HomeTips & TrickMountaineeringPacking Adalah Persiapan Wajib Sebelum Pendakian, Jangan Sampai Terlewat!

Packing Adalah Persiapan Wajib Sebelum Pendakian, Jangan Sampai Terlewat!

Packing adalah mengemas perlengkapan yang diperlukan untuk mendaki gunung. Hal ini penting dilakukan karena menjadi poin dasar untuk mengatur keseimbangan beban agar tetap nyaman saat perjalanan. Menyusun perlengkapan pendakian merupakan sebuah seni tersendiri. Di mana seluruh kebutuhan perlengkapan yang cukup banyak dan berat, harus masuk seluruhnya ke dalam carrier.

Menge-pack atau packing yang baik itu sangat penting dilakukan. Sebab, jika dilakukan asal-asalan, maka carrier akan terasa tidak nyaman di punggung dan berat antara kiri dan kanannya tidak seimbang. Terkadang carrier akan terasa lebih berat karena beban yang bertumpu pada pundak dan pinggang yang tidak pas. Di mana nantinya akan berpengaruh terhadap stamina dan kestabilan tubuh, sehingga dapat membahayakan kita pada saat melakukan pendakian. Terlebih saat kita melewati jalur pendakian yang ekstrim.

Mendaki gunung dan packing adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimana tidak, mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan mountaineering yang memiliki resiko cukup tinggi. Di gunung, kita sama sekali jauh dari segala modernisasi dan kelengkapan fasilitas yang biasa kita nikmati di kehidupan sehari-hari. Kondisi alam di gunung tidak dapat diprediksi secara pasti, kita dituntut mampu menghadapi sampai batas maksimal untuk dapat bertahan hidup, dengan menghadapi cuaca yang tiba-tiba cepat berubah menjadi ekstrim, berpeluang bertemu dengan satwa liar, minim sumber air, dan berbagai tantangan alam lainnya. Itulah mengapa, peralatan yang kita persiapkan saat packing adalah hal penting yang harus diperhatikan. Karena peralatan yang kita packing adalah modal untuk bertahan hidup di alam bebas. 

8 Tips Packing Perlengkapan Pendakian

packing adalah
Sumber: Freepik

Nah, di bawah ini ada beberapa tips packing sederhana yang dapat kita terapkan ketika akan melakukan pendakian gunung atau beraktivitas di alam bebas lainnya. Jadi, pastikan kita tidak melakukan packing sembarangan, ya! Bukankah salah satu tujuan kita naik gunung adalah ingin liburan dan melepas penat? Termasuk mendapatkan foto-foto terbaik kita di puncak gunung sana. Jadi, jangan rusak liburan kita dengan persiapan yang tidak matang. Kalau kita sudah berniat mendaki gunung, langsung saja simak beberapa tips dan trik packing perlengkapan pendakian berikut ini! 

  1. Barang-barang yang lebih berat dapat diposisikan setinggi dan sedekat mungkin dengan badan.
  2. Sedangkan barang-barang yang relatif lebih ringan seperti sleeping bag, pakaian tidur, dan lainnya dapat ditempatkan di bagian bawah.
  3. Tempatkan barang-barang yang sewaktu-waktu diperlukan di bagian atas, atau pada kantong-kantong luar carrier, seperti ponco, P3K, kamera, botol, dan lainnya.
  4. Kelompokkan barang-barang, lalu masukkan ke dalam kantong warna-warni untuk memudahkan pengambilan, dengan bahan tidak tembus air. Terutama untuk pakaian tidur atau pakaian cadangan, pakaian dalam, kertas-kertas, buku, dan lainnya.
  5. Manfaatkan ruang-ruang kosong pada peralatan, seperti di peralatan masak atau kastrol sehingga akan lebih menghemat tempat. Ruang kosong tersebut bisa diisi dengan beras, telur, ataupun kebutuhan logistik lainnya.
  6. Buatlah checklist semua peralatan dan perlengkapan yang dibawa, kita juga bisa menambahkan info soal berat atau posisi menyimpannya agar packing menjadi lebih efisien. Buatlah checklist rangkap dua, satu untuk dibawa, satu untuk ditinggal di rumah, sehingga saat dibutuhkan di lapangan bisa langsung melihat catatan yang ada. Termasuk saat situasi darurat hilang di gunung, checklist kita akan sangat berguna bagi tim pencari.
  7. Gunakan carrier yang tepat. Sesuaikan kapasitasnya berdasarkan berapa lama pendakian akan dilakukan dan seberapa banyak dan berat perlengkapan yang akan dibawa.
  8. Berusahalah untuk membawa perlengkapan seefektif dan seefisien mungkin, agar tidak menjadi beban berlebih selama pendakian. Bawalah perlengkapan yang benar-benar akan terpakai di lapangan.

Packing adalah penentu kenyamanan saat mendaki gunung! 

packing adalah

Perjalanan mendaki gunung jangan dianggap sepele. Segala sesuatunya tentu harus dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya fisik saja, namun pertimbangan barang yang akan kita bawa, dan bagaimana cara packing juga menjadi perhatian penting. Karena, packing adalah salah satu penentu kenyamanan selama mendaki gunung. Maka selalu ingat, bahwa carrier yang kita bawa beserta seluruh isinya merupakan harta untuk bertahan hidup di alam bebas.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Eigerian lakukan saat packing sebelum melakukan pendakian gunung. Cukup mudah untuk dipahami, bukan? Kalau butuh tas carrier berkualitas, Eigerian dapat memilih salah satu koleksi terbaru di Eiger Adventure Store. Untuk mendapatkan harga terbaik, cek langsung website-nya di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru