HomeTips & TrickGreen & HealthyMengenal Walking Meditation yang Bikin Pikiran Tenang

Mengenal Walking Meditation yang Bikin Pikiran Tenang

Bagi Eigerian yang gemar melakukan meditasi, mungkin sudah gak asing lagi dengan istilah walking meditation alias meditasi sambil jalan. Teknik meditasi yang satu ini cukup disukai karena tidak memerlukan peralatan, sehingga memudahkan penggemarnya ketika melakukan jenis meditasi ini.

Jenis meditasi yang satu ini merupakan bagian latihan yang digunakan untuk memusatkan perhatian, sangat mirip dengan teknik pernapasan.

Bagi yang ingin lebih fokus dan sedang dilanda stress, bisa mencoba teknik meditasi satu ini. Lantas, apa saja manfaat yang ditawarkan dari meditasi sambil berjalan ini?

Memperlancar Peredaran Darah

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari meditasi sambil jalan adalah membantu tubuh dalam memperlancar peredaran darah. Meditasi ini sangat cocok buat kamu yang bekerja terlalu lama duduk di kursi atau rebahan seharian, salah satu kegiatan yang bisa membuat aliran darah kurang maksimal.

Dengan melakukan meditasi berjalan, akans sangat membantu mengalirkan darah, terutama menuju kaki.

Dengan begitu, pikiran dan tubuh akan terasa lebih ringan karena aliran darah akan berjalan lebih lancar. Terlebih lagi, jalan dengan pikiran yang sadar dan fokus juga baik untuk meningkatkan energi kamu ketika terlalu lama duduk. Produktivitas kerja meningkat, kesehatan pun terjaga.

Baca juga: Cara motivasi diri berolahraga

Membantu Mengurangi Rasa Cemas

Selain memperlancar aliran darah, meditasi jalan juga membantu mengurangi tingkat rasa cemas. Bagi yang selalu merasa cemas tidak karuan tanpa sebab yang jelas, mungkin kamu membutuhkan jenis meditasi yang satu ini.

Sebuah studi dari American Journal of Health Promotion membuktikan bahwa berjalan yang dikombinasikan dengan meditasi lebih efektif dalam mengurangi gejala kecemasan.

Maka dari itu, memulai kebiasaan meditasi sambil berjalan ternyata baik untuk kesehatan mental, terutama untuk mengurangi rasa cemas. Tidak perlu lama-lama, cukup 10 menit saja sudah bisa mendapatkan manfaat dari meditasi ini  (jika dilakukan dengan rutin).

Baca juga: Manfaat memutar musik saat bekerja

Meningkatkan Kadar dan Sirkulasi Gula Darah

Tahukah kamu, walking meditation juga dapat meningkatkan kadar dan sirkulasi gula darah loh? Manfaat yang satu ini tentu sangat membantu orang-orang, terutama para penyandang diabetes yang sedang mencari solusi murah untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuhnya.

Sebuah penelitian terbatas yang dipublikasikan di Complementary Therapies in Medicine menyimpulkan bahwa meditasi berjalan berdampak positif pada kadar gula.

Tentunya manfaat ini hanya bisa dirasakan jika dilakukan secara rutin, konsistensi memang menjadi salah satu sebab dalam memaksimalkan manfaat yang didapat.

Membantu Meningkatkan Kreativitas

Apakah kamu termasuk orang yang pernah atau bahkan sering stuck saat melakukan suatu hal? terlebih saat melakukan berbagai pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan kreativitas tinggi.

Pikiran mandek saat bekerja dan tidak mampu produktif karena kreativitas terbatas ternyata bisa diselesaikan dengan meditasi sambil jalan.

Seperti yang Eigerian ketahui bahwa meditasi satu ini merupakan salah satu teknik melatih atau memusatkan perhatian, artinya dengan memusatkan perhatian dipercaya dapat membuat pikiran lebih jernih dan fokus hingga merangsang kreatifitas.

Baca juga: Tips membuat resume terlihat menarik

Nah, itulah beberapa manfaat dari kegiatan walking meditation yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang satu ini tidak akan memakan banyak waktu, bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu luang.

Namun alangkah lebih baik jika kegiatannya sendiri dilakukan saat pagi hari, dimana cuaca sedang sejuk dan jauh dari polusi.

Selain itu, kegiatan meditasi jalan ini juga sebaiknya dilakukan di tempat yang tenang yang mana jauh dari lalu lalang manusia. Dengan begitu, manfaatnya sendiri bisa dirasakan secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru