HomeTips & TrickRidingJenis-Jenis Helm dan Kegunaannya, Pahami Biar Tambah Safety!

Jenis-Jenis Helm dan Kegunaannya, Pahami Biar Tambah Safety!

Penggunaan helm wajib bagi pengendara motor, peraturan ini bahkan sudah tercantum pada undang-undang lalu lintas. Helm dimaksudkan untuk melindungi diri dari gangguan saat berkendara dan menjaga keselamatan diri dari benturan atau kecelakaan yang bisa saja terjadi. Dengan pentingnya peran helm dalam berkendara, maka perlu bagi para pengguna helm untuk memilih helm terbaik dan ternyaman sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli cek yuk lebih jauh mengenai jenis-jenis helm!

Ketahui Jenis-Jenis Helm, Pilih Sesuai Kebutuhanmu! 

Helm Full Face

Untuk perlindungan maksimal Eigerian bisa memilih jenis helm full face, helm ini menutup seluruh wajah penggunanya. Jika dibandingkan dengan jenis-jenis helm lain, helm ini tentu dirasa paling aman melindungi bagian kepala hingga dagu. Helm ini didesain khusus untuk para pengendara yang memiliki rute jarak jauh.

Terdapat pelindung di bagian dagu dan pipi sehingga mampu lindungi bagian rahang dengan maksimal. Inilah yang menjadi alasan mengapa helm fullface dirasa paling aman untuk melindungi pengendara dari benturan hebat saat terjadi kecelakaan. Biasanya helm full face juga dirancang dengan fitur sponge yang menyerap keringat dan tahan bau agar helm ini bisa tetap nyaman digunakan walau dalam keadaan terik matahari.

Helm Modular

Sekilas, helm ini terlihat seperti helm full face. Namun pada bagian dagu dari helm modular ini bisa dibuka sehingga terasa lebih flexible. Cocok bagi Eigerian yang mungkin menginginkan keamanan maksimal yang diberikan helm full face namun tetap bisa flexible. Jenis-jenis helm memang beragam, namun helm modular ini juga jadi salah satu favorit para pengendara. Namun sayangnya, helm modular biasanya agak berat dibandingkan dengan helm pada umumnya. Selain itu tidak jarang jika kualitas helm di bawah rata-rata, engsel pada bagian dagu terasa agak longgar. Ini berbahaya jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, dagu tidak dapat terlindungi dengan baik. 

Helm Open Face

Tidak seperti helm full face, seperti namanya helm open face ini bersifat terbuka. Juga biasa disebut dengan helm ¾ helm ini sering dijumpai di pasaran dengan berbagai kualitas dan harga. Helm tidak terdapat pelindung dagu, dan pada area wajah terbuka dengan bebas. Namun helm ini lindungi area vital di sekitar kepala dengan baik karena terdapat visor di bagian depan.  Di sisi lain, helm ini lebih ringan dibandingkan dengan jenis helm yang lain. Bagi Eigerian yang baru menggunakan helm, bisa mencoba menggunakan helm open face terlebih dahulu.

Helm Off Road

Helm ini didesain khusus untuk melakukan perjalanan jauh dengan medan yang ekstrim. Sesuai dengan namanya helm ini dibuat untuk berkendara off road. Dengan perlindungan maksimal di bagian dagu dan terdapat sisi yang lebih panjang pada bagian depan untuk melindungi dari terik matahari. Helm off road dibuat lebih ramping pada bagian sisi kanan dan kirinya. Biasanya helm off road juga dibuat lebih menarik dengan warna yang menyala. 

Nah itu dia beberapa jenis-jenis helm yang bisa Eigerian sesuaikan dengan kebutuhan, Yang terpenting pastikan untuk selalu menggunakan helm dengan standar SNI saat berkendara, karena keselamatan lah yang utama. 

Baca Juga: Apa Tujuan Menggunakan Helm Saat Berkendara? Ini 5 Poinnya! 

Beli Helm EIGER Disini!

Eiger juga punya koleksi helm yang bisa kamu pilih loh, cek selengkapnya disini ya. Selain itu ada berbagai kebutuhan riding mu juga, dari mulai tas khusus, sarung tangan, dan aksesoris lainya. Beli di website resmi EIGER Adventure untuk dapatkan harga terbaik dengan pelayanan maksimal. Jika ada berbagai pertanyaan mengenai produk dan info promo lainya silahkan hubungi customer service kami.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments