilai budaya, dan betapa tingginya karya asli bangsa Indonesia.

Aceh Culinary Festival sendiri akan diadakan di Kota Banda Aceh, Aceh, pada tanggal 24 – 26 Juni 2022 mendatang. Perpaduan keindahan budaya dan alam akan terasa sempurna, saat kamu berkunjung ke provinsi paling Barat negara tercinta ini.

Menghadiri Festival Gendang Melayu di Lubuklinggau

Festival selanjutnya yang bisa dihadiri adalah Festival Gendang Melayu yang akan diadakan di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan di sana, dan beberapa tahun belakangan harus terhenti karena pandemi.

Kegiatan utama yang akan dilakukan adalah pergelaran seni budaya Melayu dari masing-masing etnis yang ada di area Sumatera Selatan ini. Rangkaian kegiatannya antara lain konser musik gendang Melayu untuk pembukaan, kemudian pelatihan musik gendang Melayu, Silampari Night Carnival, lomba pembuatan oleh-oleh khas Lubuklinggau, dan basik banyak lagi.

Selain menikmati gelaran yang ada, kamu juga bisa berpartisipasi aktif meramaikan kegiatan ini dengan mengikuti berbagai lombanya. Festival Gendang Melayu akan diadakan pada tanggal 17 hingga 22 Oktober 2022 mendatang.

Festival Budaya Isen Mulang, 17 – 21 Mei 2022

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bergeser ke arah timur, tepatnya di pulau Kalimantan, ada Festival Budaya Isen Mulang. Acara ini telah diadakan tanggal 17 hingga 21 Mei 2022 lalu, dan mengambil tempat di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Acara utama dari festival ini adalah menampilkan keunikan budaya suku Dayak, yang bermukim di area Kalimantan Tengah. Jika ditarik ke belakang, festival ini telah diadakan sejak tahun 1993 lalu sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah di bulan Mei.

Sederet acara menarik diadakan sebagai agenda utama festival ini. Mulai dari pertunjukan kesenian tradisional, olahraga tradisional, kuliner khas, permainan tradisional, hingga pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalimantan Tengah.

Tahun depan, kamu wajib datang ya?

Masih dari Kalimantan, Festival Sa-ijaan Event Pariwisata Unggulan

Festival Sa-ijaan merupakan event pariwisata yang dibalut dengan pertunjukan khas budaya Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Tidak hanya pertunjukan seni budaya khas Kalimantan Selatan saja, kamu juga bisa menikmati Exhibition of International Art yang akan digelar dalam acara tersebut.

Festival Sa-ijaan memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan Siring Laut, kemudian eksotisnya budaya suku Bajau serta keunikan upacara adat Selamatan Leut, tradisi Titi Tali, dan masih banyak lagi. Tentu kegiatan ini akan berjalan demikian meriah, dan dijamin sangat berkesan untuk dihadiri.

Untuk menghadiri acara menarik ini, kamu bisa mengagendakan kunjungan ke Kabupaten Kotabaru pada tanggal 1 hingga 5 Juni 2022 ini. Jangan sampai terlewat, dan nikmati setiap detail keindahan eksotisme Kalimantan Selatan.

Dieng Culture Festival, di Kabupaten Banjarnegara

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mengusung konsep sinergi unsur budaya masyarakat, potensi wisata alam Dieng, dan pemberdayaan warga lokal, festival yang satu ini tidak hanya akan menampilkan hasil budaya dari area Dieng saja. Karakter masyarakat yang kuat juga akan jadi bagian penting, bersamaan dengan alam Dieng yang dikenal indah.

Acara ini sebenarnya sudah diadakan sejak tahun 2009 lalu, dan terus dilaksanakan hingga akhirnya harus terhenti akibat pandemi. Kini, di tahun 2022, Dieng kembali bergerak dan menghadirkan festival yang telah lama dinantikan.

Selain bisa menikmati hawa sejuk dari dataran tinggi Dieng, kamu juga dapat menikmati pertunjukan musik jazz yang dipertontonkan di atas awan. Ada juga aksi Dieng Bersih, kemudian pertunjukan Sky Lantern, dan pameran produk UMKM unggulan. Pengalaman baru, surga oleh-oleh, dan cerita tak terlupakan, persiapkan diri kamu pada tanggal 26 hingga 28 Agustus 2022 mendatang ya!

Festival Budaya Tolitoli dari Sulawesi Tengah

Acara selanjutnya yang bisa kamu hadiri adalah Festival Budaya Tolitoli. Menjadi event tahunan dari Kabupaten Tolitoli yang berbasis kemasyarakatan, semangat persatuan terasa kental di dalam keberagaman.

Ritual Peringatan Matanggauk menjadi acara utama yang diperlihatkan pada gelaran tersebut. Peringatan Matanggauk sendiri merupakan acara pengukuhan Raja Tolitoli secara simbolis, dan nantinya akan jadi pimpinan adat area tersebut.

Acara ini diadakan pada akhir tahun, tepatnya tanggal 5 hingga 10 Desember 2022 di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Mampir ke Festival Budaya To Berru

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dilaksanakan sejak tahun 2012 lalu, perayaan Festival Budaya To Berru tahun ini akan menjadi yang ke-11. Tema yang diusung pada tahun ini adalah COLLIQ PUJIE : Paras Mozaik Budaya. Rangkaiannya dimulai dengan pembukaan, karnaval budaya, pertunjukan drama, tari kolosal Colliq Pujie Arung Pancana Toa, dan sebagainya.

Pada acara tersebut kamu juga bisa melaksanakan agenda wajib berwisata atau traveling, yakni wisata kuliner. Penasaran dengan citarasa makanan khas Sulawesi Selatan? Festival ini wajib disinggahi.

Acara tersebut akan diadakan pada 16 hingga 18 September 2022 mendatang di Kabupaten Berru, Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Tradisi Mudik di Indonesia, Ternyata Begini Asal Usulnya

Itu tadi sederet festival budaya yang bisa kamu hadiri sepanjang tahun 2022 ini. Tentu saja, kamu wajib menggunakan perlengkapan traveling terbaik yang disediakan oleh Eiger Adventure official. Lengkap, berkualitas tinggi, namun tetap mudah dijangkau, Eiger selalu berupaya jadi partner terbaik untuk kamu yang menyukai traveling menjelajah berbagai sudut negeri dan dunia!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments