HomeTips & TrickMountaineering8 Peralatan Wajib Saat Caving atau Susur Goa

8 Peralatan Wajib Saat Caving atau Susur Goa

Kegiatan susur goa atau caving membutuhkan kemahiran dan perlengkapan khusus. Berikut daftar alat caving yang wajib Eigerian siapkan!

Selain naik gunung, ada berbagai kegiatan wisata alam yang menantang dan bisa kita coba. Salah satunya adalah kegiatan caving atau susur goa.

Kegiatan ini sangat cocok bagi Eigerian yang menyukai aktivitas outdoor yang menantang dan berbeda dari yang lainnya. Kondisi medan yang akan Eigerian hadapi juga jauh berbeda.

Jika kebanyakan kegiatan pendakian gunung atau panjat tebing berada di ketinggian, maka kegiatan caving justru cenderung berada di bawah tanah.

Pasalnya, kebanyakan goa di Indonesia memang memiliki jalur menurun ke dalam perut bumi. Bahkan, tak sedikit dari goa tersebut yang memiliki kolam alami di dalamnya.

Namun, di balik keseruan tersebut, kegiatan caving sebaiknya dilakukan dengan pengawasan orang yang berpengalaman. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan alat caving demi menunjang keamanan dan keselamatan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Peralatan Wajib Saat Caving

alat caving
(Foto ilustrasi kegiatan susur goa. Sumber: EIGER Adventure)

Berikut daftar peralatan yang wajib Eigerian bawa jika ingin mencoba kegiatan susur goa.

1. Helm Speleo

alat caving
(Foto helm speleo. Sumber: Freepik.com)

Peralatan pertama yang wajib kita bawa adalah helm speleo. Helm ini dirancang khusus untuk kegiatan susur goa dengan material yang sangat kuat dan mampu melindungi kepala dari benturan.

Pasalnya, selama di dalam goa sangat mungkin terjadi hal-hal yang tak terduga. Mulai dari benturan dengan benda keras, hingga tertimpa reruntuhan batu.

Helm ini dirancang memiliki beberapa fitur yang bisa dikombinasikan dengan perlengkapan caving lainnya. Misalnya, terdapat space untuk headlamp dan tali pengait untuk kepala.

2. Kostum Coverall

alat caving
(Foto EIGER EG-Pro Coverall. Sumber: EIGER Adventure)

Kostum coverall memiliki model mirip seperti pakaian mekanik, dengan model atasan yang menyatu dengan bawahan.

Biasanya, kostum ini menggunakan bahan sejenis parasut yang bisa melindungi tubuh dari gesekan material gua.

Untuk kegiatan caving, kita bisa menggunakan produk EIGER EG-Pro Coverall LR yang dapat melindungi tubuh dari paparan debu dan percikan air.

Coverall ini dibuat dari bahan yang ringan, breathable, dan sudah dilengkapi seam sealing yang tahan air.

3. Headlamp

EIGER Seth Headlamp
(Foto EIGER Seth Headlamp. Sumber: EIGER Adventure)

Selama kegiatan susur goa, kondisi cahaya mungkin akan semakin minim. Apalagi jika Eigerian menyusuri goa yang tertutup di bawah tanah atau di antara tebing.

Kondisi yang minim cahaya tersebut akan sangat berbahaya. Sebab, dalam kondisi gelap, kita akan lebih sulit dalam melihat kondisi medan.

Oleh karena itu, kita wajib membawa penerangan tambahan berupa headlamp sebagai sumber cahaya. Penggunaan headlamp lebih direkomendasikan sebab bisa dipasang di helm dengan praktis.

Eigerian bisa menggunakan produk headlamp EIGER Seth yang memiliki 4 mode cahaya dan bisa dipakai hingga 4 jam dengan jarak pencahayaan sejauh 10 meter.

Baca Juga: 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia yang Wajib Masuk Wishlist

4. Sepatu

EIGER Lora
(Foto sepatu EIGER Lora. Sumber: EIGER Adventure)

Kondisi medan di dalam gua sangat sulit diprediksi. Mulai dari medan bebatuan, tanah lembab, lumpur, lumut, dan sebagainya. Karena kondisi medannya yang berat, kita juga wajib menggunakan sepatu khusus.

Sepatu yang ideal untuk digunakan dalam kegiatan caving adalah sepatu yang memiliki sol yang kuat, tebal, dan bergerigi. Sol ini berfungsi untuk memberikan pijakan yang lebih baik.

Eigerian bisa menggunakan sepatu boots berbahan karet atau sepatu gunung saat caving. Misalnya, sepatu gunung EIGER Lora yang memiliki bantalan peredam hentakan, sol berbahan vibram yang kuat, serta dilapisi membran tahan air.

5. Sarung Tangan

EIGER Vertical Gloves
(Foto EIGER Vertical Gloves. Sumber: EIGER Adventure)

Sama seperti penggunaan sepatu untuk melindungi kaki, penggunaan sarung tangan juga dibutuhkan untuk melindungi tangan dari material keras dan tajam.

Selama kegiatan caving, tangan kita agar bekerja lebih ekstra untuk memegang tali dan memanjat dinding goa. Oleh karena itu, kita wajib menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari gesekan benda tajam.

Kita bisa menggunakan produk EIGER Vertical Gloves untuk melindungi tahan dari gesekan dan menjaga kondisi tangan agar tetap hangat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dari Eiger dan Tips Memilihnya

6. Dry Bag

EIGER Dry Bag 2L
(Foto EIGER Dry Bag 2L. Sumber: EIGER Adventure)

Kebanyakan goa memiliki kondisi yang lembab. Sebagian goa di Indonesia bahkan memiliki kolam alami yang terbentuk dari air hujan atau air sungai.

Untuk menyimpan dan menjaga barang-barang elektronik agar tetap kering dan aman, Eigerian perlu membawa dry bag saat kegiatan susur goa.

Eigerian bisa menggunakan produk EIGER Dry Bag 2L yang cukup untuk menyimpan barang-barang elektronik kecil seperti handphone dan kamera. Dry bag ini dirancang tahan air, tahan debu, dan pasir.

7. Pelampung

pelampung
(Foto pelampung. Sumber: Freepik.com)

Seperti disebutkan sebelumnya, kondisi di dalam goa umumnya sulit diprediksi. Sebagian goa yang memiliki kolam alami di dalamnya juga memiliki kedalaman hingga beberapa meter.

Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi Eigerian yang sedang melakukan kegiatan susur goa. 

Demi keamanan, kita juga perlu membawa pelampung sebagai alat keselamatan bilamana harus melalui kolam atau genangan air yang dalam.

Baca Juga: 5 Tempat Indoor Climbing Jakarta dan Sekitarnya, Cocok untuk Latihan Panjat Tebing

8. Alat SRT (Single Rope Technique)

karabiner EIGER
(Foto karabiner EIGER. Sumber: EIGER Adventure)

Peralatan SRT atau single rope technique merupakan peralatan yang digunakan untuk naik atau turun secara vertikal, baik di tebing maupun di dalam goa.

Perlengkapan SRT terdiri atas tali karmantel, harness untuk mengikat tubuh, ascender untuk memanjat tali, figure 8, descender untuk menuruni tali, dan karabiner untuk pengait tali.

Eigerian bisa membeli beberapa peralatan SRT seperti figure 8 dan karabiner dari EIGER. Salah satunya adalah produk EIGER A2552 AL D Hook Carabiner yang bisa digunakan sebagai pengait tali.  

Selain berbagai produk yang disebutkan sebelumnya, Eigerian juga bisa menemukan berbagai produk perlengkapan outdoor lainnya dari EIGER. 

Mulai dari tas carrier, tenda, matras, sleeping bag, sepatu gunung, jaket, dan lain lain melalui Website EIGER Adventure Official.


Dengan berbelanja di situs resmi EIGER, kita dapat memilih berbagai metode pembayaran yang mudah dan aman. Selain itu, tersedia juga berbagai promo dan diskon menarik yang bisa Eigerian dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments