HomeTips & TrickRidingIngin Mencari Jaket Motor? Simak Dulu 5 Tipsnya Berikut Ini!

Ingin Mencari Jaket Motor? Simak Dulu 5 Tipsnya Berikut Ini!

Sebagai seorang biker, tentu jaket motor jadi satu kelengkapan yang tak boleh ketinggalan. Jaket seperti ini sendiri tak hanya untuk meningkatkan penampilan kamu, tapi juga memiliki fungsi nyata sebagai sarana perlindungan utama pada tubuh bagian atas.

Namun demikian masih banyak rider yang kurang mahir dalam memilih jaket motor yang cocok. Maka, dalam artikel ini akan kami berikan sedikit tips cara memilih jaket untuk berkendara yang pas untuk kamu semua. Eigerian yang juga biker boleh merapat, dan simak tipsnya berikut ini!

Pastikan Pas dengan Ukuran Tubuh Kamu

jaket motor
Sumber : Eiger Qeuatoride Jacket, Eiger Adventure

Karena jaket seperti ini akan meningkatkan kepercayaan diri ketika digunakan, pastikan memilih jaket dengan ukuran yang pas. Tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil. Jaket dengan ukuran pas seperti ini bisa membuat kamu nampak gagah serta tangguh, cocok dengan persona biker yang biasa muncul.

Selain itu, jaket dengan ukuran pas akan nyaman digunakan selama dalam perjalanan atau dalam kondisi santai. Bayangkan jika kamu harus menggunakan jaket terlalu kecil, maka rasanya tentu akan sangat sempit ketika digunakan. Pun demikian dengan jaket terlalu besar, yang justru bisa membuat angin masuk dengan leluasa.

Pemilihan ukuran jaket jadi prioritas yang kami rekomendasikan, karena ini menyangkut tiga faktor, kenyamanan, dan penampilan, dan keamanan. Jaket dengan ukuran tepat akan memberikan kamu ketiga faktor ini di waktu yang sama.

Model Simpel dan Tidak Terlalu Banyak Tali

Secara praktis, jaket motor biasanya memiliki model yang kokoh dan tidak memiliki banyak tambahan. Hanya jaket, dengan dua saku di kiri dan kanan, beberapa ornamen di bagian punggung atau lengan, dan selesai.

Memang, untuk penampilan yang lebih mencolok ada pula jaket dengan tambahan bahan seperti tali-tali atau rantai, dan sebagainya. Secara model mungkin akan sangat keren. Tapi secara fungsional, hal ini sebenarnya kurang cocok digunakan untuk berkendara.

Ketika berkendara bersama rekan-rekan Eigerian lain, kamu akan berada di jalan raya dengan kecepatan tertentu. Bukan tak mungkin, ornamen atau tali yang ada di jaket motor justru mengganggu pandangan, atau paling sial masuk ke bagian roda atau rantai. Berakibat sangat buruk bukan.

Pilih jaket dengan model yang simpel, dan tidak memiliki terlalu banyak hiasan tambahan.

Pilih Jaket dengan Bahan yang Tepat, Sesuai Kebutuhan

jaket motor
Sumber : Eiger Curiosity Adv Jacket, Eiger Adventure

Untuk apa jaket motor yang kamu ingin dapatkan sekarang ini? Apakah untuk daily drive? Atau untuk melakukan touring dan riding jarak jauh? Hal ini berpengaruh besar pada jenis bahan yang bisa jadi pilihan utama.

Jika kamu perlu jaket untuk kebutuhan harian, maka pilihlah jaket dengan bahan yang lebih menyerap keringat dan baik sirkulasi udaranya. Namun jika kamu memerlukan jaket untuk tujuan touring, maka kamu bisa memilih jaket motor dengan bahan yang lebih tebal dan memiliki volume.

Pemilihan jaket ini sangat penting untuk kenyamanan, sebab jika kamu menggunakan jaket terlalu tebal untuk keseharian maka bisa saja kamu merasa kepanasan. Sebaliknya, jika kamu menggunakan jaket tipis untuk touring, justru resiko keselamatannya akan menjadi lebih besar.

Jadi pilih jaket yang tepat, berdasarkan kebutuhan yang kamu miliki, oke?

Bagaimana dengan Warna?

Pada dasarnya, pemilihan warna sebenarnya akan mengacu pada selera kamu masing-masing. Rasa percaya diri bisa muncul ketika kamu menggunakan warna tertentu, maka ada baiknya kamu memilih warna tersebut jika memang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Tapi, serupa dengan pemilihan jaket untuk mendaki gunung, ada baiknya juga kamu mempertimbangkan jaket dengan warna cerah. Jaket dengan warna ini bisa membantu rekan seperjalanan tetap waspada, dan mudah ditemukan ketika berada di tempat gelap.

Memang, dari sisi fashion, akan aneh rasanya jika biker menggunakan jaket dengan warna terang. Namun demikian jika ingin lebih mengutamakan sisi keselamatan, pemilihan warna mencolok juga bisa disiasati dengan jaket yang memiliki fitur reflektor.

Tenang, semua ada solusinya,

Kualitas Jaket Motor, Tidak Boleh Main-Main

jaket motor

Terakhir, yang tak boleh dilupakan ketika memilih jaket motor, adalah memastikan kualitas dari jaket motor itu sendiri. Karena tak hanya sekedar memperhatikan sisi keren saja, jaket motor juga wajib memiliki build quality yang benar-benar mumpuni.

Mulai dari pemilihan dan kualitas bahan, kualitas jahitan, sambungan kain, bahan penguat, hingga bagian pergelangan tangan, leher, dan pinggang, semua wajib diperhatikan dengan baik sebelum kamu mengambil keputusan pembelian.

Jangan sampai hanya mengejar harga yang ekonomis, kualitas jadi hal yang harus dikorbankan. Selalu pastikan membeli jaket dari produsen yang sudah terpercaya, sehingga kualitas jaketnya juga akan benar-benar baik.

Jaket motor yang berkualitas akan memiliki teknologi Tropic Vent, dimana teknologi ini memastikan adanya sirkulasi udara yang baik di dalam jaket sehingga suhu tubuh tetap stabil. Selain itu, dapat pula meningkatkan kenyamanan dan mencegah kelembaban terjebak di dalam pakaian.

Untuk urusan jaket motor, sebenarnya kamu juga bisa mempercayakan hal tersebut pada Eiger Adventure. Perlengkapan motor yang disajikan di Eiger Adventure kualitasnya tak kalah dengan perlengkapan pendakian gunung, sehingga dijamin memiliki kualitas yang benar-benar baik dan dan bisa diandalkan.

Dengan beberapa jenis jaket motor yang berbeda, kamu bisa mendapatkan nilai fungsional serta tetap tampil keren. Jadi tunggu apa lagi? Segera datangi website eiger adventure untuk jaket dan perlengkapan riding di sini, dan dapatkan yang kamu butuhkan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments