HomeTips & TrickMountaineeringKenali Jenis Tali Karmantel dan Fungsinya!

Kenali Jenis Tali Karmantel dan Fungsinya!

Tali ini jangan sampai tertinggal saat kamu berolahraga di alam bebas. Tali karmantel, salah satu kebutuhan penting bagi Eigerian yang mencintai petualangan. Ini adalah talo yang didesain khusus ini digunakan untuk berbagai kebutuhan rescue atau aktivitas alam bebas seperti climbing. Jika kamu masih pemula dalam bidang olahraga ekstrim seperti rock climbing, tali karmantel mungkin terlihat seperti tali biasa pada umumnya. Namun, tahukah kamu ada berbagai jenis tali karmantel? Dengan berbagai jenis, fungsinya pun berbeda-beda. Cari tahu jenis dan fungsinya lewat artikel di bawah ini yuk. Cek selengkapnya!

Mengenal Lebih Jauh Jenis Tali Ini Yuk!

Biasanya tali karmantel memiliki diameter 9mm sampai 12mm. Tali kernmantel ini pertama dikembangkan oleh Edelrid tahun 1953. Perlu diketahui, ada berbagai jenis tali karmantel yang disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Tali karmantel ini juga biasa dikenal dengan tali Kernmantle/Kernmantel. Umumnya tali ini memiliki dua bagian struktur. 

  1. Bagian inti atau juga biasa disebut dengan bagian kern. Bagian inti tali karmantel ini terbuat dari serat-serat nilon.
  2. Bagian mantel yang melapisi bagian inti. Bagian mantel ini bertugas melindungi dan menyatukan serat nilon yang kecil menjadi satu kesatuan yang kuat.

Dengan desain yang sedemikian rupa, menjadikan tali karmantel ini kuat, tahan hentakan, namun tetap ringan dan mudah digenggam. Dengan kekuatan yang luar biasa, tali ini sering juga digunakan dalam kegiatan rescue atau penyelamatan. Korban kecelakaan atau korban terjatuh dari ketinggian yang memungkinkan korban harus di ikat, tali ini bisa digunakan dengan baik. 

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Simpul Tali untuk Pendakian

Jenis-Jenis Tali Karmantel

Tali karmantel digolongkan menjadi berbagai jenis berdasarkan faktor kelenturanya. Jenis kelenturan ini disesuaikan untuk setiap kegiatan demi keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas Berikut ini merupakan jenis-jenis tali karmantel berdasarkan kelenturannya. Cek selengkapnya!

  • Karmantel Dinamis

Tali karmantel dinamis dapat meregang hingga 30 persen dari ukuran aslinya. Jenis ini memang bersifat lentur. Namun ketika tali ini terkena gesekan secara langsung atau bahan korosif seperti air accu dan cat, tali ini akan mudah rusak. 

  • Karmantel Statis

Tali karmantel jenis statis ini hanya dapat meregang sebanyak 15 persen. Jadi, karmantel statis ini relatif lebih keras dan kaku daripada jenis karmantel dinamis. Tali karmantel statis ini paling cocok digunakan untuk kegiatan repling. Jika Eigerian hanya melihat tali ini, sekilas mungkin bentuknya memang menyerupai karmantel dinamis. Akan tetapi, jika Eigerian memegangnya, dan membandingkan dengan seksama akan terlihat perbedaanya secara tekstur.

  • Karmantel semi-dinamis

Tali jenis ini paling flexible dan cocok digunakan untuk kegiatan panjat dinding atau panjat tebing. Daya renggangnya yang tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu kaku. 

Beli Kebutuhan Mendakimu Disini!

Temukan berbagai jenis perlengkapan climbing mu di website resmi EIGER Adventure. Terlengkap dengan harga terbaik penuhi kebutuhan kegiatan petualanganmu. Dapatkan apparel, sepatu, tali karmantel, carabiner dan lain-lain. Mulai sekarang, kamu bebas belanja, bayar suka-suka dengan berbagai metode. Dapatkan tambahan diskon dengan menggunakan kode voucher spesial. Cek sekarang, kini tanpa ongkos kirim ke seluruh Indonesia!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments