HomeTips & TrickMountaineeringPesona Goa Ergendang: Daya Tarik, Lokasi, dan Tiket Masuknya

Pesona Goa Ergendang: Daya Tarik, Lokasi, dan Tiket Masuknya

Goa Ergendang merupakan destinasi wisata populer yang terletak di Deli Serdang Sumatera Utara. Berikut panduan lokasi dan tiket masuknya!

Bagi Eigerian yang menyukai kegiatan wisata alam, tentu sudah familiar dengan wisata pantai, hutan, dan gunung. Namun, pernahkah Eigerian berwisata ke goa alami?

Objek wisata alam tersebut merupakan salah satu destinasi wisata populer yang menawarkan pesona keindahan goa yang memukau.

Berwisata ke Goa Ergendang bisa menjadi alternatif kegiatan wisata di akhir pekan maupun saat musim liburan.

Pasalnya, selain bisa menikmati keunikan bentuk goa, kita juga bisa menemui kolam air panas yang berlokasi di dalam goa.

Objek wisata yang dibuka pada tahun 2016 ini juga masih kental dengan nuansa mistis.

Meski begitu, objek wisata ini tetap aman dikunjungi selama pengunjung tetap menjaga sopan santun aturan yang berlaku.

Penasaran ingin menjelajahi Goa Ergendang saat liburan nanti? Simak dulu artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: 3 Cara Membuat Api Tanpa Korek yang Tahan Lama

Lokasi dan Akses Menuju Goa Ergendang

goa ergendang
(Foto jalan masuk Goa Ergendang. Sumber: Instagram.com/goaergendang)

Goa Ergendang berada di Panungkiren, Sinembah, Tj Muda Hilir, Kab Deli Serdang, Sumatera Utara.

Goa ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Medan dan dapat ditempuh lewat jalur darat selama kurang lebih dua jam perjalanan.

Perjalanan menuju objek wisata ini menyuguhkan panorama alam yang menarik dan dapat memanjakan mata. Maka dari itu, kita tak akan merasa bosan selama dalam perjalanan.

Selain itu, Goa Ergendang juga berdekatan dengan objek wisata lain. Mulai dari Air Terjun Sampuren Putih, Kolam Renang Air Panas Mardinding Tiga Rasa, Hillpark Sibolangit, dan lainnya.

Akses jalan juga sudah menggunakan beton yang ramah bagi semua jenis kendaraan. Namun, kita tetap perlu berhati-hati terutama saat melalui jalan sempit yang berada di dekat jurang.

Jika berangkat dari Kota Medan, maka kita dapat melalui rute Jalan Brigjen Katamso menuju ke Deli Tua atau Jalan Brigjen Zein Hamid.

Setelah melalui jalan itu, kita akan menemukan papan petunjuk lokasi Goa Ergendang.

Baca Juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Burangrang yang Ramah Bagi Pendaki

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

jam buka goa ergendang
(Foto kolam pemandian Goa Ergendang. Sumber: Instagram.com/goaergendang)

Goa Ergendang buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Seperti biasa, jumlah pengunjungnya tentu lebih ramai saat akhir pekan atau musim liburan.

Harga tiket masuk Goa Ergendang juga sangat terjangkau, yakni Rp13.000,-/orang saat hari biasa, dan Rp15.000/orang saat akhir pekan atau hari libur. Tiket masuk ini hanya berlaku untuk pengunjung dari usia di atas 3 tahun.

Jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000,- untuk mobil dan Rp2.000,- untuk motor.

Jam buka dan harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan pengelola.

Daya Tarik Wisata Goa Ergendang

goa ergendang
(Foto bagian dalam Goa Ergendang. Sumber: Instagram.com/goaergendang)

Menurut sejarahnya, Goa Ergendang dahulu bernama Goa Panen. Lokasi ini memiliki sejarah dan cerita mistis menurut penuturan warga sekitar.

Konon katanya, goa beserta sumber air panasnya sudah ada sejak lama dan dijadikan sebagai tempat pemandian putri raja agar tetap awet muda.

Namun, tidak diketahui goa tersebut memiliki keterkaitan dengan kerajaan apa. Hingga kini, sumber air panas di gua ini dipercaya berkhasiat menyembuhkan sakit pinggang, nyeri tulang, dan pegal-pegal.

Nama Goa Ergendang sendiri dalam bahasa Indonesia berarti “menabuh gendang”. Sebab, sering terdengar suara menyerupai alat musik gendang dari dalam Goa.

Dibalik cerita mistisnya, goa yang satu ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Sebab, objek wisata alam ini menyuguhkan keindahan goa lengkap dengan stalaktit yang menghiasi dinding goa.

Fenomena alam seperti ini terbilang langka dan jarang ditemui jika dibandingkan dengan wisata pantai, hutan, atau gunung.

Selama berwisata ke goa ini, aktivitas utama yang bisa kita lakukan adalah trekking singkat menyusuri area goa. Karena terbentuk dari batu alami, permukaan goa sedikit lembab dan licin.

Disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman ketika datang ke goa ini, seperti sepatu gunung atau sandal gunung.

Selain itu, banyak pula pengunjung yang berfoto di dalam goa. Sebab, kecantikan goa ini juga terlihat dari adanya ornamen-ornamen alami yang menambah keunikannya.

Baca Juga: 4 Prinsip FITT Ini Wajib Dilakukan Selama Latihan Fisik Sebelum Mendaki

Berendam di Kolam Air Panas

goa ergendang
(Foto kolam air panas Goa Ergendang. Sumber: Instagram.com/goaergendang)

Setelah lelah menyusuri goa, kita bisa melemaskan otot sambil berendam di kolam air panas yang berada di dalam goa.

Disini, terdapat tiga kolam air panas yang berada di tiga lokasi berbeda. Mulai dari kolam yang paling atas, kolam di dekat mulut goa, dan kolam yang berada di sisi kiri bagian dalam goa.

Berendam di kolam air panas ini memberikan suasana dan pengalaman yang unik. Pasalnya, selagi berendam, kita bisa menikmati suasana alami yang menenangkan.

Kolam tersebut diisi dengan air panas yang dialirkan langsung dari sumber air panas goa ini. Uniknya, air panasnya tidak memiliki bau belerang yang menyengat, sehingga tetap nyaman saat berendam.

Petugas dan pengelola juga rutin menjaga kebersihan kolam sehingga tetap nyaman dinikmati oleh pengunjung.

Sebagai informasi tambahan, di dalam kawasan Goa Ergendang juga sudah terdapat area parkir, toilet, dan hingga kantin.

Sebelum berkunjung ke Goa Ergendang, pastikan Eigerian menggunakan perlengkapan outdoor dan traveling yang sesuai.

Eigerian bisa menemukan dan membeli produk sandal gunung, pakaian outdoor, topi, kacamata, tas, dan perlengkapan outdoor lain melalui Website EIGER Adventure Official.

Yuk, segera kunjungi Website EIGER Adventure Official dan dapatkan berbagai promo menarik dan kemudahan metode pembayaran yang aman. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments