HomeTips & TrickRidingKopdar 101 : Mulai dari Asal Usul, Tujuan, hingga Manfaatnya

Kopdar 101 : Mulai dari Asal Usul, Tujuan, hingga Manfaatnya

Sebagai seorang rider, tentu istilah kopdar atau kopi darat. Istilah ini biasa digunakan untuk melakukan pertemuan atau berkumpul secara terencana, dan diikuti oleh dua orang atau lebih. Pada konteks riding, kopdar sering dijadikan pemicu agar bisa melakukan kegiatan lanjutan seperti touring, atau sekedar berkumpul dan bersilaturahmi.

Maka kali ini, mari kita sedikit membahas lebih jauh mengenai kopi darat. Sederhana saja, agar kamu juga mengetahui lebih jauh mengenai asal-usul, tujuan, dan manfaatnya secara umum. Jadi ketika kamu mengajak kopdar dengan teman-teman bisa lebih greget, karena memahami informasi ini.

Memahami Apa Itu Kopdar

kopdar

Kopdar sendiri adalah pertemuan tatap muka yang dilakukan oleh dua orang atau sekelompok orang, dan sebelumnya belum pernah bertemu secara langsung, di satu tempat yang telah direncanakan sebelumnya. Istilah ini sangat populer di tahun ‘70 hingga ‘80-an, pada masa kejayaan radio.

Tentu saat itu teknologi belum secanggih sekarang, jadi ketika ingin melihat secara langsung mereka benar-benar harus bertemu secara langsung. Interaksi yang terjalin di acara radio, radio pager, belum bisa mengakomodir kebutuhan melihat wajah atau fisik secara langsung.

Umumnya tujuan dari kopi darat adalah untuk bertemu secara langsung sehingga bisa melakukan perkenalan lebih jauh.

Lalu Bagaimana Asal-Usulnya?

Kopdar sebenarnya tidak berawal dari konteks atau dunia riding. Jika dilihat sejarahnya, justru istilah  ini lebih awam digunakan oleh orang-orang yang menjadikan radio sebagai media berkomunikasi. Seperti yang disebutkan di awal, istilah ini muncul dan populer saat masa kejayaan radio di Indonesia.

Istilah ini muncul pada komunitas pengguna radio amatir yang pernah ada di Indonesia. Pada era tahun ‘80 hingga ‘90-an, komunitas ini sering kali berkomunikasi di udara dengan membuat janji untuk ‘online’ sehingga bisa berkomunikasi.

Ketika obrolan menjadi menarik dan diinginkan pertemuan, maka mereka membuat istilah kopi darat, untuk mengimbangi istilah obrolan di udara menggunakan radio amatir. Dari sini, sebenarnya istilah kopdar muncul.

Kopdar Di Konteks Rider

kopdar

Nah, semakin ke sini, istilah tersebut digunakan untuk konteks yang lain. Biasanya sekarang kopi darat atau kopdar lebih digunakan pada konteks komunitas, yang ingin melakukan pertemuan secara rutin atau pertama kali agar setiap anggotanya bisa bertemu satu sama lain.

Pada komunitas rider, kopi darat seringkali dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi, berbincang dan bertukar pikiran, atau merencanakan touring yang akan dilakukan di waktu mendatang. Tak heran istilah ini kembali hangat semenjak pelonggaran yang dilakukan atas pembatasan yang sebelumnya berlaku.

Manfaat dan Tujuannya secara Umum, Kira-Kira Begini…

Setelah mengetahui sedikit tentang latar belakang dan asal-usulnya, mari berlanjut membahas mengenai manfaat dan tujuan kopdar itu sendiri.

Manfaat Kopdar untuk Komunitas Rider

1. Berbagi informasi mengenai hal-hal terkini dan signifikan di dunia riding serta kehidupan. Kopdar sering jadi ajang untuk diskusi sehingga terjadi pertukaran informasi dari setiap orang yang datang untuk memajukan komunitas.

2. Mencari suasana baru di lingkungan yang baru. Kopi darat juga bermanfaat untuk menghilangkan stres dan memberikan efek relaksasi untuk setiap anggota yang datang.

3. Menciptakan suasana berkesan dan mendorong keinginan untuk melakukan kopi darat lagi.

4. Sarana mendapatkan hiburan, terlebih jika kopdar dilakukan di lokasi yang menyenangkan dan memang memiliki sarana hiburan tertentu.

Tujuan Kopi Darat

Nah untuk tujuannya sendiri, kira-kira akan seperti yang dituliskan di bawah ini.

1. Menjalin komunikasi tatap muka yang aktif dan nyata.

2. Mengenal satu sama lain secara langsung.

3. Mempererat tali silaturahmi.

4. Berbagai pengetahuan dan informasi mengenai riding gear terbaru yang berkualitas, dan sudah digunakan oleh anggota yang datang.

5. Untuk menemukan solusi atas tantangan yang dihadapi bersama.

Sebenarnya dilihat dari tujuan dan manfaatnya sendiri di komunitas rider kegiatan ini memiliki banyak nilai positif. Jadi tak heran jika komunitas sepeda motor banyak melakukan kopdar secara rutin, karena memang demikian seru dan bernilai positif.

Kegiatan kopdar di kalangan rider, sebelum masa pandemi, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan banyak komunitas. Baik untuk merencanakan touring, berbagi informasi mengenai riding gear terbaru dan terkini, hingga sekedar berkumpul untuk bersilaturahmi atau mengobrol, semua terjadi secara alami sehingga komunitas bisa menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Tentu saja untuk urusan update mengenai riding gear sendiri, produk dari Eiger Adventure selalu bisa jadi topik yang hangat. Secara reguler mengeluarkan berbagai perlengkapan riding terbaru dengan inovasi canggih, brand ini sudah sangat lekat dengan komunitas rider yang ada di Indonesia.Kopdar dalam waktu dekat mungkin akan jadi satu kegiatan rutin yang kembali dilakukan. Tentu saja, rekomendasi yang kami berikan adalah menggunakan perlengkapan yang berstandar jelas saat berkendara, seperti yang dimiliki oleh Eiger Adventure. Jadi selain kamu bisa melakukan kopdar dengan lancar, dari sisi keselamatan berkendara juga tetap terjamin. Pilih produk Eiger Adventure untuk kategori riding, dan dapatkan produk terbaiknya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments