HomeTips & TrickGreen & HealthyMengetahui Manfaat Musik untuk Kesehatan, Klik Di Sini!

Mengetahui Manfaat Musik untuk Kesehatan, Klik Di Sini!

Musik memiliki banyak arti berbeda untuk setiap orang, karena pengalaman yang dimiliki juga berbeda. Meski demikian, manfaat musik untuk seseorang tak dapat dipungkiri kebenarannya. Sederet manfaat bisa didapatkan dengan mendengarkan musik, disadari ataupun tidak.

Pernahkan kamu berpikir mengapa ketika berada di toko buku, atau kafe, vibe-nya terasa sangat nyaman? Selain karena tata letak yang diatur sedemikian rupa, hal ini juga didukung dengan pilihan musik atau lagu yang dimainkan di sana.

Ini mengapa, tempat-tempat umum biasanya memiliki musik yang dimainkan dalam volume tertentu, untuk membangun suasana yang nyaman. Tapi tahukah kamu jika manfaat musik tak hanya untuk membuat merasa nyaman saja? Untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat musik yang bisa kamu dapatkan.

Menurunkan Tingkat Stres

manfaat musik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Cukup banyak penyakit yang bisa dipicu oleh stres berkepanjangan. Mulai dari stres akibat pekerjaan, stres akibat terlalu banyak pikiran, dan lain sebagainya. Respon tubuh terhadap stres terbilang cukup cepat, maka kamu juga perlu mendukung tubuh agar tak berdampak buruk.

Mendengarkan musik terbukti dapat membantu seseorang mengendalikan dan menurunkan kadar stres yang dirasakannya. Hal ini karena ketika mendengarkan musik, otak akan melepaskan dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia.

Maka tak heran bukan ketika kamu merasa sedang jenuh, alternatif yang kamu ambil adalah mendengarkan musik? Selain dapat membuat kamu merasa lebih tenang, pelepasan hormon dopamin ini juga akan mencegah efek buruk hormon lain yang diproduksi akibat stres.

Membantu Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

Insomnia yang dialami banyak orang ternyata juga bisa dipicu oleh rasa gelisah dan pikiran yang terlalu banyak. Karena musik dapat membantu membuat perasaan menjadi lebih rileks, maka dengan sendirinya manfaat musik juga adalah untuk membantu tidur yang lebih nyenyak.

Tak sekedar didengarkan ketika menantikan rasa kantuk, namun juga sebagai pengiring tidur. Sekarang ini banyak sekali musik yang bisa diakses di berbagai platform yang khusus diproduksi untuk membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Jika ingin lebih yakin, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli dari rumah sakit atau konsultan kesehatan terkait pemilihan musik. Kembali lagi, semua tergantung selera bukan? Karena musik tak hanya akan terasa di telinga, namun hingga ke dalam diri kamu.

Baca Juga : 5 Posisi Tidur yang Baik untuk Mengistirahatkan Tubuh

Produktivitas yang Tinggi

manfaat musik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tidak secara langsung membuat tubuh sehat dan bugar memang, namun manfaat musik juga dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas. Baik dalam bekerja, ketika berlatih fisik, atau kegiatan lain, produktivitas dapat meningkat secara signifikan.

Musik yang tepat dapat meningkatkan konsentrasi saat berkegiatan. Dalam belajar, ini memicu daya ingat yang lebih tinggi serta pemahaman. Dalam workout atau aktivitas fisik, musik dapat membantu memberikan semangat dan meningkatkan daya tahan terhadap sakit.

Pada banyak kegiatan lain, musik secara signifikan dapat membantu meningkatkan produktivitas, sebab yang dipengaruhi secara langsung adalah bagian otak tertentu. Maka tak heran kamu yang sedang berkegiatan sambil mendengarkan musik bisa merasa lebih bersemangat.

Menghilangkan Rasa Kesepian

Selain secara langsung bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup, musik juga dapat menjadi hal yang membantu kamu terbebas dari rasa kesepian. Seperti stres, kesepian juga membuat tubuh merasakan rasa sakit serupa dengan luka fisik.

Menjadi seperti teman untuk beraktivitas, musik dapat membuat nuansa menjadi hidup. Katakanlah saat kamu berada di kamar untuk merenung atau berpikir, atau ketika kamu sedang melakukan pendakian solo, berkendara sendirian ke tempat yang jauh, berpetualangan sendiri, musik bisa jadi ‘teman’ yang mendampingimu.

Selain itu konsentrasi juga akan tetap terjaga sehingga terhindar dari pikiran yang kosong. Seperti kita semua tahu, pikiran yang kosong dapat menimbulkan resiko besar saat kegiatan luar ruang atau berkendara. Maka dengarkanlah musik, dan tetap jaga konsentrasi pada apa yang kamu lakukan!

Terapi untuk Membantu Menghadapi Rasa Sakit

manfaat musik
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pada banyak kasus pasca operasi (dilansir dari gethealthystayhealthy.com) musik juga dijadikan salah satu terapi yang membantu pasien dalam mengurangi rasa sakit. Rasa sakit ini bisa ditimbulkan akibat beragam sebab setelah selesai prosedur operasi yang dijalankan.

Tubuh akan memiliki pain tolerance yang lebih tinggi, sehingga proses pemulihan juga akan berjalan lebih cepat. Pasien juga cenderung menjadi lebih tenang, sehingga efek obat yang diberikan juga bisa terasa lebih cepat di dalam tubuh.

Baca Juga : 5 Tips Hadapi Pancaroba Supaya Tak Gampang Sakit 

Musik memang memiliki arti berbeda untuk setiap orang yang mendengarkannya. Dengan genre yang beragam, setiap orang idealnya memiliki beberapa jenis musik atau penyanyi yang difavoritkan. Lagu-lagu yang memiliki lirik bermakna, atau melodi yang indah, membawa efek positif bagi banyak orang.

Tentu saja saat berkegiatan luar ruang musik akan jadi teman yang sangat menyenangkan. Untuk menunjang kegiatan seperti ini, kamu juga bisa mengandalkan peralatan dan perlengkapan dari Eiger Adventure. Berkualitas dan memiliki banyak opsi, produk dari Eiger akan jadi partner yang dapat diandalkan untuk menemani semua kegiatan yang kami miliki.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments