HomeTips & TrickRidingHelm Standar SNI: Ukuran, Bahan, dan Spesifikasinya

Helm Standar SNI: Ukuran, Bahan, dan Spesifikasinya

Helm jadi komponen utama dalam berkendara dengan sepeda motor. Tak bisa ditinggalkan, helm jadi hal yang wajib digunakan sebagai salah satu pengaman untuk melindungi diri. Helm dapat melindungi pengendaranya dari cedera vital yang mengenai kepala. Dengan alasan tersebut lah pemerintah Indonesia menetapkan standarisasi yang dilakukan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Kini standar itu telah memiliki acuan sendiri melalui Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini tertuang dalam ketentuan SNI 1811-2007, dan amandemennya, yakni SNI 1811-2007/Amd:2010, tentang Helm Pengendara Kendaraan Roda Dua.

Yuk Simak, Jadi Apa Syarat dan Mutu Helm Standar SNI?

Standarisasi bertujuan untuk menjamin mutu helm yang kini beredar di pasaran. Standarisasi ini meliputi berbagai hal mulai dari segi konstruksi helm, material, dan mutunya. Ini berlaku untuk jenis helm open face atau full face. 

Terkait syarat mutu, material helm harus memenuhi tiga ketentuan, yakni :

1. Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam. Tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celcius sampai 55 derajat Celcius selama paling sedikit 4 jam. Juga tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya. Konstruksi helm SNI.(Badan Standardisasi Nasional)

2. Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu.

3. Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit. Juga tidak boleh mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Helm Standar SNI Juga Memiliki Standar Konstruksinya Sendiri, Berikut Detailnya!

  1. Helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu.
  2. Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 mm diukur dari puncak helm ke bidang utama, yaitu bidang horizontal yang melalui lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata.
  3. Keliling lingkaran bagian dalam helm adalah S (antara 500 mm– 540 mm, M (540 mm – 580 mm), L (580 mm – 620 mm), XL (lebih dari 620 mm).
  4. Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogen kemampuannya, tidak menyatu dengan pelindung muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat.
  5. Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung, dengan tebal sekurang-kurangnya 10 mm dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm.
  6. Tali pengikat dagu lebarnya minimal 20 mm dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk, Konstruksi helm half face yang sesuai SNI.
  7. Tempurung tidak boleh ada tonjolan keluar yang tingginya melebihi 5 milimeter dari permukaan luar tempurung dan setiap tonjolan harus ditutupi dengan bahan lunak dan tidak boleh ada bagian tepi yang tajam.

Standar ini dikutip dari laman resmi BSN yang mengacu langsung pada 1/add. 21/Rev.4 dari E/ECE/324 dan E/ECE/TRANS/505, yang juga mengacu pada ketentuan Economic Community of Europe (ECE) yang diadopsi oleh lebih dari 50 negara di dunia.

Baca Juga: Jenis-Jenis Helm dan Kegunaannya, Pahami Biar Tambah Safety! –

Beli Helm Standar SNI Disini!

Tahukah kamu, selain peralatan untuk mendaki gunung EIGER juga punya koleksi apparel, aksesoris, tas dan perlengkapan riding loh. Cek riding series dari eiger hanya di website resmi EIGER Adventure ya. Temukan berbagai pilihan apparel sampai helm dari EIGER. Dengan harga terbaik, kamu bisa mendapatkan pengalaman belanja online yang tak terlupakan. Dengan customer service 24 jam, Eigerian bisa dengan cepat mendapatkan informasi seputar promo, produk terbaru, dan tips lainya. Checkout hanya di website resmi EIGER ya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru