HomeTips & TrickGreen & HealthyYuk, Ketahui Manfaat dan Cara Melakukan Self Care yang Tepat

Yuk, Ketahui Manfaat dan Cara Melakukan Self Care yang Tepat

Bukan hanya tubuh secara fisik saja yang perlu dirawat, tapi merawat mental juga sangat perlu agar hidup kita menjadi lebih baik dan tentunya lebih bahagia. Self care adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan untuk fokus pada diri sendiri. Peduli pada diri sendiri bukanlah tanda keegoisan, kok! Tapi, self care justru merupakan sebuah bentuk penerimaan diri, rasa cinta pada diri sendiri. Pentingnya self care adalah agar kita bisa menata hidup menjadi lebih baik dan dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk.

Bagi sebagian orang, perawatan diri dianggap sebagai hal yang sulit untuk dilakukan. Terlebih bagi mereka yang disibukkan dengan pekerjaan dan segudang aktivitas lain yang melelahkan. Lantas, bagaimana solusinya jika kita kesulitan untuk melakukan perawatan diri? Padahal melakukan self care sangat diperlukan.

Manfaat Merawat Diri (Self Care

self care

Ada beberapa manfaat dari merawat diri, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat mencegah stres. Dengan merawat diri, kita bisa mencegah munculnya stres, sehingga hidup kita menjadi lebih baik.
  • Bisa menjaga suasana hati agar tidak bosan menjalankan rutinitas.
  • Kita akan menjadi orang yang lebih baik untuk orang lain.
  • Memberi diri kita kesempatan untuk me time yang berkualitas. 
  • Membuat tubuh menjadi jauh lebih tenang dan rileks.
  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri, karena self care bisa membuat kita untuk semakin mengetahui diri sendiri dan mencoba mencari tahu apa yang bisa kita lakukan. 

Mengenal Jenis-jenis Self Care

Penerapan self care yang bisa kita lakukan dapat dimulai dari 4 jenis self care berikut ini:

  1. Physical self care, yaitu perawatan diri yang bisa langsung diterapkan untuk merawat fisik seperti mandi, waktu istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan olahraga teratur.
  2. Emotional self care, yaitu perawatan yang mampu meningkatkan literasi emosional agar kita bisa mengelola kadar stres secara efektif. Dengan begitu, kita dapat mengalihkan diri dari gangguan kesehatan mental. Penerapan self care pada emosional dapat dilakukan dengan cara membaca buku, menonton drama favorit, mendengarkan musik, atau menata ruangan agar terlihat lebih rapi dan indah.
  3. Social self care. Bentuk penerapan social self care bagi diri sendiri sangat berguna untuk membangun jiwa sosial terhadap sekitar agar memiliki rasa peduli, kasih sayang, dan empati.
  4. Spiritual self care. Jiwa yang sehat harus diimbangi dengan iman yang kuat, sehingga kita bisa menerima kekurangan diri dan menerima setiap cobaan dari Tuhan.

Tips Menerapkan Self Care di Kehidupan Sehari-hari

self care

Supaya tidak bingung, berikut ini ada beberapa panduan merawat diri yang bisa diikuti satu per satu. Yuk, simak ulasannya sampai habis! 

1. Tidur yang cukup

Ingat, tidur memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan dan mood. Kurang tidur tentu akan menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan dan juga emosi. Beberapa efek kurang tidur di antaranya adalah mudah marah, sulit konsentrasi, hingga sakit kepala berkepanjangan. Pola tidur yang tidak teratur bisa jadi disebabkan oleh berbagai macam, salah satunya adalah stres. Nah, supaya kita memiliki pola tidur yang cukup, kita perlu membuat kebiasaan tidur pada jam yang sama setiap hari. Hindari minum kafein berlebihan setelah jam 4 sore, dan coba jauhkan gadget ataupun televisi paling tidak satu jam sebelum tidur.

2. Olahraga setiap hari

Perlu diketahui, olahraga bukan hanya menyehatkan secara fisik, tapi juga dapat membangun mood menjadi lebih baik. Sebaiknya kita melakukan olahraga setiap hari, bisa dimulai dengan olahraga yang ringan seperti jalan pagi setiap hari sebelum ke kantor, atau yoga.

3. Berani menolak

Sering tidak berani berkata “tidak” atau menolak permintaan orang lain, lama kelamaan akan membuat kita kesulitan untuk menolak hal yang tidak kita sukai. Jika dibiarkan berlanjut, hal ini akan berdampak tidak baik untuk kesehatan mental kita. Kita akan memaksakan diri untuk hal yang sebenarnya tidak sukai, atau di luar batas kemampuan kita. Untuk itu, kita sebaiknya mulai untuk belajar jujur terhadap diri sendiri dan jika kita memang tidak bisa memenuhi permintaan orang lain, maka kita harus berani mengatakan “tidak”. Atau jika kita merasa tidak mampu mengerjakan suatu hal, maka kita harus berani mengatakan bahwa kita memang belum menguasai hal tersebut.

4. Melakukan hobi

Saat ada waktu luang, kita perlu melakukan hobi untuk menyegarkan pikiran. Dengan melakukan hobi, kita akan memiliki pikiran dan tubuh yang segar untuk kembali memulai rutinitas.

Baca juga: Sering Susah Tidur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Memperhatikan penampilan

Penampilan kita menjadi salah satu hal penting yang bisa membawa kita pada kesuksesan. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat tubuh dan menjaga penampilan. Untuk mendapatkan penampilan yang prima, kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan wajah, konsumsi makanan bernutrisi, dan olahraga. 

Baca juga: Mengetahui Manfaat Musik untuk Kesehatan, Klik Di Sini!

Untuk menunjang penampilan, kita juga  perlu beberapa fashion item seperti kaos, kemeja, celana, dan lain sebagainya. Nggak usah susah-susah cari, karena segala macam perlengkapan from head to toe bisa didapatkan di Eiger Adventure. Kalau malas datang langsung ke Eiger Adventure Store, tinggal belanja online saja di website resmi Eiger. Sangat praktis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru