HomeTips & TrickMountaineeringGunung Prau: Memahami Jalur Pendakian dan Waktu Terbaik untuk Mendaki

Gunung Prau: Memahami Jalur Pendakian dan Waktu Terbaik untuk Mendaki

Gunung Prau, sebagai puncak tertinggi dataran Dieng menyimpan sejuta keindahan yang sangat populer di kalangan pendaki. Gunung ini bukan termasuk gunung berapi. Jadi, tak heran jika banyak pendaki yang berdatangan. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl, terletak di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah. Tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Berencana mendaki Gunung Prau? Pastikan Eigerian simak artikel ini sampai habis! 

Melansir informasi dari akun Instagram @basecamo_prau_igirmranak, semua jalur pendakian Gunung Prau dibuka kembali untuk umum mulai tanggal 4 September 2021. Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI), ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaki. Yaitu menunjukan surat vaksin, membawa surat sehat dan fotocopy identitas, serta menaati protokol kesehatan dan peraturan yang berlaku. Kuota pendakian adalah sebanyak 25 persen. 

Berapa Lama Waktu Pendakian di Gunung Prau? 

gunung prau

Meskipun waktu pendakian Gunung Prau diestimasikan hanya 3-4 jam dari basecamp menuju puncak, namun tidak dapat disangkal bahwa waktu tempuh tergantung pada jalur dan kondisi fisik masing-masing pendaki. 

Jalur pendakian via Kalilembu

Mengutip informasi Jalur Virtual Prau dalam akun Instagram @prau_mountain, waktu pendakian hanya 3 jam 20 menit. Dari basecamp Kalilembu menuju Pos 1 Lemah Tugel dan dari Pos 1 Lemah Tugel menuju Pos 2 Bukit Pandang, masing-masing waktu tempuhnya adalah 45 menit. Sedangkan dari basecamp menuju Pos 2 adalah 1 jam 30 menit. Kemudian, waktu tempuh dari Pos 2 Bukit Pandang ke Pos 3 dan dari Pos 3 ke Puncak 2.590 mdpl masing-masing adalah 30 menit. Selanjutnya, perjalanan dari basecamp ke Puncak 2.590 mdpl adalah 2 jam. Dari Puncak 2.590 mdpl menuju Camp Telaga Wurung adalah 10 menit, dan dari Camp Telaga Wurung ke puncak adalah 40 menit.

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa estimasi waktu pendakian selama 3 jam 20 menit belum termasuk berapa sering seorang pendaki berhenti untuk istirahat dan berapa lama mereka akan istirahat. Selain itu, estimasi waktu tersebut juga belum memperhitungkan kondisi fisik seseorang. Seperti apakah mereka tidak bisa mendaki dengan cepat, dan lain sebagainya.

Jalur pendakian via Igirmranak

Untuk pendakian via Igirmranak, jika diasumsikan seorang pendaki memulai perjalanan sekitar pukul 15.00 WIB, maka ada kemungkinan mereka akan tiba di puncak sekitar pukul 19.00 WIB. Jadi, waktu pendakian Gunung Prau via Igirmranak adalah sekitar 4 jam. Estimasi waktu pendakian ini sudah mencakup beberapa kali berhenti untuk istirahat.

Jalur pendakian via Wates

Lama pendakian Gunung Prau via Wates adalah sekitar 2,5 jam dari basecamp menuju puncak Bukit Rindu. Selanjutnya, dari puncak Bukit Rindu kita bisa lanjutkan perjalanan ke sunrise camp Patak Banteng sekitar 15-30 menit. Jika dijumlahkan, waktu pendakian pada jalur Wates adalah sekitar 3 jam hingga 3 jam 30 menit. Namun jika ingin memangkas waktu pendakian, atau sekadar menghemat tenaga, kita bisa memanfaatkan layanan ojek dari basecamp menuju Pos 1.

Jalur pendakian via Dwarawati

Jalur pendakian yang akan melewati Candi Dwarawati ini memiliki estimasi waktu pendakian sekitar 2 jam 30 menit, atau 3 jam. Setibanya di puncak, kita perlu melanjutkan pendakian menuju sunrise camp Patak Banteng dengan lama pendakian sekitar 15-30 menit.

Jalur pendakian via Patak Banteng

Patak Banteng adalah jalur pendakian Gunung Prau yang paling digemari oleh para pendaki. Pasalnya, rute pendakian ini terbilang lebih singkat dibandingkan jalur lain. Rute Patak Banteng dianggap sebagai rute yang paling dekat dengan puncak Prau. Lama pendakian Gunung Prau via Patak Banteng adalah sekitar 4 jam, termasuk jalan santai dan istirahat.

Jalur pendakian via Dieng

Lama pendakian Gunung Prau via Dieng adalah sekitar 3-4 jam, jika dimulai dari basecamp menuju puncak. Treknya yang landai, dianggap sangat cocok untuk dilalui para pendaki santai. Sembari menapakkan kaki di rute dengan trek yang cukup panjang, jangan lupa untuk menikmati pemandangan bukit dan juga hutan di sepanjang jalur.

Kapan Waktu Terbaik Mendaki? 

gunung prau

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Prau adalah saat matahari masih terlihat, supaya memudahkan navigasi saat pendakian. Kendati demikian, pilihan waktu tergantung pada kebutuhan masing-masing. Jika ingin berburu pemandangan matahari terbenam, waktu terbaik mendaki bisa dilakukan pada siang atau sore hari. Untuk perjalanan pukul 15.00 WIB, pemandangan matahari terbenam di Bukit Cendani yaitu sebuah spot di jalur pendakian via Igirmranak akan terlihat dengan jelas.

Selain waktu, cuaca juga perlu diperhatikan sebelum mendaki Gunung Prau. Cuaca terbaik untuk mendaki adalah pada saat cuaca sedang cerah. Saat cuaca cerah, kita dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat apik. Sebelum mendaki, yuk lengkapi peralatan outdoor dari Eiger Adventure. Selain berkualitas, produk terbaru Eiger hadir dengan desain menarik dengan harga ramah kantong.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru