HomeTips & TrickRiding4 Tips Memilih dan Merawat Kacamata untuk Naik Motor yang Wajib Diperhatikan

4 Tips Memilih dan Merawat Kacamata untuk Naik Motor yang Wajib Diperhatikan

Riding motor dengan memakai sunglasses atau kacamata hitam sering dianggap lebih keren. Tetapi pada dasarnya, tujuan utama memakai kacamata hitam adalah karena tidak ingin silau ketika mengendarai motor di jalanan. Menggunakan kacamata hitam saat berkendara memang akan menjadikan berkendara lebih nyaman, sebab pancaran matahari  yang menyilaukan seperti ketika siang hari dapat dikurangi. Tetapi perlu dipahami, bahwa memilih kacamata untuk naik motor itu ada aturannya. Apa saja? 

Tak dipungkiri, mengendarai sepeda motor memang menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan. Sebab, selain dapat menikmati pemandangan yang lebih bebas, motor juga bisa menembus jalanan sempit. Jadi ingin kemana pun menjadi lebih mudah dan cepat. 

Namun, di iklim tropis seperti Indonesia ini, pengendara motor sering dibenturkan pada masalah silaunya sinar matahari ketika sedang berkendara di siang hari. Padahal itu dapat mengganggu pandangan, dan bahkan bisa membahayakan pengendara serta pengguna jalan lain. Sehingga, alternatif yang dipilih adalah menggunakan helm berkaca hitam atau dengan memakai kacamata untuk naik motor.

Tips Memilih Kacamata untuk Naik Motor

kacamata untuk naik motor

Tidak semua kacamata didesain untuk meredam pancaran sinar matahari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips memilih kacamata untuk naik motor yang telah dirangkum di bawah ini. 

1. Memiliki UV protection

Pilihlah kacamata yang memiliki fitur perlindungan UV protection. Kacamata dengan UV protection ini akan meminimalisir pancaran sinar ultraviolet yang menyerang mata. Dengan fitur UV protection, maka kita sebagai pengendara akan merasa nyaman karena pandangan akan menjadi lebih teduh.

2. Pilih lensa polarized

Sebenarnya ada banyak jenis lensa yang bisa kita pilih. Tapi, khusus kacamata untuk naik motor, pilihlah kacamata hitam yang memiliki lensa berbahan polarized. Bahan ini berfungsi sebagai photo chromatic (mampu menyerap sinar matahari sampai 98%), dan bisa menyesuaikan diri dengan sinar UV. Dengan kata lain, ketika sedang berada di dalam ruangan, lensa kacamata akan berubah menjadi terang sehingga pandangan akan lebih terang, dan ketika berada di luar ruangan, secara otomatis lensa akan berubah menjadi gelap sehingga sinar matahari tidak akan membuat mata menjadi silau.

3. Dilengkapi fitur anti gores

Kacamata untuk naik motor biasa digunakan di luar ruangan, dan berisiko terpapar debu. Maka untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya pilih jenis lensa yang punya daya scratch resistant atau anti gores supaya bisa dibersihkan dengan aman tanpa risiko tergores pada bagian lensanya.

4. Pilih frame kacamata yang nyaman

Tips selanjutnya, pilih kacamata riding dengan frame yang nyaman dan dirancang mengikuti kontur wajah. Biasanya memiliki desain sporty atau melengkung sesuai dengan bentuk wajah. Pastikan juga pilih frame yang tidak terlalu berat, namun kuat. Selain itu, pastikan juga gagang frame lentur dan tidak menghalangi ketika kita memakai helm.

Rekomendasi Kacamata untuk Naik Motor Terbaik dari Eiger

kacamata untuk naik motor

Setelah mengetahui tips memilih kacamata riding, selanjutnya kita perlu tahu nih rekomendasi kacamata untuk naik motor yang terbaik. 

EXCURSION AVIATOR – Rp 279.000,-

Excursion Aviator merupakan kacamata yang dapat dilipat yang dirancang untuk kegiatan berkendara harian, untuk menjaga mata kita dari efek berbahaya, debu, dan untuk mengurangi pantulan sinar cahaya matahari atau lampu depan kendaraan. Kacamata ini juga dapat melindungi mata kita dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Lensa polarized, yang didesain untuk mengurangi silau dari pantulan sinar seperti dari air atau kaca membuat kacamata ini sangat cocok untuk riding. Perlindungan sinar UV 400 yang melindungi mata dari radiasi UVA dan UVB. Kacamata dapat dilipat, dilengkapi dengan case. 

EIGER VOYAGE AVIATOR SUNGLASSES – Rp 279.000,-

Voyage Aviator merupakan kacamata yang dirancang untuk kegiatan berkendara harian, yang dilengkapi dengan fitur lensa polarized yang didesain untuk mengurangi silau dari pantulan sinar seperti dari air atau kaca, UV 400 protection, dan case. 

EIGER VANGUARD WAYFARER SUNGLASSES – Rp 289.000,-

Vanguard Wayfarer juga menjadi salah satu kacamata yang direkomendasikan untuk naik motor. Kacamata ini dapat dilipat, dirancang untuk kegiatan berkendara harian, untuk menjaga mata dari efek berbahaya, debu, dan untuk mengurangi pantulan sinar cahaya matahari atau lampu depan kendaraan. Kacamata dengan lensa polarized ini dapat melindungi mata kita dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

EIGER AVENUE SUNGLASSES RD SUNGLASSES – Rp 179.000,-

Didesain untuk memberikan performa terbaik, Avenue merupakan motorcycle goggles yang dilengkapi fitur UV 400 untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet, serta tidak lupa membuat tampilan tetap gaya. Kacamata ini dilengkapi busa untuk kenyamanan, tali elastis anti slip, serta tempat penyimpanan. Cocok digunakan untuk hampir semua jenis helm. 

EIGER DEXTER SUNGLASSES RD SUNGLASSES – Rp 362.500,-

Dexter motorcycle goggles hadir untuk memberikan performa terbaik dan pandangan yang lebih jelas dengan fitur REVO coating dan anti-fog untuk menemani aktivitas berkendara sepeda motor. Produk ini juga dilengkapi perlindungan UV 400 untuk penglihatan yang lebih akurat, serta melindungi mata dari sinar ultraviolet. REVO coating menawarkan perlindungan menyeluruh dari sinar ultraviolet, tahan benturan, tahan gores, hingga meningkatkan kontras untuk menghalau cahaya menyilaukan. Dilengkapi dengan tali elastis anti slip, busa lapis ganda untuk kenyamanan, sangat cocok digunakan untuk helm motor dual-sport. 

EIGER CRUISE WAYFARER – Rp 299.000,-

Cruise Wayfarer merupakan kacamata yang dapat dilipat, cocok untuk kegiatan berkendara harian. Kacamata ini dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Lensa polarized didesain secara khusus untuk mengurangi silau dari pantulan sinar seperti dari air atau kaca. Lensa ini sangat baik digunakan untuk kegiatan hiking, memancing, berkendara, menyetir, dan kegiatan luar ruang lainnya karena membantu memperjelas pandangan.

EIGER ALCHEMY GOOGLE SUNGLASSES – Rp 312.500,-

Alchemy motorcycle goggles hadir untuk memberikan performa yang terbaik dan pandangan yang lebih jelas dengan fitur REVO coating untuk menemani aktivitas berkendara sepeda motor. Produk ini juga dilengkapi perlindungan UV 400 untuk penglihatan yang lebih akurat, serta melindungi mata dari sinar ultraviolet, 

Baca juga: 5 Tips Mengendarai Motor Kopling yang Aman untuk Pemula

Setelah memilih kacamata untuk naik motor yang paling pas, jangan lupa merawatnya, ya! Cara merawat kacamata harus disesuaikan dengan materialnya, supaya kacamata menjadi awet dan tidak mudah rusak. Untuk semua jenis bahan material kacamata, cara merawat kacamata adalah jangan lupa untuk selalu membersihkannya menggunakan cairan pembersih. Cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata, sebaiknya ditempatkan di dalam botol spray. Selain lebih mudah dalam proses pembersihannya, botol spray lebih efisien serta efektif dalam penggunaannya. 

Tapi sebelum mengaplikasikan cairan pembersih, terlebih dahulu bilas kacamata dengan air bersih mengalir supaya kotoran yang berbentuk kasar hilang. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih kacamata secukupnya pada kedua lensa kacamata. 

Kemudian, keringkan lensa kacamata menggunakan kain yang telah tersedia saat melakukan pembelian kacamata. Untuk menyimpan kacamata, pastikan tidak menaruh kacamata di sembarang tempat. Tapi simpan kacamata di tempat khusus, untuk menjaga kondisi kacamata yang telah dibersihkan. Tempat kacamata berperan penting untuk memastikan kacamata terhindar dari debu dan kotoran lainnya yang akan merusak kualitas lensa. 

Baca juga: Butuh Jaket Windbreaker untuk Touring? Cek Rekomendasinya di Sini!

Kebanyakan orang tidak khawatir membeli kacamata dengan harganya yang cukup mahal, namun dengan harga yang ditawarkan, pembeli mendapatkan kualitas barang yang sesuai dengan harga yang telah dikeluarkan. Dapatkan kacamata untuk naik motor dan perlengkapan riding lainnya hanya di website Eiger Adventure Official. Kualitas produk Eiger tentu tidak perlu diragukan lagi. Soal harga, berani bersaing, deh!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments