HomeTips & TrickMountaineeringIni Lho 5 Tempat Camping Di Bandung yang Recommended!

Ini Lho 5 Tempat Camping Di Bandung yang Recommended!

Sepertinya Bandung memang menjadi salah satu kota yang cukup istimewa di Indonesia. Selain memang merupakan ibu kota dari Jawa Barat, Bandung yang secara alami memiliki hawa sejuk dan relief pegunungan juga memiliki banyak tempat camping. Tempat camping di Bandung sangat beragam, sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera kamu.

Berkat kombinasi sempurna antara kondisi alam yang memang berupa pegunungan dan kreativitas warganya yang luar biasa, berbagai konsep tempat camping tersedia. Dari yang menawarkan nuansa benar-benar di tengah hutan, hingga kemah mewah atau glamping, semua tersedia.

Untuk memberikan beberapa referensi, kamu bisa lihat tempat camping di Bandung yang ada di daftar di bawah ini.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang, Pasir Jambu

tempat camping di bandung
Gambar hanya ilustrasi

Pertama ada tempat camping di Bandung dengan nuansa yang sangat alami. Camping ground ini bernama Ranca Cangkuang, dan tepatnya berada di Jalan Mekarsari, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Terbilang cukup menarik, karena di Ranca Cangkuang terdapat tiga blok berbeda yang memiliki keunikannya masing-masing. Blok atas dan blok tengah misalnya, merupakan kawasan bukit rerumputan yang bisa dijadikan tempat mendirikan tenda. Di blok atas juga terdapat satu kawasan rawa kering.

Di blok bawah, kamu bisa mendirikan tenda di pelataran rumput datar yang ada di tepi sungai. Tentu saja, karena lanksapnya demikian, lokasi ini banyak jadi pilihan favorit berkemah bersama rombongan. Jika tak ingin repot, kamu bisa mencoba fasilitas glamping yang disediakan.

Bale Bambu, Tempat Camping Di Bandung yang Terjangkau

Jika Ranca Cangkuang menawarkan opsi beragam titik berkemah dan bahkan tempat glamping, maka Bale Bambu Adventure Bandung bisa memberikan harga yang lebih menarik. Terjangkau dan cocok untuk acara gathering kelompok besar, kamu bisa mengajak teman kantor atau keluarga datang kesana.

Lokasinya ada di Jalan Raya Soreang-Ciwidey Nomor 321, Sadu, Kecamatan Soreang, Bandung, Jawa Barat. Tidak terlalu jauh jika dilihat dari beberapa lokasi atau tempat wisata lain yang bisa kamu sambangi saat berkemah di bumi perkemahan ini.

Selain berkemah kamu juga bisa rafting dengan peralatan lengkap dan pemandu yang handal. Untuk paket camping, setiap tenda akan dikenakan rate sekitar Rp 200.000 saja, sudah termasuk sleeping bag, makan, dan fasilitas api unggun dan pendukung lainnya.

Cukup menarik bukan?

Baca Juga : Jangan Abaikan Tips Ini Kalau Ingin Staycation Seru Bareng Sahabat

Pine Forest Camp Di Lembang

tempat camping di bandung
Gambar hanya ilustrasi

Nah bergeser ke area Lembang, kamu bisa singgah ke Pine Forest Camp untuk mendapatkan tempat camping di Bandung yang nyaman. Terletak di Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, lokasinya tak jauh dari The Lodge Maribaya, tempat yang populer untuk glamping.

Daya tarik utama yang dimiliki tempat camping ini adalah bahwa lokasinya berada di area pegunungan yang sejuk. Tempat mendirikan tenda terletak di tengah padang rumput, yang dikelilingi hutan pinus yang masih asri. Jadi dapat dipastikan udara segar akan kamu dapatkan setiap saat.

Lebih menyenangkannya lagi kamu tak perlu menyiapkan peralatan camping sendiri karena semua sudah disiapkan di sana. Mulai dari tenda, sleeping bag, kursi lipat, hingga toilet dan api unggun, kamu tinggal menyiapkan budget saja.

Singgah Ke Sunan Ibu Sunrise Point

Memang sebenarnya Sunan Ibu Sunrise Point, seperti namanya, adalah spot untuk menikmati momen matahari terbit saat pagi hari. Namun jangan salah, tempat ini juga memiliki area camping yang cukup nyaman, sehingga tak sedikit orang yang sengaja berkemah di sana untuk menantikan sunrise menawan yang ditawarkan.

Lokasinya ada di Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2018 lalu, terhitung masih baru ya? Kondisi fasilitas dan lokasinya masih sangat baik, karena pengelola juga cukup ketat menerapkan aturan agar semua merasa nyaman.

Meski demikian untuk berkemah di lokasi ini, kamu wajib mengajukan permintaan izin ke pengelola setempat. Tujuannya agar jumlah orang yang berkemah tetap bisa dibatasi, sehingga semua bisa merasa nyaman dan alam tidak terus terdampak kegiatan manusia terlalu banyak.

Opsi Menarik Jungle Milk Jayagiri

tempat camping di bandung
Gambar hanya ilustrasi

Nah tempat camping di Bandung rekomendasi kami yang terakhir di artikel ini adalah Jungle Milk Jayagiri, tempat ini terletak di kawasan Lembang, dan cukup mudah dijangkau.

Kamu bahkan bisa memilih sendiri mana lokasi dan fasilitas yang diinginkan. Misalnya saja, paket Camping Mandiri, yang memungkinkan kamu merasakan sensasi membangun tenda dan membawa semua peralatan sendiri. Atau mungkin Camping Manja, yang sudah dibantu pendirian tenda dan fasilitas lengkap. Bahkan Camper Van, yang bisa menggunakan mobil sebagai tempat berkemah.

Baca Juga : 7 Puncak Gunung Tertinggi Favorit di Pulau Jawa

Kelima tempat camping di Bandung di atas semoga bisa jadi rekomendasi yang menarik untuk kamu semua. Tentu saja, untuk persiapan, sangat direkomendasikan kamu membawa peralatan berkualitas dari Eiger Adventure. Lengkap dan terjamin mutunya, Eiger Adventure akan jadi partner camping terbaik untuk kamu dan semua rombongan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments