HomeTips & TrickMountaineering13+ Gunung di Indonesia dengan Sunrise Terbaik dan Tips Mencapainya

13+ Gunung di Indonesia dengan Sunrise Terbaik dan Tips Mencapainya

Para pendaki tertarik untuk melihat sunrise di puncak gunung karena beberapa alasan yang membuat pengalaman tersebut begitu istimewa. Nyatanya, pemandangan sunrise dari puncak gunung memang merupakan salah satu pemandangan alam yang paling spektakuler. Tak heran, banyak yang memilih gunung di Indonesia dengan sunrise terbaik sebagai destinasi pendakian.

Melihat matahari terbit dari puncak gunung juga sering dianggap sebagai pengalaman spiritual dan inspiratif bagi banyak pendaki. Saat matahari naik, banyak orang yang merasa terhubung dengan alam dan merasakan kekuatan dan keagungan alam semesta. Selain itu, mencapai puncak gunung untuk menyaksikan sunrise juga bisa menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan bagi pendaki. Proses mendaki yang cukup melelahkan dan menantang akan terbayar lunas saat sampai di puncak dan menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah.

Di Indonesia, terdapat beberapa gunung yang terkenal dengan pemandangan sunrise yang sangat menakjubkan. Cek daftarnya, yuk!

Daftar Gunung di Indonesia dengan Sunrise Terbaik

gunung di indonesia dengan sunrise terbaik
Sumber: Freepik (Gambar Hanya Ilustrasi)

Di bawah ini ada beberapa daftar gunung di Indonesia dengan sunrise terbaik yang bisa Eigerian pilih sebagai destinasi pendakian.

1. Gunung Rinjani

gunung di indonesia dengan sunrise terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, gunung ini memiliki visual sunrise yang sangat cantik. Warna guratnya yang merah bercampur kuning dan jingga akan membuat Eigerian terpana dan tak bisa berkata-kata. Belum lagi jika ada gumpalan kabut tipis yang menemani, pemandangan alam yang sangat istimewa!

2. Gunung Kerinci

Gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl ini juga memiliki panorama sunrise yang sangat menakjubkan. Memang tidak mudah untuk sampai ke atas, mengingat treknya yang licin dan didominasi oleh tanah. Tapi, begitu sampai dan menyaksikan kejelitaan sunrise yang menyapa, rasa lelah Eigerian pasti terbayarkan.

3. Gunung Merbabu

Bukan hanya menyajikan sunrise yang indah, gunung dengan savanna yang cantik membentang di banyak area ini juga wajib Eigerian datangi. Perpaduan antara warna kuning, hijau tua, hijau muda, dan juga cokelat pada padang rumputnya membuat Eigerian pasti ingin berlama-lama di sana. Gunung ini tidak terlalu sulit untuk didaki oleh pemula terutama jika lewat jalur Selo karena banyak trek landainya. Tapi jika Eigerian ingin mencari yang menantang, naiklah lewat jalur Pogalan dan turun via Suwanting. 

4. Gunung Semeru

Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini juga ramai dikunjungi. Gunung ini memiliki sajian visual alam yang mengagumkan dan trek yang relatif mudah sebelum trek puncak. Tapi jika Eigerian benar-benar ingin mendaki di malam hari untuk melihat sunrise, Eigerian harus hat-hati karena summit attack di Semeru sangatlah tricky. Untuk pemandangan sunrise-nya, dijamin sangat indah dan mempesona! Gunung Bromo bisa terlihat, Gunung Penanggungan dan Arjuno pun tampak samar, bahkan kota Malang jika beruntung juga bisa terlihat.

5. Gunung Slamet

Gunung dengan ketinggian 3.428 mdpl ini ini juga memiliki panorama sunrise yang indah. Bagaimana tidak, letaknya yang menjulang tinggi ke angkasa bahkan menembus gumpalan awan yang melangit di atas lima kabupaten sekaligus yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, membuat momen sunrise-nya menjadi amat magis!

6. Gunung Tambora

Terletak di Nusa Tenggara Barat, gunung ini juga menyimpan keindahan yang tak boleh dilewatkan saat pagi datang dan melihat sunrise. Ada cahaya sunrise yang menyembul di balik awan serta dilengkapi dengan siluet hijaunya padang savana. Jika beruntung, Eigerian juga akan menemukan sejumlah hewan liar yang memang hidup di sana seperti kuda dan sapi.

7. Gunung Prau

Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini juga termasuk gunung paling wajib didaki bahkan bagi para pemula sekalipun. Treknya yang relatif mudah dan puncaknya yang tidak begitu jauh dari kaki gunung, membuat gunung ini selalu dipadati oleh pendaki. Sunrise-nya indah, dan sunset-nya juga tak kalah memukau. Panorama sekitarnya pun sangat mengagumkan, karena puncak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing bisa Eigerian lihat dengan jelas.

8. Gunung Andong

Lalu ada Gunung Andong yang ketinggiannya hanya 1.731 mdpl. Gunung ini bisa dicapai puncaknya dalam waktu 1,5 hingga 2,5 jam saja. Tak heran, banyak pendaki yang memang berniat untuk menikmati sunrise di gunung ini. Satu hal yang paling menarik dari menikmati sunrise di Gunung Andong adalah, ada tujuh gunung yang segera terlihat begitu matahari mulai mengatap. Di antaranya adalah Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Prau.

9. Sunrise Gunung Batur

Selain beberapa gunung yang telah disebutkan di atas, Eigerian juga bisa mendaki Gunung Batur. Sunrise di Gunung Batur juga menjadi salah satu yang terkenal paling cantik. Selain digandrungi oleh wisatawan lokal, turis-turis asing pun kerap ikut tur atau menyewa guide lokal untuk menemani mereka trekking dan melihat sunrise. Gunung dengan ketinggian 1.717 mdpl ini menyimpan rangkaian keindahan yang bisa ditemukan dari bawah. Akan ada banyak monyet liar berwarna abu-abu, trek berbatu dan berpasir licin yang cukup tricky tapi menyenangkan, hingga pesona alam yang luar biasa.

10. Gunung Ijen

Ijen adalah nama sebuah gunung di Jawa Timur yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Selama ini, yang Eigerian tahu mungkin hanya Kawah Ijen saja tanpa mengetahui bahwa ia adalah bagian dari gunung setinggi 2.386 yang bisa didaki dan punya sekumpulan panorama menarik. Jika ingin menatap sunrise yang indah di gunung ini, waktu paling tepat untuk berada di puncaknya adalah saat bulan Agustus yang sering disebut-sebut sebagai golden time oleh para hiker. Artinya, bulan ini cuaca sedang bagus-bagusnya, cerah, dan tidak banyak hujan di sepanjang perjalanan. 

11. Gunung Papandayan

Di Kabupaten Garut Jawa Barat terdapat Gunung Papandayan yang tingginya sekitar 2.665 mdpl. Gunung ini tidak begitu sulit untuk didaki, sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula. Gunung yang terkenal dengan hamparan bunga edelweis serta hutan matinya ini juga akan memberi kepuasan tersendiri saat menikmati sunrise-nya. 

12. Bukit Sikunir

Dataran tinggi Dieng juga menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Jawa yang sangat cocok untuk menikmati keindahan sunrise. Salah satu spot terbaiknya terletak di Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dengan ketinggian 2.306 mdpl. Menariknya, Eigerian tidak perlu repot-repot mendaki Bukit Sikunir, karena jalan menuju ke puncak bukit ini sudah dilengkapi anak tangga untuk menuju puncaknya. Dari puncak bukit inilah Eigerian akan disuguhi keindahan panorama dataran tinggi Dieng dengan cahaya langit keemasan yang menjadi latarnya.

13. Gunung Mahawu

Di Sulawesi Utara, ada gunung rendah pula bernama Gunung Mahawu yang juga menyimpan pesona sunrise luar biasa. Hanya perlu waktu kurang dari 30 menit, Eigerian sudah bisa berada di puncak Mahawu dari pintu pendakian pertama. Dari atas sana, sekitar pukul 5 pagi Waktu Indonesia Tengah, langit akan mulai membiru yang menandakan matahari akan segera naik. Mulailah terlihat gunung-gunung di sekitarnya yang semakin menambah pesona puncak Gunung Mahawu ini.

14. Gunung Lokon

Lalu ada Gunung Lokon di Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara, yang juga tidak boleh ketinggalan. Sebagai salah satu dari delapan gunung api aktif di Sulawesi Utara, Gunung Lokon ini merupakan gunung yang menjulang paling tinggi di provinsi Sulut. Meskipun tingginya hanya 1.580 mdpl, tapi sebagai gunung tertinggi tentu Gunung Lokon akan memberimu panorama yang spesial, terutama sunrise. Hanya tinggal trekking dari bawah, Eigerian sudah bisa menikmati momen sunrise dari atas titik tertinggi Sulawesi Utara ini. 

Baca juga: 5 Fakta Puncak Jaya, Bagaimana Kondisi Salju Abadi di Papua? 

Tips Agar Mendapatkan Sunrise Terbaik di Gunung

gunung di indonesia dengan sunrise terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Mendaki gunung untuk menikmati sunrise di puncaknya memang akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan bisa menjadi momen yang tak terlupakan. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mendaki gunung demi menikmati sunrise di puncak:

  1. Lakukan persiapan fisik sebelum mendaki dengan berolahraga secara teratur dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, siapkan juga mental yang kuat untuk menghadapi tantangan serta ketidaknyamanan selama pendakian.
  2. Kenali rute pendakian yang akan diambil, termasuk tingkat kesulitan, jarak, waktu tempuh, dan fasilitas yang tersedia di sepanjang perjalanan. Buatlah rencana perjalanan yang matang termasuk juga waktu keberangkatan, tempat istirahat, dan estimasi waktu tiba di puncak sebelum sunrise.
  3. Pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan selama pendakian, termasuk juga pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca, perlengkapan makanan dan minuman yang cukup, alat navigasi seperti peta dan kompas, serta peralatan keamanan seperti senter dan peralatan medis pertolongan pertama.
  4. Untuk menikmati sunrise di puncak, Eigerian perlu memulai pendakian dari pos awal dengan waktu yang cukup agar tiba di puncak sebelum matahari terbit. Jangan lupa perhatikan estimasi waktu tempuh dan persiapkan waktu yang cukup untuk istirahat dan perjalanan.
  5. Jangan lupa pantau perkiraan cuaca sebelum mendaki dan selama perjalanan. 
  6. Selama pendakian, tetaplah waspada terhadap kondisi jalur, potensi bahaya, dan perubahan cuaca yang cepat. 
  7. Setibanya di puncak sebelum sunrise, temukan tempat yang cukup nyaman dan aman untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Nikmatilah momen itu dengan tenang, hargai keindahan alam, dan ambil foto jika memungkinkan.

Baca juga: Kenapa Daerah Pegunungan Dingin? Temukan Jawabannya

Dengan persiapan yang matang, pengalaman mendaki gunung untuk menikmati sunrise di puncak tentunya akan menjadi momen yang memuaskan dan berkesan. Tapi ingat, tetaplah menghargai alam dan selalu prioritaskan keselamatan selama perjalanan, ya!

Untuk mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan mendaki gunung di Indonesia dengan sunrise terbaik, Eigerian bisa mendapatkan semua produk original dan berkualitas dari EIGER. Langsung saja kunjungi website resmi EIGER Adventure dan cek semua koleksi terbarunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru