HomeTips & TrickRidingJelajah Nusantara: Tips Touring Jawa-Bali dengan 8 Produk Riding

Jelajah Nusantara: Tips Touring Jawa-Bali dengan 8 Produk Riding

Eigerian pernah melakukan touring menjelajahi wilayah Pulau Jawa dan Bali? Ini bisa menjadi aktivitas traveling paling seru untuk jelajah nusantara, lho! Terlebih lagi jika pergi traveling bersama, keluarga, teman, atau pasangan yang sama-sama punya hobi touring yang sama. Dengan melakukan touring baik itu solo maupun grup, kamu akan menjajal experience seru menaklukan setiap medan yang dilalui. Seluruh tenaga dan waktu yang tidak sedikit diluangkan untuk touring akan terbayar dengan mampir di beberapa spot touring yang kamu lewati sepanjang Pulau Jawa hingga Bali. 

Bagaimana tips melakukan touring jelajah nusantara yang seru dan pastinya tetap aman? Cek ulasan selengkapnya berikut ini.

Tips Melakukan Touring Menjelajahi Nusantara

1. Kondisi Tubuh dan Sepeda Motor Prima

Pertama, pastikan dahulu bahwa kesehatan tubuh dan sepeda motor dalam kondisi prima untuk touring. Kamu bisa memeriksa kondisi motor secara mandiri atau dibawa ke bengkel resmi. Pastikan semua komponen sepeda motor dalam keadaan baik, dapat bekerja, dan jika diperlukan bisa lakukan perbaikan.

Persiapkan kondisi fisik dan mental sebelum berangkat jelajah nusantara. Lakukan olahraga, mengonsumsi makanan sehat, mengelola stres, dan kamu tidak memiliki riwayat sakit yang dapat membahayakan perjalanan.

2. Rencanakan Touring dengan Rinci dan Tepat

Pastikan perjalanan dan rute touring yang akan kamu lewati sudah direncanakan dengan baik. Cari tahu dan petakan seperti apa jalur-jalur touring yang akan dilewati. Rencanakan juga titik rest area, pengisian bahan bakar, dan tempat penginapan yang akan disinggahi dalam perjalanan jelajah nusantara.

Jangan lupa, perencanaan juga termasuk segala alat dan perlengkapan yang dibutuhkan selama touring. Ada banyak pilihan produk Eiger yang akan membuat aktivitas traveling jauh lebih seru dan nyaman. Jadi, jangan cemas melakukan perjalanan touring Pulau Jawa-Bali, ya!

3. Berkendara sesuai Aturan Lalu Lintas

Berkendaralah sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Taati semua rambu-rambu lalu lintas di setiap rute perjalanan dan hindari pelanggaran yang bisa mengancam keselamatan diri. 

4. Enjoy The Moment dan Jangan Buru-Buru

Touring sendiri maupun grup bukan tentang cepat mencapai tujuan dalam waktu singkat, namun lebih menikmati setiap momen perjalanan yang sudah direncanakan. Eigerian tidak perlu terburu-buru, cukup berfokus pada setiap momen yang dilewati saat berkendara. 

Wujudkan ketenangan selama perjalanan, dan usahakan perjalanan yang kamu lakukan sesuai dengan plan awal agar makin nyaman dan aman.

Rekomendasi Spot-Spot Touring di Pulau Jawa-Bali

Umbul Sidomukti, Semarang

Saat melintasi Semarang, kamu boleh mampir sejenak untuk beristirahat di Umbul Sidomukti. Letak spot wisata ini ada di Kecamatan Bendungan, Lereng Gunung Ungaran. Kamu bisa menikmati indahnya pegunungan hijau sembari menyeruput secangkir kopi hangat. Pemandangan alamnya yang indah sungguh dapat me-recharge tenaga selama touring. 

Kepulauan Karimunjawa, Jepara

Saat melintasi jalur pantai utara Jawa, kamu bisa merencanakan singgah mengunjungi Kepulauan Karimunjawa yang sangat populer karena keindahannya. Di sana kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil menyelam, berkeliling pulau-pulau, hingga menginap di penginapan.

jelajah nusantara
Gambar Pantai di Karimunjawa. Sumber: context.id dikutip dari laman Indonesia Travel

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Saat melintasi jalur pantai selatan Jawa, kamu bisa mampir sejenak di Pantai Banyu Tibo yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, “banyu tibo” merupakan istilah yang menandakan adanya air terjun di dekat pantai. 

Di dekat air terjun, kamu bisa melihat pepohonan khas pantai serta keberadaan tebing yang menjulang tinggi. Tempat ini cocok kamu kunjungi sebelum mengistirahatkan tubuh sebelum lanjut touring.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Ini adalah salah satu wisata paling populer yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jawa Timur. Taman nasional ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Ada tiga puncak penanjakan di Bromo yang bisa didatangi pengunjung. Dari atas puncak ini, Eigerian dapat menikmati pesona sunrise dan gagahnya Gunung Bromo, Batok, Widodaren, Watangan, Kursi, hingga Semeru dengan jelas.

Kawah Ijen

jelajah nusantara
Gambar Kawah Ijen. Credit image: jetsettogether.com

Sebelum menyeberang ke Bali, langsung saja mengunjungi Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire-nya. Penampakan blue fire yang luar biasa ini hanya ada dua di dunia. Untuk mencapai kawah Ijen, kamu tidak perlu khawatir berat saat mendakinya. Jalur pendakian Ijen sangat pemula-friendly dan bisa ditempuh selama 3 jam untuk sampai puncak. Waktu terbaik untuk mencapai ke Kawah Ijen adalah tepat sebelum matahari terbit. 

Setelah menyeberangi Selat Bali dari Pelabuhan Ketapang, lanjutkan perjalananmu mengunjungi Pulau Dewata yang menawarkan banyak spot keren untuk disinggahi. Mulai dari panorama alam dan budayanya yang sungguh kaya. 

Rekomendasi Produk Eiger yang Mendukung Aktivitas Riding

1. EIGER MUFFLER 20L BACKPACK – Rp449.000

Sumber: eigeradventure.com

Bawa semua perlengkapan touring-mu dan bersiap untuk jelajah nusantara dengan menggunakan ransel Muffler 20L. Tas ini mempunyai kompartemen utama dengan saku di bagian dalam yang muat untuk menyimpan dokumen. Ada juga saku di bagian depan dan atas untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan saat perjalanan. Untuk botol minum bisa diletakkan pada dua saku di bagian samping. Tas yang dibuat dari material Polyester ini cocok digunakan untuk menemanimu selama touring panjang.

2. EIGER PROMPTITUDE 1.1 JACKET – Rp769.000

Eiger Promptitude Jacket
Sumber: eigeradventure.com

Jaket Promptitude 1.1 siap menemanimu berkendara dengan perlindungan teknologi Tropic Repellent dan Tropic windblock. Pada bagian punggung ada sistem ventilasi, serta di area ketiak ada ventilasi eyelet. Jangan takut kepanasan saat memakai jaket ini karena sudah dilengkapi penutup kepala dengan adjuster. Terdapat saku depan dan saku samping yang bikin kamu makin nyaman memakai jaket dari 100% material Polyester ini. 

3. EIGER KROMOA CARGO PANTS – Rp639.000

Eiger Kromoa Cargo Pants
Sumber: eigeradventure.com

Kromoa cargo pants cocok dipakai untuk touring jarak jauh, camping, maupun untuk kegiatan harian. Celana yang punya banyak saku ini dibuat dengan kenyamanan dan keleluasaan bergerak. Sifat bahannya elastis dan reinforcement pada bagian belakang celana. Celana cargo ini nyaman banget kamu pakai karena dibuat dari 65% Polyester, 33% rayon, dan 2% elastane.

Cargo pants ini juga bisa dirubah style-nya menjadi celana pendek yang lebih santai dengan melepas resleting di atas lutut.  

4. EIGER KARLSKOGA WATCH – Rp479.000

Eiger Karlskoga Watch
Sumber: eigeradventure.com

Penggunaan jam tangan makin menyempurnakan penampilan Eigerian saat riding. Jam tangan Karlskoga Watch ini punya desain yang kece dan tampilan tangguh. Gabungan fitur 10 ATM water-resistant dan stopwatch dari Karlskoga watch siap menemanimu berkendara meski dalam kondisi hujan.

5. EIGER BASQIN FF GLOVES – Rp350.100

Eiger Basqin FF Gloves
Sumber: eigeradventure.com

Sarung tangan Basqin FF dari Eiger ini cocok untuk melengkapi tampilan anak touring yang kekinian. Gloves full-finger ini mempunyai penutup Velcro yang bisa diatur setelannya sesuai kebutuhan Eigerian.  Saat memakai sarung tangan ini dan akan mengoperasikan smartphone, gunakan fitur fingertip touchscreen yang ada di ujung ibu jari dan jari telunjuk. Basqin FF nyaman digunakan untuk berkendara sehari-hari karena dibuat dari material leather (goat skin) yang lembut dan ringan

6. EIGER VECCHIO HF HELMET – Rp849.000

Eiger Vecchio HF Helmet
Sumber: eigeradventure.com

Siap-siap riding menggunakan helm Vecchio FF. Helm half face hadir dengan desain retro yang unik dan bergaya klasik. Vecchio FF tentunya helm berstandar SNI yang sudah dilengkapi sistem pengunci double D-ring untuk keamanan pemakainya. Dilengkapi juga 3 snap untuk pengait PET visor, masker goggle, atau masker PU. 

7. EIGER RAZZA SS TEES – Rp209.000

Eiger Razza SS Tees
Sumber: eigeradventure.com

Razza SS tees adalah kaos lengan pendek yang memang sesuai dengan penampilan anak motor yang suka touring. T-shirt ini punya potongan klasik dengan desain yang simple untuk menemani kegiatan berkendara. Dibuat dari material CVC Recycle yang nyaman dan berkerah corong. Kaos pendek ini dilengkapi detail sablon grafis pada bagian depan yang cocok dipadukan dengan bawahan apapun. Tersedia dua warna, yaitu Light grey dan Black.

8. EIGER BALDR MID CUT SHOES – Rp645.050

EIger Baldr Mid Cut Shoes
Sumber: eigeradventure.com

Rekomendasi produk Eiger yang cocok menemanimu jelajah nusantara adalah Eiger Baldr Mid Cut yang nyaman digunakan selama perjalanan. Sepatu kece ini punya tampilan stylish dan bergaya klasik. Bagian atas dibuat dari bahan kanvas dan kulit suede, serta bagian solnya dilengkapi bantalan empuk.

Itulah beberapa tips touring jarak jauh serta rekomendasi spot wisata terbaik di Pulau Jawa bisa kamu jelajahi dengan mengenakan produk EIGER yang berkualitas.

Kapanpun dan dimanapun, Eigerian dapat memiliki koleksi produk EIGER original dan terbaru hanya di situs resmi Eiger Adventure. Belanja produk EIGER secara online makin mudah dengan berbagai metode payment mulai dari bank transfer, kartu kredit, paylater, hingga COD. Temukan semua produk EIGER favoritmu dengan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru