HomeTips & TrickMountaineeringAda Banyak Manfaat dari Jelajah Alam Santai, Apa Saja?

Ada Banyak Manfaat dari Jelajah Alam Santai, Apa Saja?

Apakah selama ini Eigerian pernah melakukan kegiatan penjelajahan? Penjelajahan ini bisa diartikan sebagai suatu kegiatan perjalanan kaki yang biasanya dilengkapi dengan permainan atau petualangan. Nah, penjelajahan ini bisa dilakukan di alam terbuka. Ada  beberapa bentuk penjelajahan seperti jelajah alam bebas, jelajah pantai, jelajah sungai, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebelum melakukan aktivitas penjelajahan, tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Beberapa di antaranya adalah membuat rencana kegiatan penjelajahan terlebih dahulu, supaya pelaksanaan penjelajahan bisa berjalan dengan baik, aman, nyaman dan lancar.

Rancangan kegiatan penjelajahan biasanya berisi soal perkiraan waktu penjelajahan, penentuan lokasi dan biaya dan juga pembagian tugas. Sementara itu, persiapan penjelajahan bisa dilakukan dengan menyiapkan perlengkapan atau peralatan, serta menyiapkan mental dan fisik.

Bagi Eigerian yang tidak punya banyak waktu, bisa mencoba jelajah alam santai atau micro adventure. Micro adventure ini adalah konsep petualangan ringan yang mungkin dilakukan di sekitar tempat tinggal. Ide dasar micro adventure adalah merencanakan pelarian ke alam sekitar dari rutinitas harian yang cukup membosankan.

Kira-kira, apa sih tujuan dan manfaat dari jelajah alam?

Manfaat Jelajah Alam Santai

jelajah alam
Sumber: Eiger Adventure

Melakukan jelajah alam seperti di kawasan pantai, bukit, gunung, atau hutan, bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Kawasan ini tidak hanya menawarkan suasana tenang yang mampu menyegarkan pikiran saja, melainkan juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan jiwa dan raga. 

1. Menumbuhkan Keinginan untuk Menjaga Kelestarian Alam

Disadari atau tidak, nyatanya ada banyak orang yang tidak punya kepekaan untuk menjaga alam sekitar. Akibatnya, mereka bisa dengan mudah membuang sampah sembarangan, menebang pohon, membakar lahan, dan melakukan berbagai macam perbuatan destruktif lainnya. Mereka tidak sadar betapa bahayanya perbuatan itu, sampai akhirnya timbul bencana yang tidak terelakkan.

Nah, menghabiskan waktu di alam terbuka akan membuat kita bisa menyadari betapa indah dan hebat ciptaan Tuhan. Segala hal di alam menjalankan perannya masing-masing untuk menjaga kehidupan tetap berlangsung sebagaimana mestinya, dan jika ada satu elemen yang rusak, lainnya juga akan terganggu. Kalau sering mengunjungi alam, kesadaran untuk menjaganya akan semakin tumbuh.

Setidaknya, kita akan mencoba untuk berusaha dalam mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan kerusakan di sekitar. Dengan begitu, kelestarian alam bisa terus dipertahankan.

2. Melatih Fisik Supaya Lebih Sehat

Saat melakukan jelajah alam, sekali pun itu merupakan tempat wisata, kita diharuskan untuk menyusuri jalan yang terkadang cukup jauh. Tidak jarang, medan yang dilewati tidak terlalu mulus, misalnya jalan setapak, menanjak, ataupun jalan yang penuh dengan bebatuan. Menempuh jalur yang seperti itu memang bisa membuat tubuh merasa lelah. Tapi, jalan yang tidak mudah atau area yang luas itu justru bisa jadi sarana untuk berolahraga. Kita akan jadi lebih banyak bergerak dan berkeringat, sehingga fisik lebih terlatih dengan baik. Hal seperti inilah yang bisa membuat badan jadi lebih kuat dan bugar. 

3. Dapat Mengurangi Rasa Cemas

Alam menawarkan berbagai macam hal yang begitu memikat. Tidak hanya pemandangan indah pepohonan di berbagai sudut saja, akan tetapi elemen-elemen lainnya seperti udara segar, gemericik air sungai, suara kicau burung yang riang, hingga birunya langit juga tidak kalah luar biasa. Semua itu akan berpadu satu membentuk harmoni yang menjadi pelipur lara paling sempurna.

Lebih dari itu, menghabiskan waktu di alam sambil merasakan seluruh sensasi menenangkan juga bisa menimbulkan ketenangan. Dampak positif yang diperoleh selanjutnya adalah kecemasan juga bisa semakin berkurang. Melakukan jelajah alam sangat bermanfaat, bukan? 

Baca juga: Teknik & Tips Fotografi Alam yang Hasilnya Kece bagi Pemula

Yuk, Jelajah Alam Santai dan Nikmati Manfaatnya!

jelajah alam
Sumber: Eiger Adventure

Menghabiskan waktu luang dengan jelajah alam terbuka tidak hanya menenangkan pikiran yang lelah akibat rutinitas. Akan tetapi, jelajah alam juga bisa memberikan kenyamanan yang lebih dari itu. Suasana yang tenang, udara segar, hingga pemandangan yang menyejukkan mata nyatanya cukup membantu untuk mengurangi rasa cemas dan perlahan menumbuhkan kebahagiaan.

Tidak hanya itu saja, jelajah alam juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk latihan fisik, sehingga tubuh menjadi lebih kuat. Dan hasilnya, kesehatan jasmani maupun rohani bisa terjaga dengan baik.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Masak di Alam Bebas?

Rekomendasi Outfit Jelajah Alam dari EIGER

Di bawah ini ada beberapa fashion items dari EIGER yang bisa kamu pilih sebagai outfit jelajah alam santai. Yuk, cek koleksinya!

1. EIGER X-TROPIC MONSTERA SHIRT

jelajah alam

Nikmati momen jelajah alam santai yang penuh gaya dengan X-Tropic Monstera Shirt, kemeja kerah camp lengan pendek dengan corak dedaunan tropis. Dibuat dari bahan rayon yang ringan dan lembut, menjadikan kemeja ini bisa jadi pilihan tepat untuk memberi kenyamanan ekstra dalam penampilan sehari-hari.

2. EIGER PEDAUH SHORTS CARGO

jelajah alam

Hadir dengan bahan katun yang stretchy dan fitur banyak saku, Pedauh Short Cargo ini akan mendukungmu untuk bergerak dengan nyaman sambil membawa benda-benda esensial dengan mudah saat berkegiatan, termasuk saat jelajah alam. Bahan katun yang digunakan untuk membuat celana ini diproses dengan teknologi ozone yang lebih ramah lingkungan untuk menghemat bahkan lebih banyak air, energi, bahan kimia, serta mengurangi jejak karbon dalam proses pembuatan kainnya.

3. EIGER SATTLER SUNGLASSES

jelajah alam

Sattler dirancang untuk kegiatan jelajah alam dan pendakian, jadi dengan menggunakan kacamata ini kamu tetap bisa melihat dengan jelas objek yang ada di depan saat sedang mendaki di bawah terik sinar matahari. Kacamata ini dapat melindungimu dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan dan efek berbahaya pada mata.

4. EIGER PIRANHA 1.0 SHOES

jelajah alam

Jangan lupa lengkapi outfit jelajah alam santai dengan Piranha 1.0, yaitu sepatu low cut yang dirancang untuk kegiatan hiking ringan dan pemakaian harian. Sepatu ini didukung dengan fitur midsole berbahan EVA dan outsole berbahan rubber untuk cengkraman yang lebih baik. Insole ortholite memberikan bantalan, breathable, dan cukup ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman.

5. EIGER FORLOUGH 18 BACKPACK

jelajah alam

Untuk urusan tempat penyimpanan, pilih Forlough 18 yang punya kompartemen utama dan saku dalam. Pada bagian depan, ada saku untuk menyimpan barang bawaan dengan rapi dan mudah diakses. Fitur lainnya adalah dua saku tambahan di bagian samping sebagai tempat penyimpanan botol dan barang-barang lainnya.

Semua produk di atas bisa didapatkan dengan mudah, lho. Cukup belanja online dari rumah, Eigerian bisa mendapatkan berbagai macam produk original dan berkualitas dari EIGER. Langsung saja kunjungi website resmi EIGER dan jangan lupa manfaatkan promo yang ada, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru