HomeTips & TrickRidingJangan Abai, Ternyata Ini Fungsi Sarung Tangan dan Tips Memilihnya

Jangan Abai, Ternyata Ini Fungsi Sarung Tangan dan Tips Memilihnya

Sebagian orang menyukai kegiatan riding karena dengan mengendarai sepeda motor bisa menikmati keindahan pemandangan secara langsung. Namun, cuaca dan keamanan perjalanan menjadi hal yang harus diperhatikan.

Termasuk memakai sarung tangan, helm, dan riding gear lainnya saat mengendarai sepeda motor. Memakai sarung tangan bukan untuk gaya-gayaan. Pasalnya, fungsi sarung tangan adalah untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Fungsi sarung tangan adalah untuk melindungi area tangan saat berkendara jarak dekat maupun jarak jauh. Selain itu, penggunaan sarung tangan juga dapat mencegah terjadinya kram pada jari saat berkendara di udara yang dingin. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan mengenai fungsi sarung tangan motor beserta tips memilihnya. Keep scrolling!

Menilik Fungsi Sarung Tangan Motor

fungsi sarung tangan motor

1. Sebagai Perlindungan dan Proteksi

Sarung tangan motor dapat memberikan perlindungan dan proteksi tambahan pada saat berkendara di cuaca panas ataupun dingin. Saat Eigerian tidak menggunakan sarung tangan, maka tangan akan terpapar panas atau dingin secara langsung, dan hal ini bisa mengalihkan konsentrasi ketika berkendara. Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi pengendara dari benturan maupun gesekan yang mungkin dapat terjadi sepanjang perjalanan. Misalnya, gesekan yang terjadi antara stang motor dan kulit bisa mengakibatkan lecet terutama saat berkeringat.

2. Menambah Daya Cengkeram

Selain bermanfaat sebagai perlindungan, fungsi sarung tangan adalah mendukung pencengkraman. Beberapa jenis sarung tangan yang dijual telah dilengkapi dengan karet, di mana hal ini akan membantu pengendara untuk lebih mudah mencengkram tuas gas motor. Walaupun cuaca sedang panas, basah, hingga lembap, sarung tangan dapat membantu Eigerian untuk mendapat cengkeram dengan baik. Semakin baik cengkeraman pada saat berkendara, maka tarikan motor akan terasa jauh lebih nyaman.

3. Menjaga Suhu Tangan

Pada saat mengendarai sepeda motor, tentunya kedua tangan akan aktif memegang stang motor. Karena kondisi cuaca panas hingga hujan dapat memengaruhi suhu tangan, sehingga ada baiknya menggunakan sarung tangan. Misalnya, saat Eigerian tengah mengendarai motor dalam kondisi hujan, maka fungsi sarung tangan adalah untuk memberikan kehangatan. Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu menghindari risiko hipotermia.

Hal yang sama juga terjadi pada saat berkendara di musim panas, di mana terik matahari yang menyengat bisa membuat kulit tangan terasa panas dan tidak nyaman. Dengan menggunakan sarung tangan, maka hal ini bisa meminimalisir panas tersebut dan menghindari kulit tangan menjadi hitam.

Baca juga: 5 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik dan Ternyaman dari Eiger

Tips Memilih Sarung Tangan untuk Berkendara Sepeda Motor

fungsi sarung tangan motor

Berikut ini ada beberapa tips memilih sarung tangan yang tepat untuk berkendara sepeda motor. Simak baik-baik, ya!

1. Sesuaikan Ukuran

Sama halnya memilih jaket, sarung tangan motor juga punya ukuran yang perlu diperhatikan.. Supaya nyaman saat menggunakannya, pilihlah sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan Eigerian. Jangan terlalu besar atau terlalu sempit, tapi pilih yang benar-benar pas. Ukuran yang terlalu besar akan terasa longgar, sedangkan jika terlalu kecil akan tidak nyaman dipakai.

2. Sesuaikan dengan Selera

Ada banyak jenis sarung tangan motor, mulai dari tipe pendek, panjang, sporty, hingga yang berjenis offroad. Semua jenis sarung tangan tersebut tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Supaya tepat, pilihlah jenis yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Jika Eigerian sering berkendara malam hari, maka lebih baik memilih sarung tangan jenis panjang, karena dapat menahan dingin serta angin.

3. Pilih Bahan yang Bagus dan Tepat

Pada umumnya, sarung tangan motor terbuat dari berbagai bahan seperti kulit, jala, gore-tex, neoprene, dan lainnya. Sebisa mungkin, pilihlah sarung tangan yang sesuai dengan cuaca yang sering Eigerian hadapi di daerah tempat tinggal. Sarung tangan motor dari kulit sangat cocok digunakan saat musim hujan karena anti air, sedangkan sarung tangan motor jala akan lebih cocok digunakan saat musim panas karena terdapat ventilasi udara.

4. Cari yang Memiliki Bantalan

Sarung tangan motor yang baik adalah yang memiliki bahan berbeda antara bagian atas dan juga bagian bawah. Pada bagian bawah, biasanya ada bantalan yang berfungsi untuk menjaga tangan dari getaran. Di mana tujuan bantalan tersebut adalah untuk memberikan perlindungan maksimal, serta tidak membuat tangan terasa pegal saat menggunakannya dalam waktu lama.

5. Perhatikan Jahitan dan Kerapian

Percaya atau tidak, bahwa kualitas sarung tangan motor yang baik bisa dilihat dari jahitannya. Jahitan sarung tangan yang baik akan mampu melindungi tangan dari cedera ataupun lecet akibat gesekan. Maka dari itu, pilihlah yang memiliki pola jahitan yang pas dengan lekuk telapak tangan, sehingga lebih ergonomis.

6. Pentingnya Sirkulasi Udara

Kalau tangan sering terasa pegal ataupun berkeringat setelah mengendarai motor, maka itu berarti sarung tangan yang Eigerian pakai selama ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara dalam sarung tangan motor berfungsi untuk menjaga telapak tangan tetap kering dan juga tidak mudah kram.

7. Sesuaikan dengan Gaya Sepeda Motor

Tips yang terakhir adalah, pilihlah  sarung tangan berdasarkan jenis kendaraan dan cara Eigerian berkendara. Misalnya, sarung tangan balap direkomendasikan untuk Eigerian yang memiliki hobi balap. Dengan adanya pelindung, maka tangan Eigerian akan terlindungi dan tetap dapat mengoperasikan grip dengan baik.

Sementara itu, jika Eigerian mengendarai sepeda motor off-road di medan yang menantang, maka silakan pilih sarung tangan off-road. Mengendarai sepeda motor di medan yang menantang tentunya akan lebih sulit, karena membutuhkan kemampuan mengoperasikan grip yang lebih kuat. 

Maka sarung tangan tipe off-road bisa menjadi pilihan yang tepat karena selain ringan, kemampuan mengoperasikan grip juga tidak berkurang. Sarung tangan jenis off-road dengan bahan mesh juga akan membuat tangan tidak mudah basah.

Lain halnya jika ingin naik motor antar kota atau touring, maka Eigerian bisa memilih tipe pendek atau panjang. Jenis pendek terjangkau dan mudah dilepas atau digunakan kembali, sedangkan tipe panjang akan menutupi hingga ke pergelangan tangan sehingga lebih hangat.

Baca juga: Jalan Licin, Perhatikan 5 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Berikut Ini!

Itulah fungsi sarung tangan beserta tips dan cara memilihnya. Bagi Eigerian yang ingin membeli sarung tangan secara online bisa di website Eiger Adventure Official. Cara belanja online sangatlah mudah, Eigerian tinggal masuk ke marketplace atau situs resmi produk, misalnya ke situs resmi Eiger Adventure. Tinggal memilih barang, menentukan cara pembayaran, lalu melakukan pengisian formulir pengiriman dan menyelesaikan pembayaran. Sangat simple!

Selain sarung tangan, ada banyak sekali riding gear dan produk original lainnya yang tersedia di sana. Dijamin #PastiMakinAsyik deh, berkendara sepeda motor dengan produk dari EIGER! Tunggu apa lagi? Cek koleksi terbaru EIGER sekarang juga, dan segera tentukan pilihan.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments