HomeTips & TrickGreen & HealthyCiri-Ciri Hutan Hujan Tropis & 9 Tips Aman Eksplorasi Hutan

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis & 9 Tips Aman Eksplorasi Hutan

Jenis hutan sangat beragam dan kompleks, salah satunya adalah hutan hujan tropis atau tropical rainforest yang banyak tersebar di wilayah yang dilewati garis khatulistiwa. Hutan tropis yang ada di Indonesia tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dalam artikel ini akan diulas tentang seperti apa ciri-ciri dan manfaat keberadaan hutan hujan tropis bagi lingkungan. Pada bagian berikutnya juga akan diulas berbagai tips aman eksplorasi hutan tropis bagi Eigerian.

Apa itu Hutan Hujan Tropis?

Tropical rainforest atau hutan hujan tropis adalah hutan yang memiliki suhu udara panas, lembab, dan berbagai jenis pepohonan tinggi berdaun lebar tumbuh subur. Jenis hutan di wilayah iklim tropis ini biasanya terletak di sekitar garis khatulistiwa, termasuk Indonesia. Curah hujan di hutan tropis ini sekitar 100 inci atau 254 cm setiap tahunnya.

Indonesia memiliki jumlah hutan hujan yang paling luas dengan tingkat keragaman flora dan fauna yang tinggi. Keberadaan hutan hujan di Indonesia memiliki peran besar bagi keseimbangan oksigen di bumi, sehingga sangat penting kita jaga dan lestarikan bersama untuk generasi di masa mendatang. 

Selain di Indonesia, habitat tropical rainforest juga tersebar di belahan dunia lainnya, kecuali Antartika, yang dilalui garis khatulistiwa. Hutan hujan terbesar di dunia mengelilingi Sungai Amazon di Amerika Selatan, Sungai Kongo di Afrika, India bagian barat, pulau-pulau tropis di Asia Tenggara, dan sebagian wilayah Australia.

Seperti Apa Ciri-Ciri Tropical Rainforest?

1. Tingkat keragaman flora dan fauna yang tinggi

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya, hutan menjadi rumah bagi lebih dari separuh spesies tumbuhan dan hewan di dunia, di mana sepetak lahan seluas 10 km persegi bisa menampung ratusan hingga ribuan spesies bunga, pohon, burung, dan kupu-kupu. 

2. Curah hujan tinggi

Kawasan tropical rainforest biasanya mengalami hujan setiap tahun dengan curah hujan tinggi. Pada tingkat curah hujan yang ekstrem bisa mencapai rata-rata 10.000 mm per tahun, seperti yang biasa ditemukan di hutan sekitar Papua Nugini dan barat Kolombia.

Untuk hutan hujan di sekitar Asia Tenggara, curah hujannya diperkirakan mencapai 3.000 mm per tahun. Sementara di hutan Basin Amazon sekitar 2.000 – 3.000 mm dan curah hujan di hutan Afrika sekitar 1.500 – 2.000 mm.

3. Letak sinar matahari

Posisi sinar matahari di wilayah dengan iklim tropis berada di kisaran lintang 5°-10° ke utara dan selatan garis khatulistiwa. Maka dari itu, keuntungan hutan hujan biasanya mendapatkan penyinaran penuh dan optimal dari matahari sepanjang tahun.

4. Tingkat kelembapan dan suhu

Hutan hujan memiliki rata-rata temperatur yang stabil, sekitar 20°-34° C. Biasanya, tropical rainforest di wilayah Asia memiliki kelembapan udara yang tinggi disebabkan oleh tingginya curah hujan. Kelembapan yang tinggi ditandai dengan sering munculnya kabut di dalam hutan karena banyaknya penguapan air dari tanah dan dedaunan. 

3. Memiliki banyak pohon lebat yang tersebar

Ciri-ciri tropical rainforest berikutnya yang bisa diamati adalah tingginya jumlah pohon yang lebat dan rimbun, yang nampak saling menyatu dan seakan-akan memiliki kanopi pada bagian atas. Sebagian besar pohon yang tumbuh di hutan tropis juga memiliki karakteristik daun dengan ukuran lebar serta bercabang. 

Manfaat Tropical Rainforest bagi Lingkungan

Sumber: Freepik.com

Tahukah Eigerian apa saja manfaat utama keberadaan tropical rainforest bagi lingkungan? Harus kamu ketahui, hutan hujan menyimpan sekitar 25% dari seluruh karbon terestrial (darat) dan juga menjadi ekosistem darat yang paling penting untuk mitigasi perubahan iklim.

Banyaknya pepohonan lebat yang ada di daerah tropis sangat bermanfaat bagi keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Di antaranya mengubah energi sinar matahari dan menarik karbon beracun dari atmosfer kemudian diproses di dalamnya untuk menghasilkan oksigen yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup. 

Tidak hanya berfungsi sebagai penyerap karbon, hutan juga menyediakan udara segar, air, makanan, tempat berlindung, dan memenuhi kebutuhan makhluk hidup.  

Manfaat keberadaan hutan tropis bagi lingkungan adalah sebagai pengatur iklim cuaca dengan melepaskan kadar kelembapan ke udara dalam jumlah besar setiap harinya karena tingginya curah hujan di wilayah tropis. 

Untuk mempertahankan curah hujan dan kelembapan yang ideal untuk lingkungan, maka Jumlah dan keragaman pepohonan di hutan tropis harus dijaga dengan baik. 

Perlu pemberantasan maraknya aktivitas penebangan liar di hutan yang bisa memengaruhi curah hujan dan pola cuaca. Curah hujan yang berkurang bisa mengurangi jumlah uap udara yang menutupi lautan sehingga menyebabkan badai intensif. 

Selanjutnya, manfaat dari segi sosial, hutan memberikan hubungan timbal balik antara alam dan manusia. Hutan menyediakan banyak kebutuhan yang diperlukan oleh manusia, sehingga sudah selayaknya manusia menjaga dan melestarikan alam sehingga tercipta keseimbangan. 

Ikuti Tips Aman Eksplorasi Hutan Hujan Tropis

Sebagai negara dengan luas tropical rainforest terbesar ketiga di dunia setelah hutan Amazon dan Kongo, Indonesia cocok dijadikan destinasi ecotourism bagi semua kalangan yang ingin mengeksplorasi kekayaan hutan. Jika Eigerian berminat, ada banyak opsi travel yang menawarkan eksplorasi hutan tropis di beberapa wilayah. Sebelum terjun langsung ke hutan, simak dulu tips aman eksplorasi hutan tropis berikut ini. 

  1. Pastikan tubuh dalam kondisi bugar, kuat, dan sehat sebelum melakukan eksplorasi di hutan.
  2. Memakai pakaian yang ringan, cepat kering, dan mudah menyerap keringat. Disarankan juga untuk memakai celana panjang yang ringan untuk mencegah paparan tanaman beracun dan serangga. Kamu bisa memilih berbagai koleksi produk pakaian berkualitas untuk aktivitas outdoor dan hiking dari EIGER di sini.
  3. Untuk melindungi kaki, gunakan sepatu anti licin dan kaos kaki. Pilihlah sepatu gunung yang ringan, nyaman pada dasarnya, dan tahan segala medan di hutan. Untuk trekking aman, pilihlah sepatu yang tingginya sedikit di atas sendi pergelangan kaki. Kamu bisa memilih berbagai produk sepatu gunung berkualitas dari EIGER di sini.
  4. Membawa ransel atau backpack untuk membawa barang pribadi yang diperlukan. Mulai dari wadah minum isi ulang, sleeping bag, trekking pole, jaket, jas hujan, kacamata, senter, matras, dan persediaan makanan.
  5. Mengoleskan sunblock lotion dan memakai topi untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari yang kuat. 
  6. Membawa lotion anti nyamuk dan serangga. 
  7. Jika berencana membawa perlengkapan elektronik (kamera, lensa, power bank, handphone, dan lainnya, harus disimpan dalam kantong plastik tambahan yang kedap air.
  8. Membawa kotak P3K yang berisi obat-obatan pribadi seperti obat anti diare, oralit, antihistamin, aspirin, dan antibiotik.
  9. Patuhi semua peraturan di wilayah hutan setempat dan instruksi yang diberikan oleh pemandu. 

Baca juga: Inspirasi Outfit Wisata Alam dengan Tema Earth Tone

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri, manfaat, hingga tips aman eksplorasi hutan hujan tropis yang bisa Eigerian terapkan. Sebagai wujud melestarikan alam, kita wajib menjaga hutan dari segala bentuk kerusakan, seperti penebangan liar hingga perburuan liar. Ini adalah komitmen kita bersama untuk menjaga hutan tetap lestari dan seimbang demi masa depan generasi mendatang.

Agar aktivitas eksplorasi hutan semakin aman dan nyaman, lengkapi semua perlengkapan yang dibutuhkan di hutan. EIGER Adventure menyediakan beragam peralatan dan perlengkapan untuk eksplorasi hutan mulai dari pakaian dan celana dry fit, backpack tahan air, sepatu outdoor, senter, topi, sleeping bag, tenda, dan masih banyak lagi. 

Selalu belanja di situs resmi Eiger Adventure, karena Eigerian akan mendapatkan benefit ongkir gratis, jaminan produk ori, harga terbaik, dan opsi pembayaran yang beragam untuk semua metode yang diinginkan. Rencanakan agenda pendakian sekarang, dan mari menjelajah bersama Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru