HomeTips & TrickGreen & HealthyJenis Tanaman Dalam Rumah yang Aman dan Bermanfaat

Jenis Tanaman Dalam Rumah yang Aman dan Bermanfaat

Nyatanya, tanaman hias tidak melulu berada di taman atau di halaman rumah saja. Beberapa jenis tanaman hias juga bisa diletakkan di dalam rumah. Tentunya, keberadaan tanaman dalam rumah akan membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan indah. Tapi ternyata masih banyak yang meragukan hal ini. Bagaimana bisa tanaman diletakkan di dalam ruangan, sementara tumbuhan kan butuh matahari untuk proses fotosintesis?

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Selain sebagai pemanis ruangan, tanaman dalam rumah juga memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah bisa menyegarkan udara. Beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam ruangan dan juga bermanfaat untuk menetralkan udara akan dijelaskan pada artikel ini. Check this out!

Tanaman Dalam Rumah

1. Pachira (Money Plant)

tanaman dalam rumah
Sumber: Freepik

Tanaman Pachira dianggap sebagai tanaman hias yang sangat berharga karena dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan finansial. Itulah mengapa tanaman dalam rumah ini juga sering disebut sebagai Money Plant atau pohon uang. Selain dipercaya mampu membawa rezeki, tanaman Pachira juga mampu menghasilkan oksigen di malam hari yang membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan segar. Perawatannya juga cukup mudah. Hanya dengan menanamnya di dalam wadah kecil dan menyiramnya satu kali seminggu, tanaman ini akan tumbuh cantik berwarna hijau cerah.

2. Lavender

Lavender adalah jenis tanaman dalam rumah yang bisa mengusir nyamuk. Selain memanjakan mata dan bisa mengusir nyamuk, aroma khas tanaman ini rupanya juga mampu menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, hingga dapat membantu mengatasi insomnia. Oleh karena itu, tumbuhan cantik ini sangat cocok diletakkan di kamar tidur.

3. Sirih Gading

Sirih gading adalah salah satu tanaman dalam rumah yang paling populer. Tanaman ini sedikit berbeda dari jenis tanaman lainnya di mana ia akan mati jika diberi perawatan berlebihan. Untuk peletakannya, kita bisa menaruhnya di atas rak atau digantungkan pada dinding. Lihatlah, ruangan rumah akan terlihat semakin indah berkat adanya tanaman ini!

4. Tanaman Walisongo

Perlu diketahui, bahwa tanaman walisongo ini sebenarnya memiliki nama asli Schefflera. Karena nama aslinya yang cukup sulit dilafalkan, akhirnya orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai tanaman walisongo. Tanaman yang dikenal karena ciri-ciri fisiknya yang mencolok ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Daun tanaman ini berbentuk oval, terlihat kokoh, tidak mudah berdebu, dan mampu menyerap racun berbahaya seperti formaldehida, toluene, dan benzene. Tanaman ini juga sangat baik jika diletakkan di area yang sering terkena asap rokok.

5. Anggrek Bulan

Tanaman anggrek banyak sekali jenisnya. Bahkan jumlahnya hampir 6.000 spesies lho, dan beberapa di antaranya termasuk jenis anggrek yang langka. Anggrek bulan, selain bisa dijadikan sebagai pemanis ruangan, ternyata juga bermanfaat untuk menyerap zat jahat bernama Xilena. Zat ini biasanya ada pada cat dan lem. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam rumah yang baru saja direnovasi atau dibangun. Selain membersihkan udara dari polutan yang dibawa cat atau lem, tanaman ini juga dapat membantu menghilangkan stres berkat kecantikannya.

6. Massangeana Cane atau Bunga Andong

Massangeana cane atau yang lebih dikenal dengan nama bunga Andong sangat cocok ditanam di dalam rumah. Sebagai tanaman hias dalam ruangan, tanaman yang satu ini juga akan memberikan manfaat untuk menyerap zat formaldehid yang ada di udara. Tanaman yang berasal dari Afrika ini sangat cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah.

7. Bunga Anthurium

Bunga ini tidak hanya mampu menetralisir udara saja, tapi juga memiliki bunga yang indah ketika mekar. Daunnya yang berwarna sedikit gelap mampu menyerap zat berbahaya dalam udara, seperti ammonia, xilena, formaldehida, serta toluene. Karena manfaatnya yang banyak, tanaman ini sangat cocok ditempatkan di sebuah ruangan kerja terutama di dekat laptop, printer, ataupun mesin fotokopi. 

8. Lidah Mertua

tanaman dalam rumah
Sumber: Freepik

Kalau kamu ingin mencari tanaman dalam rumah yang bisa membuat udara di sekitarnya segar, maka lidah mertua adalah jawabannya. Tanaman ini bisa menyaring oksida berbahaya seperti karbon dioksida, formalin, dan benzena. Perawatannya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari maupun air. Jadi, kita bisa menaruhnya di mana saja seperti di rak dekat TV, kamar mandi, bahkan kamar tidur.

9. Spider Plant

Keindahan tanaman spider plant dapat dilihat pada daunnya yang berwarna hijau dan menjuntai, bahkan bisa mencapai panjang 60 cm, lho. Tanaman spider plant ini sangat cocok untuk digantung di pot kecil berlubang agar dapat tumbuh dengan baik. Selain dapat menghias ruangan di rumah, tanaman ini rupanya juga berperan sebagai penyaring racun yang berasal dari barang-barang berbahan kulit sintetis dan karet.

10. Asparagus Fern

Asparagus Fern merupakan salah satu jenis tanaman hias yang unik dan menarik. Tanaman dalam ruangan ini akan terlihat cantik jika ditanam di dalam pot bunga atau vas. Tapi, pastikan penempatannya tidak mudah dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Bentuknya yang unik tentu saja akan menambah kesan estetika rumah. Tidak terbatas pada dekorasi rumah saja, tanaman ini juga mampu membuat udara di sekitar menjadi lebih sehat karena dapat menghilangkan senyawa formalin yang biasanya ditemukan pada furnitur kayu seperti lemari dan meja.

Baca juga: Berkebun: Cara Ampuh Usir Kejenuhan di Rumah

11. Rosemary

Rosemary juga menjadi salah satu jenis tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Tanaman hias ini dapat menyatu dengan dekorasi apapun, dan memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Kita bisa meletakkan tanaman ini di ruang kerja atau ruang belajar. Daun rosemary juga dapat digunakan sebagai suplemen teh atau salad sebagai bagian dari diet, lho. Sungguh berkhasiat, bukan?

Baca juga: Tips Melakukan Urban Farming di Lahan Sempit Perkotaan

Meletakkan tanaman di dalam ruangan berarti mengurangi intensitas tanaman tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, kita harus memastikan untuk memilih jenis tanaman yang memang dapat hidup meskipun jarang terekspos oleh sinar matahari. Beberapa jenis tanaman yang telah disebutkan di atas, tentu bisa jadi rekomendasi terbaik. Kalau urusan dekorasi rumah sudah beres, saatnya berburu perlengkapan untuk menunjang penampilan. Eiger punya koleksi jam tangan, kacamata, segala jenis tas, sepatu, dan masih banyak lagi. Yuk, dapatkan penawaran terbaik Eiger, klik di sini!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments