HomeTips & TrickMountaineeringIni Dia Jenis Makanan Instan yang Bisa Dibawa Saat Naik Gunung

Ini Dia Jenis Makanan Instan yang Bisa Dibawa Saat Naik Gunung

Kegiatan mendaki atau naik gunung merupakan salah satu kegiatan yang cukup menguras banyak energi. Itulah mengapa, perbekalan seperti makanan yang bergizi namun tetap praktis dibawa sangat penting untuk disiapkan. Dengan begitu, pendakian akan berjalan lebih ringan dan menyenangkan. Berbicara soal perbekalan untuk naik gunung, yang terlintas di pikiran banyak orang adalah makanan instan. 

Selama ini, makanan instan mungkin memang identik dengan mie. Tapi apakah sebenarnya hanya makanan ini saja yang praktis untuk dibawa saat naik gunung? Jawabannya adalah tidak. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan lain yang juga praktis untuk dibawa naik gunung dan tentunya tetap bergizi. Apa saja daftarnya? 

1. Oatmeal

Oatmeal termasuk salah satu jenis makanan bergizi yang praktis dibawa dan diolah saat naik gunung. Kemasan oatmeal cukup beragam, namun para pendaki umumnya memilih jenis sereal sachet agar lebih ringkas dibawa dan tidak akan memakan tempat di dalam carrier. Oatmeal ini memiliki beberapa kandungan gizi seperti vitamin B kompleks, dan serat pangan yang baik bagi tubuh, pencernaan, serta kesehatan jantung. Oatmeal ini bisa kamu sajikan dengan tambahan topping seperti kismis kering, aprikot, kurma, atau keju agar menambah cita rasa dan kelezatannya.

2. Roti Gandum

makanan instan

Roti gandum terbuat dari biji gandum utuh, tekstur roti lebih kasar, lebih tawar, dan berwarna coklat. Biasanya biji gandum utuh mempunyai lapisan lengkap seperti benih, dedak, dan juga endosperma. Tiga lapisan inilah yang memiliki kandungan tinggi protein, serat, antioksidan, magnesium, zat besi, vitamin B, karbohidrat, dan mineral lainnya. Karbohidrat dan protein tinggi akan sangat berguna sebagai sumber energi bagi para pendaki. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga akan menjaga kekenyangan kamu selama pendakian, sehingga tidak akan mudah lapar. Jika tidak terlalu menyukai roti gandum, kamu juga bisa membawa roti tawar ataupun roti basah lainnya.

3. Sarden atau Tuna Kaleng Berbumbu

Makanan instan selanjutnya yang mudah diolah adalah sarden atau tuna kaleng yang sudah dibumbui. Kamu hanya perlu memanaskannya atau juga dapat ditambah dengan irisan cabai, tomat, dan juga bawang sesuai selera. Sebagai pendamping, kamu dapat memasak nasi, membawa lontong dari rumah, atau menggunakan ubi-ubian seperti kentang. Umumnya, jenis makanan yang satu ini digunakan untuk pendakian singkat misalnya satu hari semalam.

4. Cereal Bar

Cereal bar juga bisa menjadi salah satu makanan instan yang sangat praktis dibawa oleh para pendaki. Di setiap bungkus cereal bar biasanya terkandung kurang lebih 170 kalori. Tentunya sangat baik untuk memulihkan energi dan mengembalikan tenaga kamu di tengah pendakian. Selain itu, cereal bar juga cukup mengenyangkan, sehingga membuat kamu tidak mudah lapar.

5. Sup Krim atau Bubur Ayam Instan

Sup krim dan bubur ayam ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai menu makanan saat naik gunung. Karena saat ini sudah ada banyak sekali bubur ayam dan sup krim instan dengan packaging yang praktis dan ringkas. Kamu hanya perlu mencampurkannya dengan air panas dan mengaduknya hingga kental. Cara pembuatan yang praktis ini umumnya sudah dituliskan di belakang kemasan. Dibandingkan dengan mie, sup krim dan bubur ayam instan ini jauh lebih direkomendasikan terutama mengingat hawa dingin di area pegunungan.

6. Kurma, Madu, dan Coklat

makanan instan

Kurma, madu, dan coklat adalah jenis makanan yang dapat memberikan tenaga ketika kamu mengkonsumsinya. Coklat mengandung 170 kalori di setiap ons-nya dan madu mengandung 64 kalori di setiap sendoknya. Keduanya merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk memulihkan stamina dan mengembalikan energi saat sedang mendaki gunung. 

Ketiga jenis makanan ini sangat mudah kamu temukan dalam banyak kemasan, seperti kurma yang dalam bentuk cair, madu dengan kemasan botol plastik, dan lain sebagainya. Kemasan praktis yang ditawarkan tentunya bertujuan untuk mempermudah kamu membawanya saat naik gunung.

7. Sosis, Nugget atau Tempura

Sosis, Nugget, dan tempura merupakan salah satu makanan instan yang tepat untuk naik gunung. Selain rasanya enak, makanan ini juga sangat praktis untuk dibawa oleh pendaki. Sosis daging memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B12, protein, dan juga zat besi yang cukup tinggi. Sosis ini bisa kamu olah dengan berbagai cara, seperti dibakar, digoreng, atau dinikmati secara langsung tanpa diolah. Bisa juga dijadikan sebagai pendamping roti ataupun kentang dengan menambahkan saus mayonaise dan sayuran seperti selada dan tomat. 

Kalau kamu tidak terlalu menyukai sosis, pilihan lainnya adalah nugget tempura, aneka bakso (bakso sapi, bakso ikan, tahu bakso dan semacamnya), atau otak-otak. Makanan setipe dengan rasa enak dan tetap praktis untuk dibawa saat mendaki gunung. Tapi jangan pula untuk selalu buang sampah pada tempatnya, khususnya sampah kaleng dan bungkus lainnya supaya tidak merusak alam. Saran lainnya, kemas makanan instan yang ada ke wadah yang bisa dibawa kembali turun agar dapat mengurangi sampah kemasan makanan.

Selain beberapa makanan instan seperti yang telah disebutkan di atas, kamu juga dapat membawa telur rebus, minuman wedang jahe, atau berbagai minuman lain yang dapat menghangatkan tubuh. Nah, untuk memasak air Eigerian bisa membawa Firemaple Kettle berukuran 0,8L. Untuk peralatan mountaineering lainnya, langsung saja cek Eiger Adventure Store!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments