HomeTips & TrickGreen & Healthy6 Tips Sederhana Pemanfaatan Limbah Plastik di Sekelilingmu

6 Tips Sederhana Pemanfaatan Limbah Plastik di Sekelilingmu

Pasti Eigerian sudah memahami akan dampak buruk limbah plastik yang dibuang begitu saja di lingkungan tanpa dikelola dengan baik. Limbah plastik memang concern besar terkait isu lingkungan yang saat ini dihadapi bersama. Bahkan menurut laporan situs Environmental Health News, setiap tahunnya seluruh dunia menghasilkan hampir total 360 juta ton sampah plastik. Sangat mencengangkan, bukan? Karena plastik sangat lama terurai, satu strategi yang harus Eigerian lakukan adalah dengan memulai pemanfaatan limbah plastik di kehidupan sehari-hari.

Memang sulit untuk sepenuhnya menghilangkan perilaku menggunakan plastik. Namun Eigerian bisa melakukan beberapa cara sederhana dalam pemanfaatan limbah plastik di kehidupan sehari-hari.

Cara Sederhana Pemanfaatan Limbah Plastik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Meninggalkan penggunaan plastik sehari-hari tidak sepenuhnya bisa dilakukan. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kembali plastik untuk keperluan sehari-hari hingga mendaur ulang limbah plastik menjadi barang yang berguna. 

Memang bukan kebiasaan yang mudah untuk mengurangi konsumsi plastik. Namun sebagai pecinta alam, Eigerian harus mulai merubah mindset untuk melestarikan alam dengan cara melakukan hal kecil yang berdampak besar untuk kelangsungan lingkungan.

Kabar baiknya, sebagai konsumen plastik di kehidupan sehari-hari, situasi membludaknya sampah yang sulit terurai ini bisa dikendalikan dengan mengubah cara menggunakan plastik. 

Foto limbah botol plastik di tempat sampah. Sumber: Freepik

Beberapa hal sederhana yang bisa coba Eigerian terapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya pemanfaatan limbah plastik, di antara lain:

1. Gunakan wadah plastik yang dapat digunakan kembali. Daripada menggunakan kantong atau wadah plastik sekali pakai, gunakan wadah yang bisa digunakan berulang dan terbuat dari bahan yang tahan lama, seperti silikon, kaca, atau stainless steel. Coba mulai hari ini kamu beralih menggunakan sedotan stainless steel, memakai tumbler untuk isi ulang air minum, tempat makan yang terbuat dari bahan yang eco friendly, dan lainnya.

2. Manfaatkan botol plastik menjadi pot tanaman. Jangan langsung buang botol plastik di sekitarmu. Manfaatkan botol plastik menjadi pot tanaman kecil di rumahmu. Caranya mudah banget dengan memotong bagian atas botol, lubangi bagian bawah botol. Kemudian isi dengan tanah, sedikit pupuk, dan bibit tanaman, dan tunggu hingga tanaman tumbuh dengan baik.

3. Membawa reusable bag sendiri untuk berbelanja. Untuk mencegah lebih banyak limbah kantong plastik belanja, bawalah reusable bag atau tas yang dapat digunakan kembali, sebagai cara efektif mengurangi sampah plastik.

4. Membuat kerajinan tangan dari limbah plastik. Pemanfaatan limbah plastik berikutnya dengan membuat kerajinan tangan dari barang yang sulit diurai ini. Eigerian bisa memanfaatkan botol plastik bekas, sedotan sekali pakai, dan benda lainnya untuk membuat kerajinan seperti tempat pensil, tempat makan burung, dan lainnya. 

5. Stop membeli botol air dalam kemasan plastik. Faktanya, botol air kemasan plastik membutuhkan waktu hingga 1.000 tahun untuk dapat terurai. Solusi untuk mencegahnya, gunakan tumbler yang bisa dipakai berulang kali untuk mengisi ulang air minum.

6. Mendonasikan barang-barang plastik. Jika kamu memiliki banyak barang-barang plastik yang masih dalam kondisi baik dan jarang digunakan, lebih baik didonasikan ke badan amal atau tempat khusus yang menampung barang bekas daripada dibuang. Di tempat-tempat tersebut, limbah plastik akan diolah dan didaur ulang sehingga menghasilkan produk yang bisa dimanfaatkan kembali dan memiliki nilai ekonomis. 

Baca juga: Berkenalan dengan Konsep Upcycling dan 3 Manfaatnya

Apa Manfaat Menggunakan Kembali Limbah Plastik?

Ini adalah pertanyaan bagus yang sering kali muncul saat gerakan memanfaatkan kembali limbah plastik banyak digaungkan oleh para pecinta alam. Dengan cara-cara sederhana menggunakan kembali (reuse) limbah plastik yang konsisten dilakukan, maka akan lebih sedikit limbah plastik yang berakhir begitu saja di tempat pembuangan. 

Konsep zero waste untuk mencegah limbah plastik ini akan mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan. Selain berdampak baik untuk lingkungan yang sustain, pemanfaatan limbah plastik juga akan menghemat energi dan sumber daya lingkungan. Dengan demikian, alam akan terjaga kelestariannya dan terbebas dari polusi limbah yang dihasilkan manusia.

Selain itu, menggunakan kembali plastik memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan harus membeli barang baru yang sekali pakai, sehingga Eigerian dapat menghemat lebih banyak pengeluaran.  

Terakhir, memanfaatkan kembali limbah plastik di sekitar lingkungan tempat tinggal akan mendukung komunitas lokal bergeliat. Komunitas pecinta lingkungan akan bersemangat menggunakan kembali dan mendaur ulang barang-barang bekas dari plastik dan lainnya. Sehingga hal ini dijadikan ladang bisnis lokal sembari tetap mengedukasi masyarakat akan penting peduli terhadap limbah plastik yang dapat berpotensi merusak lingkungan jika tidak diolah dengan baik.

Produk EIGER Terbuat dari Bahan yang Eco-Friendly dan Sustainable

1. Carrier Ecosavior 45 Rucksack

Sumber: eigeradventure.com

Sebagai pecinta alam tentunya memiliki tekad untuk menjaga dan melestarikan alam. Buat Eigerian yang punya jiwa petualang dan peduli dengan lingkungan, menggunakan carrier Ecosavior bisa menjadi salah satu wujudnya. Carrier ini mengusung konsep produk eco dan sustainability serta dibuat dari teknologi backsystem Ergocomfort dengan frame bambu.

Carrier Ecosavior 45 juga memiliki detachable trash bag atau kantong sampah yang bisa dilepas-pasang, lho. Sehingga Eigerian lebih mudah membawa sampah saat turun gunung. Mulai dari langkah kecil dengan bertanggung jawab membawa kembali limbah plastik saat berpetualang di alam, yuk!

Agar lebih lengkap, Eigerian bisa sekalian memiliki Eiger Recycle Rain Cover 45L-55L yang terbuat dari material recycle polyester berkualitas dan waterproof untuk melindungi tas carrier dan barang bawaan saat hiking. Rain cover ini membantu mengurangi limbah serta bersifat lebih ramah lingkungan.

2. EIGER BALAVU WATER BOTTLE

Sumber: eigeradventure.com

Salah satu item wajib dimiliki untuk mengurangi sampah botol plastik adalah penggunaan tumblr yang bisa diisi ulang. Botol minum Balavu punya desain minimalis dan elegan untuk pemakaian sehari-hari. Balavu water bottle dibuat dari bahan stainless steel yang ringan dan bebas BPA. Minuman yang kamu simpan juga akan tetap panas atau dingin selama 12 jam berkat formula double wall vacuum insulated. Memiliki pegangan yang bikin mudah dan praktis dibawa kemana pun. 

3. EIGER DARLING SLING BAG WS

Sumber: eigeradventure.com

Darling Sling Bag dari Eiger siap menemani kegiatan harian maupun saat berkendara roda dua. Hadir dengan tampilan kasual, tas ini memiliki kompartemen utama dengan saku dalam dan organizer untuk memuat kebutuhan harian. Saku bagian depan tas bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering diakses. 

Menariknya, lapisan dalam (lining) tas menggunakan bahan daur ulang. Tas ini juga menggunakan finishing water repellent C6 sebagai komitmen Eiger untuk menyediakan produk yang lebih ramah lingkungan dan meminimalisir dampak bagi lingkungan.  

4. Eiger Up Lunchie 1.1 Lunch Bag

Sumber: eigeradventure.com

Eiger menyulap produk-produk yang sebelumnya tak layak, menjadi sebuah tas bekal yang fungsional. Recycle product ini dibuat dari bahan jas hujan, kain perca, serta beberapa material kain poliester, nilon, dan katun. 

Up Lunchie 1.1 punya desain unik satu-satunya dan dilengkapi dengan kompartemen untuk menyimpan kotak bekal makan siangmu dengan aman. Dengan memiliki tas bekal ini, artinya kamu sudah berkontribusi melestarikan alam dengan menggunakan produk recycle yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Tersedia dua warna Black dan Blue yang akan dipilih random sebelum pengiriman. 

Segera Miliki Produk EIGER yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Itulah beberapa ide pemanfaatan limbah plastik yang bisa membantu EIgerian mengurangi penggunaan plastik sehari-hari! Mudah-mudahan, langkah perubahan lifestyle ini bisa membawa perbedaan yang positif terhadap kelangsungan lingkungan sekitar.

Buat Eigerian yang sudah menerapkan zero waste lifestyle ketika bertualang atau berkegiatan sehari-hari, langkah yang tepat dengan melengkapi produk Eiger Adventure yang mengusung konsep eco friendly dan sustainability. 

Tinggal memilih produk yang kamu butuhkan dan membaca review-nya, kapan pun kamu bisa langsung checkout barang-barang pilihanmu dari Eiger. Yuk, dapatkan berbagai keuntungan mulai dari promo menarik, gratis ongkir, dan diskon harga miring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru