HomeTips & TrickGreen & HealthyIni Dia 5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Ini Dia 5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Berkebun menjadi salah satu kegiatan favorit sebagian orang, selain aktivitas ini bisa dilakukan untuk mengisi waktu senggang, manfaat berkebun juga baik untuk kesehatan loh Eigerian.

Gak perlu punya lahan atau pekarangan yang luas, kamu cukup memanfaatkan sudut rumah yang kosong sebagai ruang bercocok tanam. Ada banyak panduan menarik di internet perihal kegiatan ini, bahkan di ruangan terbatas sekalipun.

Jangan meremehkan kegiatan ini, meski kegiatannya sendiri terkesan sederhana, seperti menyiram, menanam, atau sekadar menyiangi tanaman, hal ini dapat berimbas pada kesejahteraan jiwa raga. Mau tau apa saja manfaat dari kegiatan berkebun?

Berdampak Positif untuk Kesehatan

Berkebun menjadi hal yang menyenangkan untuk dijadikan hobi, selain itu kegiatan ini juga dapat menyehatkan pelakunya. Ketika kamu berkebun, kamu akan melakukan berbagai kegiatan seperti memotong, merapikan pot, menanam, dan menyiram tanaman.

Kegiatan berkebun akan membakar sekitar 280 kalori hingga 380 kalori per jam. Jumlah kalori yang terbakar ini setara dengan jogging selama 30 menit. Bahkan, kegiatan ini mampu membakar kalori lebih banyak daripada bersepeda. Jadi tunggu apalagi, mau berkebun apa hari ini?

Menurunkan Tingkat Stres

Source: Pexels photo by Atul Choudhary

Berkebun juga mampu menurunkan tingkat stres seseorang, setelah seharian lelah akan aktivitas sekolah atau kantor.

Bagi yang senang kegiatan luar ruangan, berkebun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghilangkan stress. Kegiatan berkebun dapat menghilangkan rasa stres, depresi, dan frustasi akibat kerjaan sekolah atau kantor, termasuk juga putus cinta.

Dengan berkebun, segala fikiran negatif dan mengganggu akan lebih teralihkan. Bagi pemula, bisa memulai dengan jenis tanaman yang diinginkan. Baik itu jenis buah-buahan (yang cepat berbuah), sayuran (hemat tempat), menanam bunga, atau lainnya. Sesuai dengan istilah ‘di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat’.

Baca juga: Jangan stres, ini tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi

Berpikir Lebih Kreatif

Manfaat berkebun  berikutnya yakni bisa membuat fikiran lebih kreatif. Jika bisanya kita disibukan dengan kegiatan dalam ruangan yang membuat penat, atau terus menerus memegang gawai seharian, menikmati udara segar, jauh dari gawai, dan berfokus pada kebun dapat membuatmu berpikir lebih kreatif.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mendaki gunung untuk mendapatkan fikiran jernih, berkebun juga dapat membantu kamu terhubung dengan alam, sehingga memungkinkan kreativitas kamu mengalir bebas.

Baca juga: Benarkah tidur cukup dapat meningkatkan kualitas hidup?

Rumah Menjadi Lebih Sejuk

Jika kamu masuk kategori orang yang tidak bisa diam, kegiatan yang satu ini wajib dilakukan ketika berada di rumah. Selain dapat mengisi waktu luang, kegiatan ini juga sangat menguntungkan terutama pada suhu sekitar.

Keberadaan berbagai tumbuhan di rumah tentunya akan membuat rumah jadi lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali terutama untuk di daerah perkotaan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi. Hal tersebut karena tumbuh-tumbuhan mengurangi polusi dengan menyerap emisi buang karbon dioksida.

Baca juga: Manfaat beraktivitas di alam bagi kesehatan

Memperpanjang Umur

Karena kesehatan yang stabil serta pikiran yang tenang, maka hal ini akan mempengaruhi usia kamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai berkebun.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat berkebun lainnya yang bisa kamu rasakan, seperti bisa menghasilkan produk sendiri yang organik dan lebih sehat (jika jenis tanaman yang digunakan berupa sayuran atau buah-buahan), menjadi ‘kepuasan’ tersendiri karena telah berhasil dalam menanam sesuatu, atau hal lainnya yang mungkin tidak terpikirkan oleh penulis.

So, untuk menghilangkan kebosanan di rumah terutama di masa pandemi ini, silakan coba hal baru dengan berkebun dan rasakan manfaatnya.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments