HomeTips & TrickMountaineering5 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dari Eiger dan Tips Memilihnya

5 Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dari Eiger dan Tips Memilihnya

Rekomendasi sepatu gunung, selain menyiapkan kondisi fisik, mental, hingga logistik, ada beberapa persiapan lain yang perlu diperhatikan sebelum naik gunung. Beberapa peralatan mendaki harus dipastikan memiliki kualitas yang sesuai kebutuhan, supaya proses mendaki gunung berjalan lebih aman dan nyaman. Salah satunya adalah memilih sepatu gunung yang tepat.

Ada beberapa jenis sepatu gunung yang dijual di pasaran, namun pastikan bahwa sepatu yang hendak dibeli sesuai dengan kebutuhan untuk mendaki, mengingat jalanan yang dilewati saat mendaki tidak semulus jalanan kota. Tenang, di bawah ini sudah disiapkan beberapa rekomendasi sepatu gunung terbaik dari EIGER. 

Siapa yang setuju, kalau kegiatan luar ruang seperti naik gunung itu menyenangkan? Selain dapat menghirup udara segar, pemandangan yang ditawarkan di atas gunung juga sangat memesona. Tapi, naik gunung tentunya harus diimbangi dengan peralatan yang mumpuni, salah satunya ya soal sepatu gunung yang nyaman, seperti yang sudah disinggung di atas.

Sayangnya, hingga kini masih banyak pendaki yang belum cermat dalam memilih sepatu gunung. Sehingga akibatnya, kaki akan terasa sakit bahkan lecet saat mendaki gunung. Maka dari itu, jangan lewatkan tips memilih dan rekomendasi sepatu gunung terbaik di bawah ini! 

Tips Memilih Sepatu Gunung

rekomendasi sepatu gunung

Berikut ini ada lima tips penting dalam memilih sepatu gunung yang tepat. Simak satu per satu, yuk

1. Perhatikan Kondisi Sol Sepatu

Sol pada sepatu gunung harus sol yang didesain khusus untuk melewati medan pendakian gunung yang seringkali berbatu dan licin. Pilihlah sepatu yang memiliki sol berceruk tajam, di mana bagian punggung solnya tinggi. Sol sepatu yang tepat akan membantu kita merasa lebih nyaman saat melewati medan gunung berbatu.

Selain itu, pilih juga sepatu yang memiliki sol tumit kuat, besar, dan terbuat dari karet atau sintetis sejenis. Sol tumit ini berfungsi untuk menahan laju badan kita saat turun gunung dan mengantisipasi terjadinya terpeleset di medan pendakian yang licin.

2. Memilih Ukuran Sepatu yang Lebih Besar

Sebagian besar orang mungkin akan memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kakinya. Tapi khusus untuk memilih sepatu yang akan digunakan untuk mendaki, ternyata kita perlu memilih ukuran yang lebih besar dari ukuran sesungguhnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah memberikan ruang yang cukup di depan ujung kaki, supaya kaki tidak mudah lecet dan tersiksa pada saat mendaki atau turun gunung. Jika kita memiliki ukuran sepatu 38, maka kita bisa memilih sepatu gunung dengan ukuran yang lebih besar, sekitar 39 atau 40.

3. Menyesuaikan Tinggi Leher Sepatu dengan Medan Pendakian

Ada beberapa jenis sepatu dengan leher pendek dan tinggi. Untuk menentukan leher sepatu pendek atau tinggi yang harus dipilih, kita perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan medan pendakian. Jika medan pendakian cukup ringan, maka sepatu yang sesuai adalah sepatu dengan leher pendek. Sepatu model ini akan lebih ringan dipakai dan harganya relatif lebih murah.

Sementara untuk sepatu dengan leher tinggi, sangat cocok digunakan untuk mendaki medan yang berat. Sepatu dengan leher tinggi, akan lebih maksimal dalam melindungi kaki kita saat melewati medan pendakian, dan meminimalisir cedera pada kaki yang mungkin saja bisa terjadi.

4. Memeriksa Leher Sepatu

Leher sepatu merupakan bagian yang akan sering mengalami gesekan dengan bagian atas tumit. Jika lapisan leher sepatu keras, maka akan menimbulkan luka pada tumit, sehingga hal itu akan sangat merepotkan, terlebih jika pendakian yang dilakukan adalah pendakian panjang. Luka yang ditimbulkan akibat gesekan dari leher sepatu yang keras biasanya tidak langsung kita sadari, namun luka tersebut akan terlihat dan terasa saat kita telah berjalan cukup lama. Maka dari itu, memilih leher sepatu yang lebih empuk akan membuat pendakian lebih nyaman dan aman, sehingga kaki kita tidak mudah luka dan pendakian akan terasa lebih menyenangkan.

5. Memilih Jenis Sepatu Track

Sebelum memilih salah satu dari rekomendasi sepatu gunung, sebagai pendaki kita harus mengetahui jenis-jenis sepatu yang sesuai untuk digunakan saat mendaki. Setelah itu, kita dapat menyesuaikan jenis sepatu yang dipakai dengan track pendakian.

Misalnya, ketika kita hendak melakukan pendakian di track pegunungan bersalju, maka sepatu yang cocok adalah Mountaineering Boot. Sementara itu, jika pendakian dilakukan di medan yang panjang dan berat, maka sepatu yang sesuai adalah Heavy Boots, karena sepatu ini tahan air dan tidak mudah lembab. 

Baca juga: Apa Sih Fungsi Dry Bag, dan Bagaimana Cara Memilihnya?

Rekomendasi Sepatu Gunung Terbaik dari Eiger

rekomendasi sepatu gunung
Sumber: Eiger Tarantula 2.0 Shoes

EIGER punya banyak sekali koleksi sepatu gunung yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini ada beberapa sepatu gunung yang paling direkomendasikan. Cek daftarnya, yuk!

1. EIGER ANACONDA 2.5 SHOES

Anaconda 2.5 merupakan sepatu approach low-cut yang dirancang khusus untuk hiking, scrambling, dan trekking di medan berbatu. Sistem konstruksi gusset pada sepatu ini berfungsi untuk mencegah masuknya elemen seperti kerikil ataupun air dari bagian atas sepatu.

Bagian dalam sepatu didukung insole ortholite yang memberikan bantalan, breathable (memiliki daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga mudah kering), dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman.

2. EIGER TARANTULA 2.0 SHOES

Tarantula 2.0 merupakan mid-cut hybrid shoes yang dirancang khusus untuk kegiatan hiking dan approach. Material utama pada sepatu ini adalah nubuck leather yang menawarkan ketahanan. Sepatu ini juga menggunakan outsole vibram predator 625K dan insole ortholite untuk bantalan yang lebih baik.

Sepatu dirancang dengan booties construction dengan waterproof membrane untuk mencegah masuknya air sehingga memungkinkan permukaan kulit kaki terhindar dari basah.

3. EIGER TIGER CLAW 2.0 SHOES

Tiger Claw 2.0 merupakan sepatu low cut yang dirancang khusus untuk kegiatan hiking ringan dan pemakaian harian. Teknologi heel support system pada sepatu ini akan menyangga pergelangan kaki guna menunjang kaki agar tetap stabil saat berjalan. Sepatu ini juga didukung outsole berbahan rubber untuk cengkraman yang lebih baik.

Bagian dalam sepatu didukung insole ortholite yang memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. Dilengkapi juga dengan rubber toe protector yang berfungsi untuk melindungi kaki bagian depan dari gesekan dan benturan.

4. EIGER PYTHON HC BOOTS SHOES

PYTHON merupakan high-cut shoes yang hadir untuk memberikan keamanan dan kenyamanan untuk kegiatan penjelajahan di iklim tropis. Sepatu berdesain tangguh ini terbuat dari material nubuck leather yang dikombinasikan dengan cordura yang memiliki daya tahan kuat.

Untuk kenyamanan ekstra, sepatu ini juga dilengkapi dengan ortholite insole, serta vibram winkler outsole dengan komponen rubber memberikan traksi terbaik dan daya cengkram kuat di berbagai medan.

5. EIGER ANACONDA 2.5 CAMOUFLAGE SHOES

Anaconda 2.5 Camouflage merupakan sepatu approach low-cut yang dirancang untuk kegiatan hiking, scrambling, dan trekking di medan berbatu. Sistem konstruksi gusset pada sepatu ini berfungsi untuk mencegah masuknya elemen seperti kerikil ataupun air dari bagian atas sepatu.

Bagian dalam sepatu didukung insole ortholite yang mempercepat pengeringan serta sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan, dan memiliki sol berbahan karet vibram khusus untuk memanjat batuan kering.

Baca juga: Apapun Alasannya, Alat Camping Ini Tidak Boleh Ketinggalan

Selain kelima rekomendasi sepatu gunung dari Eiger yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak koleksi sepatu gunung dari Eiger yang bisa dipilih. Seperti EIGER STINGRAY SHOES, EIGER PIRANHA SHOES, dan masih banyak lagi.

Bagi Eigerian yang memiliki rencana melakukan pendakian dan masih dalam proses persiapan, sebaiknya tips memilih sepatu gunung di atas memang wajib diperhatikan. Untuk belanja segala macam perlengkapan dan peralatan mountaineering, langsung saja meluncur ke website Eiger Adventure Official!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

  1. I think this is among the most important info for me.
    And i am glad reading your article. But wanna remark on few
    general things, The site style is ideal, the articles is really great : D.
    Good job, cheers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments