HomeTravelTeknik & Tips Fotografi Alam yang Hasilnya Kece bagi Pemula

Teknik & Tips Fotografi Alam yang Hasilnya Kece bagi Pemula

Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang memiliki hamparan keindahan alaminya yang luar biasa, mulai dari pantai, gunung, hutan, danau, sabana, dan masih banyak lagi. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alam Indonesia adalah dengan melakukan aktivitas fotografi alam. Nature photography saat ini banyak disukai oleh semua kalangan, terutama anak muda yang suka berburu hasil jepretan alam yang kece dan ciamik. Buat Eigerian yang hobi fotografi alam atau ingin mencoba pengalaman pertama memotret di alam terbuka, yuk simak tips dan teknik memotret di alam terbuka. 

Eigerian juga perlu mempersiapkan berbagai peralatan memotret dan outfit terbaik dari Eiger yang kami rekomendasikan pada artikel kali ini.

Siapkan Peralatan Terbaik untuk Fotografi Alam

Meskipun hanya dengan kamera biasa atau smartphone kamu bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, namun Eigerian perlu mempersiapkan gear terbaik untuk hasil bidikan yang lebih tepat. Berikut ini adalah daftar peralatan terbaik untuk memotret di alam terbuka.

  • Kamera DSLR: Untuk meningkatkan kualitas foto alam, kamera DSLR adalah kuncinya. Dengan kamera DSLR, kamu memiliki kontrol penuh untuk camera setting, mulai dari light sensitivity, kecepatan rana (shutter speed), dan lainnya. Didukung spesifikasi kamera DSLR yang lebih baik, maka akan membantumu memotret objek yang bergerak atau diam dengan pencahayaan yang sempurna.
  • Wide-angle Zoom Lens: Untuk membidik landscape yang luas, maka pakailah lensa sudut lebar (panjang fokus 50mm). Fotografi alam juga tentang detail objek yang dipotret, sehingga pemakaian lensa zoom dengan sudut lebar adalah opsi terbaik.
  • Tripod: Ini adalah peralatan tambahan yang fungsinya untuk membantu menstabilkan kamera. Tripod juga berguna untuk menangkap bidikan yang sama dalam jangka waktu tertentu, misalnya proses terbitnya matahari dan lainnya.

Teknik dan Tips Melakukan Fotografi Alam

Setelah Eigerian mempersiapkan gear yang dibutuhkan sebelum terjun ke alam, berikut ini adalah teknik dan tips fotografi alam untuk hasil jepretan yang ciamik dan anti gagal.

1. Perhatikan Pencahayaan dengan Baik

Pencahayaan adalah salah satu faktor terpenting saat melakukan fotografi landscape dan objek hidup seperti hewan di alam terbuka. Saat memotret di siang hari di mana sinar matahari terpapar langsung, hasil jepretan foto akan terlihat dinamis, mentereng, dan colorful. 

Nah, untuk menghindari lighting yang terlalu terang di siang yang terik, kebanyakan fotografer alam lebih suka memotret selama golden hour, tepat sebelum sunrise dan sebelum sunset. Cahaya alami yang lembut saat golden hour, menghasilkan kualitas foto yang natural, warm, dan romantic.

2. Memisahkan Subjek atau Objek dari Background Alam

Fotografi alam biasanya memotret subjek seperti tumbuhan, hewan, atau bunga, serta objek lain seperti pohon dan lainnya. Untuk hasil foto yang fokus, Eigerian perlu memisahkan subjek yang difoto dari background. 

Kamu harus melakukan beberapa adjustments untuk menempatkan elemen-elemen yang difoto dalam frame, mulai dari mengatur jarak antara subjek dan background agar keduanya terpisah. Jangan lupa gunakan aperture yang lebih lebar seperti f/2.0 atau f/2.8 yang menghasilkan background yang lebih blur.

3. Terapkan Sudut dan Perspektif yang Berbeda agar Menonjol

Fotografi di alam terbuka adalah tentang memotret segala objek yang membuat kamu senang dengan kreativitas tak terbatas. Temukan gaya memotretmu sendiri dengan mempelajari karya fotografer alam lainnya. 

Cobalah Eigerian untuk menggunakan sudut foto yang berbeda atau memilih potret close-up yang anti-mainstream, sehingga hasil fotonya lebih stand out atau menonjol

4. Hormati Alam dan Sekelilingnya

Saat Eigerian mengeksplorasi alam untuk mendapatkan hasil bidikan foto yang luar biasa, jangan lupa untuk selalu menghormati alam dan sekelilingnya. Karena alam memiliki objek yang sangat melimpah untuk difoto. Dengan rasa keingintahuan dan petualangan yang besar, Eigerian harus tetap menghormati alam dengan tidak merusaknya untuk mendapatkan gambar yang luar biasa.

5. Tidak Berhenti Berlatih untuk Mengasah Skill Memotret

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam menyelami dunia fotografi alam, Eigerian harus terus belajar dan tidak berhenti berlatih. Meski amatir, memiliki skill memotret bisa didapatkan oleh siapa pun asalkan melakukan tindakan nyata dan terus berlatih tanpa henti. Dengan sering berlatih, maka semakin lama hasil jepretan akan lebih bagus dan memuaskan. 

Rekomendasi Produk Eiger yang Mendukung Aktivitas Memotret di Alam Terbuka

1. EIGER MICRO FISH HAT 1.0 

eigeradventure.com

Untuk melindungi kepala dari paparan sinar matahari saat berada di alam terbuka, Eigerian memerlukan microfish hat atau topi lapangan ini. Microfish hat yang super ringan dengan material 100% Polyester dari Eiger yang dilengkapi mesh sebagai ventilasi untuk keluar masuknya udara. Jadi agar Eigerian bisa lebih fokus saat memotret, pakailah bucket hat yang bermanfaat untuk melindungi kepala dari teriknya matahari.

2. EIGER VANCOUVER CARGO PANTS 

Eiger Vancouver Cargo Pants
eigeradventure.com

Untuk leluasa bergerak saat memotret di alam, Vancouver cargo pants yang terbuat dari material 100% cotton bisa jadi andalan Eigerian. Celana kargo klasik ini dibuat dengan desain articulated knees dan bahan baby canvas yang pas untuk menyempurnakan tampilan kasual untuk kegiatan harian maupun traveling. Dilengkapi juga kancing dan zip fly, saku-saku samping, serta desain khusus pada bagian lutut yang bikin semakin nyaman.

3. EIGER MENS VANASEEKER 2.0 LS SHIRT

kemeja fotografi alam
eigeradventure.com

Kemeja lengan panjang Vanaseeker dibuat untuk melindungi EIgerian dari cuaca panas saat berada di alam terbuka. Vanaseeker long sleeve shirt cocok menemanimu menjelajah alam karena dilengkapi sistem ventilasi di punggung dan ketiak. Dibuat dari material 100% Polyester dan teknologi Tropic Dry yang membuat kain lebih cepat kering. Tersedia berbagai ukuran dan warna yang bisa kamu mix and match dengan perlengkapan outfit yang lain dari Eiger.

4. EIGER X-URBAN RAPTOR SHOES

Eiger X-Urban Raptor Shoes
eigeradventure.com

Saat menjelajah alam, Eigerian pastinya membutuhkan sepatu low-cut yaitu X-Urban Raptor dari Eiger yang memang didesain khusus untuk kegiatan luar ruangan dan juga daily use. Bagian upper dari sepatu ini dibuat dari bahan kulit suede dan poly mesh. Bagian dalam sepatu ini ada insole ortholite yang memberikan bantalan nyaman serta mampu menguapkan kelembapan sehingga sepatu cepat kering. 

Sepatu ini punya bobot yang ringan sehingga sangat nyaman digunakan. Bagian sol-nya memakai bahan vibram – 514 C FUGA untuk cengkraman yang lebih baik. Sehingga EIgerian semakin nyaman dan fleksibel saat bergerak di permukaan jalan setapak atau jalan yang tidak rata.

Lengkapi Outfit Kece Sebelum Memotret di Alam Terbuka

Nah, itu tadi ulasan mengenai teknik dan tips bagi Eigerian yang suka melakukan aktivitas fotografi alam. Jangan lupa untuk menggunakan berbagai produk fashion Eiger untuk mendukung aktivitas memotretmu di alam terbuka. 

Selain beberapa rekomendasi produk terbaik Eiger di atas, Eigerian dapat menemukan berbagai koleksi untuk mendukung aktivitas traveling semakin asyik! Mulai dari jaket, sepatu, pakaian pria dan wanita, backpack, dan masih banyak lagi.

Yuk langsung temukan berbagai produk terbaik di website Eiger Adventure Official sekarang juga. Lengkapi perlengkapan travelingmu sekarang juga dengan harga penawaran spesial dan gratis ongkir seluruh Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru