HomeTips & TrickMountaineering3 Cara Membuat Api Tanpa Korek yang Tahan Lama

3 Cara Membuat Api Tanpa Korek yang Tahan Lama

Api, jadi salah satu hal yang paling berguna bagi kehidupan manusia. Berbagai kegiatan manusia memerlukan api. Api juga dibutuhkan ketika berkegiatan di alam bebas terutama ketika menghadapi keadaan survival. Walaupun pembuatan api tidak bisa di sembarang tempat, tidak ada salahnya mempelajari teknik untuk membuat api sebagai salah satu kemampuan ketika berkegiatan di alam.  Lalu bagaimana cara membuat api?

Cara Membuat Api

1. Bow Drill 

Salah satu teknik yang paling sering dilakukan adalah teknik, bow & drill. Ini merupakan teknik yang berumur ribuan tahun karena telah digunakan oleh berbagai generasi. Dengan memanfaatkan gaya gesek, teknik ini dapat menghasilkan api. Walaupun sederhana, namun Eigerian tetap perlu keahlian khusus dan kesabaran untuk dapat membuat api dengan teknik ini. 

Prinsip dasar membuat api dengan teknik bow & drill ini adalah dengan memutar sebatang kayu (drill / spindle) diatas papan kayu yang biasa disebut base board / fire board.  Energi kinetik berubah menjadi energi panas dari gesekan dua permukaan kayu tersebut. Jika berhasil, gesekan akan menghasilkan panas yang cukup untuk mengeluarkan bara. 

2. Pump Drill

Ada juga salah satu cara yang cukup mudah untuk menghasilkan api adalah dengan teknik Pump Drill. Cara ini mudah karena tidak menghabiskan terlalu banyak energi dan alatnya dapat digunakan berkali kali. 

Perbedaan teknik pump drill dan bow drill terletak pada segi alat putar porosnya  Pada metode Pump Drill, poros tersebut diletakkan pada papan kayu yang telah diberi lubang pada bagian tengahnya.

Lalu, papan tersebut diberi tali yang membentang dari sisi kanan dan kiri papan kayu. Setelah itu, kayu poros yang berbentuk anak panah tersebut dimasukkan ke dalam lubang papan dan dililit dengan tali yang telah dipasang pada papan. Setelah itu, lakukan gerakan mendorong ke bawah layaknya sedang memompa, tujuannya agar poros tersebut berputar karena tekanan dari lilitan tali terhadap kayu poros.

3. Hand Drill

Nah untuk yang terakhir Eigerian bisa menggunakan cara membuat api paling dasar dan paling kuno yaitu Hand Drill. Dahulu kala ini merupakan salah satu cara yang pertama kali ditemukan untuk membuat api. Hanya menggunakan kayu, cara membuat api ini terbilang sangat mudah. Menggunakan kayu kering yang panjang dan berbentuk poros, seperti anak panah dan papan kayu yang digunakan sebagai alas, setelah itu Eigerian bisa memutar poros dengan telapak tangan. 

Demi mendapatkan percikan api, Eigerian juga perlu menambahkan rumput kering secukupnya yang berfungsi sebagai sumbu yang akan menjadi penerima percikan api. Selain rumput, cari juga berbagai bahan yang mudah terbakar seperti kertas. Bahan yang digunakan memang mudah didapat namun, perlu usaha dan kesabaran jika membuat api dengan teknik ini, apalagi memiliki angin yang kencang. 

Apakah Kamu Punya Cara Lain? Share Disini!

Nah itu dia beragam teknik cara membuat api ketika kamu sedang berkegiatan di luar ruangan. Punya cara lain yang lebih mudah atau trik yang biasa Eigerian lakukan? Silahkan Eigerian tulis di kolom komentar ya, berbagi ilmu itu baik!

Baca Juga: Dasar-Dasar Survival dan Kemampuan yang Wajib Eigerian Kuasai

Jadi Lebih Siap Camping dengan EIGER!

Setelah mempelajari salah satu hal yang paling penting untuk bertahan di alam bebas kamu jadi satu langkah lebih siap untuk melakukan petualangan. Agar lebih memudahkan petualangan mu di alam bebas, yuk cek berbagai perlengkapan camping dari EIGER. Ada berbagai ukuran tenda yang dapat kamu sesuaikan sesuai kebutuhanmu, cek langsung eigeradventure.com

Temukan berbagai outfit dan kebutuhan mendaki lainya hanya di official website EIGER Adventure. Belanja di Eiger Adventure official website kamu bebas memilih produk sesuai kebutuhanmu, bebas tanpa ragu biaya ongkos kirim. Jika ada pertanyaan atau keraguan, Eigerian bisa langsung hubungi Customer Service EIGER yang hadir 24 jam untukmu. Belanja dengan berbagai metode pembayaran juga kini bisa, pasti makin untung, pasti makin asyik!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments