HomeTips & TrickRiding5 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik dan Ternyaman dari Eiger

5 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik dan Ternyaman dari Eiger

Sepatu merupakan salah satu peralatan berkendara yang perlu diperhatikan. Tidak semua sepatu cocok dipakai untuk berkendara, apalagi touring. Bagi beberapa pengendara, sepatu biasa saja dianggap kurang membuat perlindungan kaki. Nah, ada sepatu spesial untuk para pengendara yang menyukai touring, yaitu sepatu touring. Sepatu ini pada umumnya terbuat dari material kulit yang elastis serta anti air. Penasaran kan, seperti apa rekomendasi touring terbaik? 

Tapi sebelum cek rekomendasi sepatu touring, kita perlu tahu dulu nih apa saja kegunaan dan manfaat sepatu tersebut. Manfaat penting dari sepatu adalah bisa melindungi kaki kita. Ada banyak panduan untuk memilih sepatu touring supaya kaki terproteksi dengan baik. Pertama, tetapkan tipe sepatu sama dengan keperluan kita dalam berkendara. 

Ada banyak tipe sepatu yang dapat dipilih, seperti sepatu touring, sepatu balap, atau sepatu standard. Yakinkan sepatu bisa membuat perlindungan sisi kaki yang rawan cedera, seperti sisi ankle hingga betis. Upayakan untuk pilih sepatu touring yang memiliki bantalan shiffer, supaya nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Di luar itu, pilih sepatu yang terbuat dari bahan berkualitas, pilih sepatu yang mempunyai sol kuat serta mempunyai ventilasi hingga kaki dapat bernafas. Supaya kaki tidak terserang air saat hujan, jangan lupa pilih sepatu yang terbuat bermaterial anti air. 

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Sepatu Touring

Ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan untuk memilih sepatu yang tepat untuk touring

1. Sirkulasi Udara

Bagi sebagian orang, sirkulasi udara mungkin dianggap sepele. Padahal kenyataannya, sirkulasi udara dalam sebuah sepatu akan sangat memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Katakanlah, sebuah sepatu memiliki sirkulasi udara yang minim, tentu saja kaki kita akan cepat terasa panas. Dan kondisi ini juga akan menyebabkan kita merasa cepat lelah saat berkendara jarak jauh. Sebaliknya, saat sirkulasi udara terlalu terbuka lebar, saat hujan atau banjir maka sepatu akan kebocoran air. Dan kita semua tahu kan, kalau sepatu yang basah saat digunakan akan terasa tidak nyaman? 

2. Fleksibilitas

Selain masalah sirkulasi udara, kita juga harus memperhatikan masalah fleksibilitas sepatu. Sepatu yang kaku tentunya akan membuat pergelangan kaki kita mudah lecet dan pegal. Banyak sepatu touring yang menawarkan fitur untuk melindungi kaki dan pergelangan kaki dengan menggunakan bahan-bahan kaku yang tidak nyaman digunakan. Perlindungan di bagian-bagian tertentu itu memang penting, misalnua di punggung kaki untuk memindahkan transmisi motor. Namun selebihnya, sebaiknya cari sepatu touring yang fleksibel untuk memudahkan pergerakan kaki saat berada di atas motor.

3. Material Sepatu

Ada beberapa bahan yang pada umumnya digunakan untuk sepatu touring. Secara garis besar, ada bahan karet dan bahan kulit, di mana bahan karet lebih lazim dan berfungsi maksimal saat digunakan untuk lahan basah, atau ketika hujan dan banjir. Pasalnya, bahan karet cenderung tidak memiliki pori-pori yang bisa ditembus oleh air saat berada di situasi tersebut. Sementara itu, bahan kulit rentan terekspos oleh air dan kelembapan karena akan merusak bahan. Sepatu dengan bahan kulit sebaiknya digunakan saat kering saja. Dijamin, kegagahan kita saat menggunakan sepatu touring berbahan kulit di jalan yang panas akan meningkat! 

Baca juga: 5 Tips Mengendarai Motor Kopling yang Aman untuk Pemula

Rekomendasi Sepatu Touring dari Eiger

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi sepatu touring dari Eiger yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Yuk cek satu per satu! 

1. EIGER HADES SHOES – Rp674.500,-

rekomendasi sepatu touring

Hades mid-cut boots merupakan sepatu yang dirancang untuk penggunaan short-mid adventure touring untuk pengendara sepeda motor. Bagian upper pada sepatu ini terbuat dari material microfiber yang memiliki daya tahan yang kuat dengan lapisan waterproof yang berfungsi untuk menjaga sepatu dan kaki tetap kering saat cuaca hujan.

2. EIGER BALDR MID CUT SHOES – Rp649.000,-

rekomendasi sepatu touring

Baldr merupakan sepatu mid-cut yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua dengan perpaduan tampilan yang stylish namun tetap klasik. Pada bagian atas sepatu terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang memiliki daya tahan yang kuat, serta dilengkapi juga dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan saat berkendara. Insole Ortholite pada sepatu ini juga memberikan bantalan yang nyaman, breathable (memiliki daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga cepat kering), dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan. Outsole sepatu ini berbahan karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang baik memberikan kenyamanan yang sudah disesuaikan saat berkendara.

3. EIGER GAEA MID SHOES – Rp689.000,-

rekomendasi sepatu touring

Gaea Sneaker Boots Mid Cut merupakan sepatu yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua. Sepatu ini dilengkapi dengan shifter pad berbahan karet yang berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu saat berkendara, khususnya akibat terkena gesekan tuas persneling motor. Insole Ortholite akan mempercepat pengeringan, serta sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan dan berkendara. Detail reflektif pada backcounter akan membantu sepatu mudah terlihat dalam keadaan minim cahaya. Di bagian atas sepatu menggunakan bahan polyester nubuck

4. EIGER ILLINOA-RIDING HIGHCUT SOCKS 1.0 – Rp69.000,-

rekomendasi sepatu touring

Kaos kaki Illinoa Riding 1,0 ini dirancang khusus untuk pemakaian harian. Kaos kaki ini dilengkapi teknologi COOLMAX, sehingga cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama, termasuk untuk aktivitas touring.

5. EIGER X-ATACAMA RAYO SOCK – Rp59.000,-

rekomendasi sepatu touring

Sebagai pelengkap, jangan lewatkan kaos kaki X-Atacama Rayo Sock ini, ya. Dijamin, memakai sepatu touring akan lebih nyaman! 

Baca juga: Butuh Jaket Windbreaker untuk Touring? Cek Rekomendasinya di Sini!

Bagaimana, sekarang sudah tidak bingung lagi kan memilih sepatu touring? Semua rekomendasi sepatu touring di atas bisa didapatkan dengan cara belanja online di website Eiger Adventure Official. Supaya awet dan bertahan lama, sepatu touring harus disimpan dalam tempat kering dan bebas dari debu. Untuk sepatu berbahan kulit, sering-seringlah menyemir sepatu supaya material kulit tidak pecah-pecah serta masih tampak kinclong.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments