HomeTips & TrickRidingSering Merasa Emosi Ketika Berkendara? Lakukan Hal Ini!

Sering Merasa Emosi Ketika Berkendara? Lakukan Hal Ini!

Mengendarai motor membutuhkan keterampilan berkendara dan kesabaran dalam menahan emosi.

Kemacetan di jalanan bukan satu-satunya hal yang membuat kamu menghela napas panjang, tetapi juga tingkah laku orang lain saat berkendara. Ada sejumlah variabel yang mempengaruhi kesabaran ini.

Misalnya, waktu makan, waktu tidur, atau istirahat sebelum berkendara, dapat memengaruhi tingkat kesabaran Eigerian.

Namun, pada dasarnya, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengelola emosinya.

Oleh karena itu, kamu sebagai pengendara sepeda motor harus mempersiapkan beberapa hal penting sebelum memulai perjalanan di bawah cahaya matahari. 

Hal yang Biasa Membuat Emosi Pengendara Motor

Apa sebenarnya yang menyebabkan orang menjadi sangat marah atau tidak bisa mengontrol emosi mereka saat berkendara?

Seharusnya para pengendara yang sudah dewasa dan biasanya memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi mereka.

1. Wataknya Gampang Emosi

Hal ini dianggap tidak cukup untuk mengukur kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi mereka, seperti yang terjadi pada orang yang mudah marah atau emosi saat mengalami insiden di jalan raya.

Apalagi, seseorang yang memiliki karakter emosi dinilai sulit untuk mengendalikannya saat mengalami insiden tertentu.

Tidak mengherankan bahwa banyak orang akhirnya bertempur dengan kekerasan untuk meluapkan perasaan mereka di jalan raya.

Orang-orang yang terlibat dianggap memiliki kecenderungan untuk kehilangan kontrol emosi mereka, bahkan jika insiden kecil.

Oleh karena itu, banyak pengemudi sering terlibat dalam konflik hingga berakhir dalam perkelahian di jalan raya.

2. Tidak Tahan Macet

Menurut beberapa sumber, kemalasan adalah salah satu alasan mengapa banyak pengendara roda dua, empat, dan sejenisnya sangat mudah emosi saat berkendara di jalan raya.

Selain itu, kemacetan dianggap menyebabkan orang merasa terhalang hingga akhirnya menjadi marah.

Ini terutama berlaku untuk pengendara yang ingin cepat sehingga mereka tidak bisa mengontrol emosi mereka saat terjadi insiden di jalan raya yang tengah macet.

3. Cuaca Terlalu Panas

Cuaca juga menjadi faktor yang membuat pengendara merasa emosi saat di jalan raya, terutama saat cuaca panas, membuat orang ingin cepat sampai ke tujuan. Namun, emosi akhirnya tidak bisa dibendung ketika terjadi insiden.

Dengan demikian, banyak orang kemudian melampiaskan kemarahan mereka di jalan raya. Bahkan, para ahli percaya bahwa orang yang biasanya dapat mengendalikan emosi mereka juga tidak dapat mengontrol kemarahan mereka saat berada di jalan raya.

4. Dikejar Waktu

Bayangkan saja ketika seseorang lapar, capek, atau terlambat sehingga mereka ingin segera sampai ke tempat tujuan, dan kemudian mereka merasa terburu-buru, marah, atau lapar.

Ketika ada insiden kecil, emosi dan kemarahan orang dianggap tidak dapat dibendung, yang akhirnya menyebabkan perkelahian di jalan raya.

Baca Juga: Shockbreaker Motormu Sering Rusak? Hindari 5 Hal Ini!

Alasan Pentingnya Menjaga Emosi Saat Berkendara

Mengendarai sepeda motor, mobil, atau kendaraan lainnya membutuhkan keterampilan khusus, terutama di jalan raya yang padat penduduk.

Apa hubungannya dengan mempertahankan emosi? Berikut penjelasannya!

1. Jalan Raya Merupakan Tempat Umum Bagi Semua Orang

Jalan raya adalah tempat umum dan fasilitas umum yang disediakan oleh negara untuk digunakan oleh semua orang.

Jadi, siapa yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan? Semua orang harus menjaga ketertiban dan bukan hanya polisi lalu lintas yang bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban di jalan raya.

Polisi juga manusia biasa yang tidak dapat hadir kapan pun diperlukan. 

Menjaga jalanan tetap teratur akan lebih nyaman untuk bekerja sama. Jika kita tidak bisa mengontrol emosi kita, itu pasti akan membuat keributan, apalagi jika kita harus adu mulut dengan orang lain di jalan.

Ini akan mengganggu ketertiban dan mungkin menimbulkan masalah baru. Menjaga ketertiban umum di jalan raya juga penting, bukan? Situasi yang tenang membuat kita merasa nyaman saat berkendara. 

2. Emosi Tidak Menyelesaikan Masalah

Terkadang kita emosi karena jalanan macet dan panas matahari. Tapi pernahkah kamu berpikir bahwa kita tidak akan menemukan solusi dengan memakai emosi? Alih-alih malah memperumit situasi? 

Meskipun kemacetan di jalan adalah hal yang menyebalkan, emosi tidak akan membuat jalan menjadi lancar juga, kan?

Saat jalanan terlalu padat, ada baiknya untuk tetap santai dan mencari jalan alternatif atau, jika kamu memang tidak terburu-buru, mencari tempat untuk beristirahat dan menghindari emosi.

Jaga emosi saat mengendarai sepeda motor adalah pilihan terbaik karena emosi tidak akan pernah memberikan solusi terbaik di jalan raya, malah akan memperkeruh suasana. 

3. Konsentrasi Jadi Buyar

Salah satu hal paling penting yang harus kamu perhatikan saat mengendarai sepeda motor dan kendaraan bermotor lainnya adalah tetap fokus. Dengan memperhatikan kondisi jalan dengan benar, kamu akan lebih aman saat berkendara. 

Dengan emosi tentu saja akan merugikan diri sendiri, karena kamu akan kehilangan fokus saat berkendara, yang dapat menyebabkan hal buruk terjadi. Sangat jelas bahwa kamu tidak ingin terjadi hal-hal buruk.

Selain itu, menjaga emosi akan membantumu tetap tenang saat menghadapi tantangan di jalan raya, seperti kemacetan dan membuat kamu lebih mampu berpikir logis dan menemukan solusi yang tepat.

Cara Menjaga Emosi Saat Berkendara

Saat mengendarai motor, ada beberapa cara untuk mengontrol emosi Eigerian. Ini sangat penting karena kesabaran tanpa disadari dapat memengaruhi keselamatan kamu.

1. Matangkan Rencana Perjalanan

Pelajari rute dan waktu terbaik untuk melewatinya untuk membuat rencana perjalanan. Hal ini membuat kamu dapat menghindari lalu lintas yang padat.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa tertekan saat berkendara. Strategi serupa juga dapat diterapkan untuk perjalanan pulang dari pekerjaan.

2. Istirahat yang Cukup 

Beristirahat dengan cukup juga penting. Manfaatkan waktu istirahat kamu sebaik mungkin. Sebab ketika mengantuk di jalan, kamu tidak hanya menjadi kurang konsentrasi, tetapi juga cepat marah.

Jadi, jika rasa mengantuk sudah tidak tertahankan lagi, carilah tempat yang aman untuk menepi dan beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

3. Jaga Konsumsi Makanan

Ternyata, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan vitamin sesuai kebutuhan, bersama dengan jumlah air yang cukup, dapat membantu menjaga konsentrasi.

Ketika kamu berada dalam konsentrasi penuh saat mengendarai motor, kamu tidak akan mudah terkejut atau marah ketika pengendara lain diklakson.

4. Cek Kondisi Motor Secara Rutin

Bukan hanya kondisi motor sendiri, tetapi juga kemacetan dan perilaku pengguna jalan lain yang dapat menyebabkan kemarahan.

Oleh karena itu, jika motor mengalami masalah saat kamu mengendarainya di jalan, apalagi dalam kondisi terburu-buru, itu pasti akan memancing emosi.

Maka dari itu, pastikan kendaraan kamu ini dalam kondisi baik sehingga dapat digunakan saat berkendara.

5. Ajak Teman Saat Berkendara

emosi

Mengajak teman saat bepergian juga merupakan cara yang lebih mudah untuk meredakan emosi saat bepergian.

Dengan mengajak teman, kamu dapat berbicara dengannya ketika mulai merasa tersulut emosinya.

Usahakan juga untuk membicarakan hal-hal yang ringan saja daripada hal-hal sensitif yang bisa membuat kamu kesulitan mengendalikan emosi.

6. Gunakan Metode Defensive Riding

Cara terbaik untuk meredakan emosi saat berkendara adalah dengan menggunakan teknik defensive riding, atau mengemudi secara defensif.

Ini karena saat mengemudi secara defensif, kamu harus bersikap tenang agar keselamatan terjamin.

7. Putar Lagu Favorit Sesuai Emosi

Untuk mengontrol emosi kamu, buatlah daftar lagu favorit dan putar mereka di mana pun kamu pergi.

Ini adalah salah satu hiburan yang efektif untuk menghilangkan kebosanan selama perjalanan.

Kamu dapat memasukkan lagu berirama rendah hingga tinggi sesuai selera. Kamu mungkin lebih suka bernyanyi bersama musik favorit daripada terganggu oleh suara klakson, bukan?

Jagalah Kondisi Tubuhmu Saat Berkendara

Pastikan Eigerian berkendara dengan perlengkapan yang aman dan nyaman setelah kondisi kendaraan kita sudah baik.

Dalam situasi seperti ini, kita dapat mencoba menggunakan perlengkapan berkendara dari EIGER Adventure Official.

Di website kami, kamu dapat membeli jaket, celana, slayer, sarung tangan, dan peralatan riding EIGER lainnya.

Semua produk dijamin asli, berkualitas tinggi, dan dengan harga termurah.

Belanja online pun tidak perlu khawatir karena ada layanan pelanggan yang tersedia 24 jam sehari.

Selain itu, nikmati berbagai promosi menarik, mulai dari harga spesial hingga diskon gratis ongkir, yang dapat membuat belanja lebih mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru