HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Jenis Latihan Daya Tahan Tubuh, Jadikan Rutinitas!

5 Jenis Latihan Daya Tahan Tubuh, Jadikan Rutinitas!

Berbagai aktivitas setiap hari menuntut tubuh dan pikiran senantiasa segar, agar dapat dilakukan dengan maksimal. Untuk itu, latihan daya tahan tubuh diperlukan secara rutin agar badan bisa menghadapi semua tantangan yang muncul.

Badan yang biasa kamu latih secara rutin tidak hanya bisa bermanfaat pada daya tahan tubuh saja, tapi juga efek baik jangka panjang pada persendian dan kekuatan jantung. Sampai usia senja, jika kamu rutin melakukan latihan fisik, maka tubuh akan tetap terasa ringan dan kamu bisa menjauhkan diri dari berbagai kondisi otot dan tulang yang lemah.

Maka dari itu, berikut beberapa latihan daya tahan tubuh yang bisa Eigerian lakukan, dan bisa dimulai secepatnya dengan konsistensi terjaga.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Pemanfaatan Limbah Plastik di Sekelilingmu

1. Lakukan Latihan Beban

Latihan daya tahan tubuh
Sumber: freepik.com

Bukan berarti menjadi binaragawan atau pegiat kalistenik dengan badan yang estetik, tapi lebih kepada membiasakan tubuh untuk mengangkat beban secara rutin. Banyak kegiatan yang mengharuskan kamu mengangkat sejumlah beban, dan perlu otot dan persendian yang kuat untuk menyelesaikan tugas ini.

Kamu bisa melakukan gerakan sederhana seperti push-up, kemudian mengangkat barbel, squat, dan berbagai jenis gerakan angkat beban lainnya. Perlengkapannya juga cenderung mudah ditemukan. Kamu bisa menggunakan barbel yang dapat ditemukan di marketplace, atau bahkan membuatnya sendiri.

Lakukan secara rutin tapi tidak perlu terlalu lama. Kuncinya ada pada konsistensi. Jika beban yang diangkat mulai terasa terlalu ringan dan tidak lagi membuat otot berkontraksi dengan baik, kamu bisa menambahkan beban yang diangkat secara bertahap.

2. High Intensity Interval Training atau HIIT

Latihan daya tahan tubuh
Sumber: freepik.com

Jenis olahraga atau latihan ini cukup populer, karena bisa membuat seseorang berkeringat deras meski hanya dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Tanpa perlu keluar rumah, dijamin kamu akan merasakan sensasi olahraga intens yang membuat badan menggunakan tenaganya.

Konsep dasarnya adalah melakukan gerakan olahraga secara berulang, dengan durasi latihan dan jeda yang tidak berbeda. Misalnya, kamu melakukan jumping jack selama satu menit, maka waktu istirahat yang didapatkan juga satu menit, atau bahkan kurang.

Beberapa gerakan dilakukan dalam rangkaian yang runtut, dan waktu jeda serta latihan yang konsisten. Hanya memakan waktu 15 hingga 20 menit saja, kamu bisa membakar banyak kalori dan melatih banyak otot serta persendian di dalam tubuh.

3. Latihan Daya Tahan Tubuh, Bersepeda

Latihan daya tahan tubuh
Sumber: freepik.com

Bersepeda nyatanya akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Menyenangkan, membuat rileks, dan menjadi latihan daya tahan tubuh yang mudah dilakukan serta tidak terlalu berat karena bisa dilakukan dengan santai, kegiatan ini menjadi favorit banyak orang untuk mengisi waktu luang.

Bersepeda akan memberikan efek pada stamina. Latihan ini membuatmu memiliki tenaga yang lebih banyak dan daya tahan lebih baik. Bersamaan dengan itu, kamu bisa membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar dan melancarkan peredaran darah.

Bersepeda bisa meningkatkan detak jantung dan melatih pernapasan, sehingga membuat paru-paru bisa mengeluarkan bakteri dan penyebab gangguan kesehatan lainnya.

4. Sederhana dan Gampang, Jalan Pagi

Latihan daya tahan tubuh
Sumber: freepik.com

Jangan remehkan kebiasaan simpel jalan pagi yang dilakukan secara rutin setiap hari. Kebiasaan ini bisa membantu mengirimkan sinyal pada seluruh tubuh bahwa kamu akan mulai beraktivitas. Gerakan sederhana dari berjalan membantu ‘membangunkan’ sel yang ada di dalam tubuh untuk aktif bergerak.

Membantu menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan asupan udara segar dari alam secara langsung, dan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang hangat, daya tahan tubuh akan semakin kuat dan bertahan hingga usia senja.

Antibodi dan sel darah putih turut mengalir cepat ketika sedang jalan pagi. Dengan cara ini, kamu akan bisa menjaga kesehatan sepanjang waktu.

5. Berenang untuk Seluruh Bagian Tubuh

Latihan daya tahan tubuh
Sumber: freepik.com

Menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan banyak ahli, berenang benar-benar membawa efek baik hampir dari semua sisi kesehatan. Selain gerakan berenang yang mengharuskan seluruh tubuh ikut ‘bekerja’ dan berlatih, tenaga yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Berenang menjadi latihan yang baik untuk otot, kardio, dan pernapasan agar tetap optimal.. Semua dilakukan dalam satu olahraga dan terasa intens. Maka tak heran jika kamu merasa lapar setelah melakukan satu sesi berenang yang optimal.

Meski memang memerlukan effort lebih untuk sampai di kolam renang dan berlatih, tapi semua akan terbayar lunas saat kamu merasakan efeknya pada tubuh dan pikiran.

Baca Juga: 4 Cara Penanganan Cedera Olahraga, Sesuaikan Perlakuannya! 

Seimbangkan dengan Pola Makan Sehat dan Dukung dengan Perlengkapan Berkualitas

Latihan daya tahan tubuh sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara yang lain yang belum dimasukkan ke dalam artikel ini. Tapi yang harus diingat, latihan ini juga harus disertai dengan pola makan bernutrisi seimbang, sehingga tubuh bisa punya bahan bakar yang diperlukan untuk membangun daya tahan tubuh yang optimal.

Kunci dari latihan daya tahan tubuh yang baik adalah konsistensi dan disiplin dalam pola makan. Dukung juga latihan ini dengan perlengkapan latihan yang berkualitas, seperti beberapa produk yang disediakan di situs resmi Eiger Adventure. Menawarkan material yang solid, desain yang nyaman digunakan, dan yang pasti bisa mendukung semua aktivitas fisik yang kamu lakukan, produk-produk ini bisa kamu temukan dengan mudah di situs resmi Eiger Adventure. Belanja di situs resminya dan dapatkan harga terbaik, jaminan produk original, metode pembayaran yang beragam, serta gratis ongkir ke berbagai daerah di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru