HomeTips & TrickMountaineeringIni Dia 5 Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung yang Wajib Dibawa

Ini Dia 5 Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung yang Wajib Dibawa

Kegiatan pendakian memang bukan kegiatan yang ringan. Maka dari itu, perlu dukungan logistik yang baik agar kondisi tubuh terus bisa optimal sehingga kegiatan selesai. Logistik makanan untuk mendaki gunung sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dicari, sebab tinggal disesuaikan dengan durasi pendakian, medan, dan keinginan yang kamu miliki.

Nah dalam artikel singkat ini kemudian kamu akan menemukan sederet daftar logistik makanan untuk mendaki gunung yang recommended, dan dianggap tepat untuk dibawa. Tentu saja, sifatnya hanya rekomendasi, kamu bisa menyesuaikan logistik makanan yang ada di sini dengan kebutuhan yang kamu miliki.

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak daftar logistik makanan di bawah ini!

Baca Juga : Persiapan Naik Gunung yang Perlu Diperhatikan Pendaki Pemula

1. Oatmeal, Praktis dan Mudah Dikombinasikan

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Rekomendasi pertama adalah oatmeal. Makanan ini bisa jadi rekomendasi yang menarik, sebab sangat praktis untuk disiapkan dan mudah sekali dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya. Berbahan dasar gandum yang dijadikan tepung kasar siap seduh atau siap masak, kamu bisa memasukkan oatmeal ke dalam logistik makanan untuk mendaki gunung.

Bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa mungkin akan jadi alasan utamanya. Disamping itu, sederet nutrisi yang diperlukan tubuh juga ada di dalam oatmeal ini. Dalam takaran 4 sendok oatmeal, akan terdapat 140 kalori, 3,5 gram lemak, 24 gram karbohidrat, serta 5 gram protein.

Takaran sajinya beragam mulai dari 4 hingga 8 sendok makan, tergantung kebutuhan kalori yang kamu miliki. Ingat, kandungan nutrisi ini belum termasuk buah atau tambahan topping lain ya. Jadi dapat dipastikan nutrisinya akan benar-benar padat meski makanan ini tergolong cukup instan.

2. Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung Selanjutnya: Buah-Buahan

Buah-buahan juga akan menjadi logistik makanan untuk mendaki gunung yang cocok di bawa, sebab buah memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Untuk membuatnya lebih ringkas, kamu bisa memotong-motongnya terlebih dahulu, dan memasukkannya ke dalam kotak penyimpanan atau sejenis lunch box. Untuk urusan ini Sea to Summit X-Seal & Go X-Large Kitchenware dari Eiger bisa jadi solusinya.

Apel, alpukat, pir, pisang, mangga, nanas, kurma, dan sebagainya bisa kamu jadikan opsi. Jika kamu merasa bawaan buah ini menambah beban terlalu banyak, kamu bisa mempertimbangkan membawa buah dalam bentuk dried fruit, karena akan lebih ringan dan praktis.

Jangan salah kaprah ya, dried fruit sendiri memungkinkan kamu untuk membawa buah dalam kondisi kering sehingga bobotnya akan berkurang drastis. Meski demikian, kalori yang terkandung dan nutrisinya tetap ada, sehingga tetap akan membantu tubuh terjaga kondisinya.

3. Jangan Lupa Sayur-Sayuran 

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Selain buah, kamu bisa membawa berbagai jenis sayuran dalam pendakian untuk menjaga asupan nutrisi dan mineral. Beberapa sayur memiliki ketahanan yang baik saat dibawa naik gunung, sehingga tidak mudah rusak atau busuk.

Misalnya saja, wortel, kentang, brokoli, kacang polong, sawi putih, jamur, hingga timun dan kol. Sayuran ini bisa kamu masak dengan waktu yang singkat, dan dihidangkan bersama oatmeal atau makanan lain yang kamu bawa.

Kamu juga bisa membawa sayuran yang telah dipotong-potong sebelumnya dan dimasukkan ke wadah-wadah atau tempat makanan yang ada untuk memudahkan pengemasan ketika dibawa dan dapat langsung diolah ketika diperlukan.

Waktu memasak yang singkat dan daya tahan yang cukup baik menjadikan sayuran logistik yang cocok untuk dibawa. Terlebih untuk kamu yang gemar memasak, sayuran akan jadi bahan yang sangat menarik untuk diolah, karena cocok dimasak dengan berbagai jenis bumbu.

4. Berbagai Jenis Makanan Instan

Untuk asupan karbohidrat, direkomendasikan berbagai jenis makanan instan untuk dibawa. Bobotnya yang ringan dan pengolahannya yang mudah bisa membantu kamu dalam memberikan asupan nutrisi tanpa harus menambah bobot bawaan total.

Mulai dari mie instan, bubur instan, sereal instan, pasta instan, dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu waktu lama untuk menyiapkan makanan ini, sehingga tidak akan memperpanjang durasi pendakian hanya karena urusan logistik.

Untuk memasak makanan instan ini, yang kamu butuhkan hanya peralatan kitchenware sederhana. Tungku, tempat memasak, dan api, bisa kamu dapatkan  dengan menggunakan Firemaple Stove FMS-18 yang bisa didapatkan di laman produk Eiger Adventure.

5. Air Putih, Logistik Pendakian yang Tidak Boleh Terlewat

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Hal selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah air putih, yang menjadi kelengkapan wajib untuk dibawa setiap pendaki. Tubuh manusia dewasa setidaknya membutuhkan air putih 2 liter setiap hari agar dapat berfungsi optimal. Maka dari itu, suplai air putih tetap harus dijaga selama pendakian.

Untuk meminimalkan sampah plastik yang dihasilkan, kamu bisa menggunakan botol yang dapat digunakan kembali. Misalnya seperti Eiger Kane Water Bottle Water Storage, atau mungkin TZE Water Bottle, yang bisa menampung air cukup banyak untuk kegiatan pendakian.

Jika di gunung yang kamu daki sudah terdapat mata air yang bisa diandalkan, kamu bisa membawa Coghlans Expandable Camp Jug 7,57L. Peralatan ini bisa digunakan untuk mengambil suplai air, dan dibawa kembali ke tempat camping untuk diolah dan digunakan semua rombongan.

Baca Juga : Mengenal Seven Summit Indonesia, Puncak Tertinggi Gunung Di Bumi Pertiwi 

Itu tadi sedikit informasi mengenai daftar logistik makanan mendaki gunung yang sebaiknya di bawa. Tentu, terkait dengan perlengkapan yang disebutkan di atas, semua bisa kamu dapatkan di laman produk Eiger Adventure official dengan harga yang terjangkau. Semoga berguna, dan selamat merencanakan kegiatan pendakianmu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments