HomeTips & TrickTravelingLiburan Camper Van, Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan

Liburan Camper Van, Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan

Liburan Camper Van dan Segala jenis keterbatasan yang belakangan ini dihadapi oleh sektor pariwisata, membuat banyak inovasi baru bermunculan. Mulai dari sistem pemesanan tiket perjalanan dan penginapan yang secara fleksibel bisa diatur ulang tanggalnya, hingga wisata Camper Van yang kemudian banyak mendapat perhatian masyarakat. Tapi untuk yang terakhir disebutkan, sebenarnya bagaimana maksudnya?

Camper van sendiri adalah konsep wisata unik yang memungkinkan Eigeran semua berwisata dengan kendaraan sendiri. Di dalam kendaraan ini, akan tersedia banyak perlengkapan perjalan dan peralatan portable, yang jadi perangkat utama untuk melakukan aktivitas sepanjang perjalanan. Mobil yang telah dimodifikasi ini memungkinkan Eigerian untuk memasak, mandi, mencuci, dan melakukan kegiatan rutin lainnya, sembari melakukan perjalanan ke lokasi yang diinginkan.

Liburan Camper Van

Populernya Wisata Camper Van

camper van
Sumber : freepik.com

Sebenarnya konsep wisata ini telah dikenal di beberapa negara di Eropa, dan menjadi alternatif untuk memiliki waktu berkualitas bersama orang terdekat. Pada konteks wisata di era pandemi, camper van  memungkinkan kamu semua melakukan perjalanan dengan lebih aman, karena tidak ada orang asing di dalam mobil tersebut. Hanya keluarga, teman, atau orang terdekat saja yang ikut dalam perjalanan.

Konsep wisata ini juga populer karena memberikan ‘kebebasan’ untuk pesertanya melakukan perjalanan dan berkunjung ke mana saja. Dengan berkendara sendiri, tentu kamu bisa lebih santai dan tidak perlu terburu-buru dalam melakukan perjalanan. Lagipula, camper van digunakan untuk menghabiskan waktu liburan bukan?

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berwisata dengan Camper Van

camper van
Sumber : freepik.com

Nah untuk Eigerian sekalian yang berminat mencoba sensasi wisata camper van, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Cukup mendasar, mulai dari pencarian informasi hingga persiapan menghadapi keadaan tak terduga. Simak selengkapnya.

Cari Informasi Terlebih Dulu

Camper van memang bukan tren yang sudah terjadi bertahun-tahun, namun tidak sedikit pula informasi terkait wisata ini. Mulai dari agen pariwisata yang menawarkan berbagai paket menarik, hingga tips dan life hack yang bisa kamu gunakan ketika perjalanan nanti. Mulai dari blog hingga berbagai akun media sosial bisa kamu akses untuk mendapatkan serba-serbi informasi mengenai konsep wisata unik ini. Yup, seperti artikel yang sedang kamu baca sekarang ini.

Apapun Dikemas dengan Praktis

Karena kendaraan atau mobil yang kamu gunakan tidak memiliki ruang yang luas, bahkan jika sudah memanfaatkan bagian atas dengan bagasi tambahan, maka ada baiknya kamu melakukan packing berbagai barang yang dibawa dengan praktis. Ingat, perjalananmu akan cukup panjang, kamu perlu ruang yang nyaman untuk beristirahat di dalam mobil. Jangan sampai membawa terlalu banyak barang atau mengemasnya dengan sembarangan sehingga bisa mengurangi ruang gerak di mobil.

Miliki Surat Izin Mengemudi, dan Lihat Prediksi Cuaca dan Jalanan

Pastikan siapapun yang bertugas menyetir memiliki SIM yang diperlukan, karena ini adalah hal yang sangat mendasar. Kemudian, ada baiknya kamu melihat prediksi cuaca beberapa hari kedepan sekaligus mencari tahu mengenai medan yang akan jadi rute utama. Penting untuk mempersiapkan mobil dalam kondisi prima, serta bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Kita semua tahu, Eigerian berangkat untuk liburan, tapi karena semua harus bisa diatasi sendiri, semua wajib dipersiapkan. Jangan lupa bawa peta dan kompas analog, siapa tahu nantinya tak ada sinyal.

Siap Mengurus Diri Sendiri

Dalam artian luas, perjalanan dengan camper van akan menuntut kamu untuk bisa mandiri. Sebisa mungkin, setiap peserta harus memiliki tingkat kemandirian yang tinggi sehingga segala yang akan dijalani terasa lebih mudah. Kemampuan mengurus diri sendiri ini mulai dari membuat makanan, membuat tempat beristirahat, membuang kotoran, mengelola pakaian, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, bagi tugas juga untuk bagian menyetir agar tidak ada yang kelelahan.

Bekali Diri dengan Pengetahuan Dasar Mengenai Mobil

Persiapan tentu dilakukan dari segala aspek, tak terkecuali kondisi mobil yang akan digunakan dalam perjalanan Namun demikian setidaknya siapkan juga sedikit pengetahuan mengenai mobil dan otomotif, untuk berjaga-jaga. Pahami kapasitas tangki bahan bakar, rasio konsumsi bahan bakar, sedikit mengenai mesin, penggantian ban, dan sejenisnya. Kamu sebenarnya bisa saja mengajak teknisi atau supir yang memahami benar urusan ini, tapi akan terasa kurang seru bukan?

Bekali Perjalanan dengan Peralatan Mumpuni

camper van
Sumber : freepik.com

Biar bagaimanapun juga, kegiatan wisata camper van juga tetap akan memerlukan peralatan yang mendukung aktivitasnya. Nah, sangat direkomendasikan untuk menggunakan peralatan yang sudah memiliki standar kualitas teruji serta berpengalaman dalam hal ini. Tentu saja, Eigerian sejati paham benar dimana bisa menemukan peralatan dan perlengkapan kegiatan luar ruang yang berkualitas.

Eiger Adventure, akan jadi solusi untuk mendukung liburan camper van yang akan kamu lakukan. Dengan alat dan perlengkapan yang komplit, semua kebutuhan bisa kamu temukan di sini. Tentu, kualitas yang disajikan setiap produknya tidak main-main, sehingga kegiatan yang kamu lakukan bisa benar-benar berjalan lancar. Segera kunjungi laman produknya, dan temukan setiap perlengkapan yang kamu butuhkan di Eiger Adventure!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru