HomeTips & TrickKonsep Safety Riding, Perilaku dan 8 Perlengkapan Utamanya

Konsep Safety Riding, Perilaku dan 8 Perlengkapan Utamanya

Tak sedikit dari Eigerian sekalian yang memiliki hobi berkendara atau riding, benar bukan? Serunya melakukan perjalanan dan mendatangi tempat baru bersama Eigerian lain ini memberikan efek baik untuk kondisi emosional. Namun tentu saja, petualangan yang dilakukan tetap harus menerapkan konsep safety riding secara ketat dan disiplin.

Tunggu dulu, tapi apa yang dimaksud dengan safety riding?

Nah, agar kamu memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai topik dan konsep ini, mari kita bedah satu per satu hal-hal yang berkaitan dengan safety riding ini.

Pengertian Safety Riding

safety riding

Jika dipisah, kedua kata ini memiliki arti masing-masing. Safety berarti keselamatan atau keamanan, dan riding berarti mengendarai. Konsep safety riding berarti bentuk perilaku berkendara yang aman dan nyaman bagi diri sendiri serta orang lain, sehingga ketika berkendara resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan bisa ditekan.

Nah, pada artikel kali ini, konsep safety riding akan kita bagi menjadi dua, yakni perilaku untuk menjalankannya, serta perlengkapan yang wajib dikenakan ketika berkendara secara aman.

Perilaku Safety Riding yang Baik dan Benar

Pada dasarnya konsep ini ingin menekankan pada peningkatan faktor keselamatan selama berkendara. Jadi perilaku yang harus ditunjukkan adalah setiap hal yang dapat mengarah pada tujuan utama tersebut, dan dimulai dari diri sendiri.

Etika Berlalu Lintas

Sedikit abstrak, namun etika berlalu lintas merupakan hal yang wajib dipahami dan dilakukan setiap pengendara, termasuk juga kamu, Eigerian sejati yang suka menjelajah menggunakan motor kesayangan.

Ketika berada di jalan raya, pahami etika-etika dasar yang berlaku, seperti memberi tanda ketika akan mendahului, mengutamakan keselamatan pengendara lain, menghormati hak pengendara lain, serta bersikap sopan selama berkendara.

Memastikan Kondisi Motor

Berkendara dengan aman hanya bisa terjadi ketika motor yang kamu kendarai berada dalam kondisi ideal. Artinya, tidak ada permasalahan yang muncul dan berakibat kerusakan saat di jalan raya, dan meningkatkan resiko keselamatan.

Selalu pastikan kondisi motor ketika kamu akan melakukan riding, dan pastikan semua sudah aman dan berada pada performa terbaik.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Terakhir, namun mendasar, adalah memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Setiap rambu didesain dan dipasang dengan perhitungan yang tepat, sehingga dapat menjadi tanda untuk semua pengendara kendaraan bermotor.

Dengan memahami dan menaati aturan dan rambu lalu lintas, kamu sudah menerapkan konsep safety riding mendasar untuk tetap selamat di jalan raya.

Perlengkapan Keselamatan Berkendara yang Ideal

safety riding

Nah, selesai membahas tiga poin mengenai perilaku yang bisa mencerminkan konsep safety riding, kini saatnya kamu memahami perlengkapan apa saja yang wajib kamu gunakan untuk memaksimalkan proteksi diri selama di perjalanan.

Setidaknya ada 8 perlengkapan yang idealnya digunakan dalam mendukung safety riding, kamu bisa lihat ulasan singkatnya di poin-poin berikut.

Helm

Pertama dan utama, adalah helm. Perangkat pelindung kepala ini menjadi hal yang wajib digunakan, dan memiliki aturan baku dalam penerapannya. Helm benar-benar dapat menjaga keselamatan kepala, dan mengurangi resiko terjadinya cedera parah pada bagian kepala.

Jaket

Kini hadir dalam berbagai pilihan model dan bahan, jaket juga jadi salah satu gear yang sebaiknya digunakan. Dengan menggunakan jaket, kamu bisa menghalau angin yang menerpa sekaligus mengurangi resiko cedera jika terjadi kecelakaan. Sedikit saran, ada baiknya gunakan jaket khusus riding untuk proteksi maksimal. Jaket seperti ini biasanya memiliki fitur atau teknologi Tropic Windblock, yang dapat melindungi Eigerian dari paparan angin ketika berkendara.

Celana

Selain mengenakan jaket yang cukup tebal, kamu juga sebaiknya menggunakan celana dengan bahan yang tebal dan nyaman. Riding yang dilakukan biasanya berdurasi cukup lama, sehingga faktor kenyamanan juga diperlukan. Celana dengan bahan jeans, soft canvas, atau kulit sintetis bisa jadi opsi menarik.

Sepatu

Selain perlindungan pada bagian kepala, tubuh atas, dan tubuh bagian bawah, kamu juga harus memastikan menggunakan sepatu yang berkualitas. Karena bagian kaki akan berada paling dekat dengan aspal, maka perlindungan yang kuat harus diberikan pada bagian ini. Pastikan menggunakan sepatu berstandar dan berkualitas.

Sarung Tangan

Untuk melindungi tangan dari serpihan batu, debu, atau angin, penggunaan sarung tangan juga sangat disarankan dalam rangka menerapkan safety riding. Sama seperti sepatu dan celana, selain dapat melindungi dengan baik, pastikan juga sarung tangan yang digunakan cukup nyaman.

Pelindung Lutut dan Siku

Sebagai pelengkap, kamu bisa menggunakan pelindung lutut dan siku sebagai tambahan. Memang kedua pelindung memiliki peran besar dalam mengamankan kedua bagian tersebut, mengingat hampir dipastikan dua bagian tubuh ini jadi tumpuan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pelindung Dada

Biasanya berupa rompi yang digunakan di bagian dalam jaket, pelindung dada dapat membantu kamu mengurangi tekanan angin di bagian ini sekaligus melindunginya dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Penutup Hidung

Bisa berupa masker atau perangkat dengan fungsi sejenis, dan digunakan untuk melindungi bagian hidung ketika terjadi kecelakaan.

Bagaimana menurut Eigerian? Apakah kamu sudah memiliki dan menggunakan setiap perangkat tersebut ketika riding? Menerapkan perilaku safetyriding dan menggunakan perangkatnya bisa jadi kunci keselamatan di jalan. Tentu saja, untuk perangkat riding yang berkualitas, Eigerian bisa mendapatkannya di Eiger Adventure. Semua perlengkapan disediakan untuk menunjang kegiatan riding, sehingga memiliki kualitas yang benar-benar bagus. Dapatkan produknya di laman produk, dan berkendaralah dengan nyaman dan aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru