HomeTips & TrickMountaineeringTak Perlu Ragu Ajak Anak, Setelah Tahu Manfaat Berkemah

Tak Perlu Ragu Ajak Anak, Setelah Tahu Manfaat Berkemah

Berkemah memang identik dengan udara dingin dan persiapan yang ribet. Namun, berkemah nyatanya memiliki berbagai manfaat yang ternyata baik bukan hanya bagi orang dewasa, tapi juga bagi anak. Dilansir dari gocampingaustralia.com, tidur di tenda atau karavan merupakan salah satu cara untuk membuat anak menjadi lebih dekat atau akrab dengan orang tuanya. Berkemah memungkinkan anak untuk merasakan banyak hal yang belum tentu bisa dilakukan di rumah. Misalnya memasak bersama, menyiapkan makanan, mengatur tempat untuk tidur di malam hari, memancing, atau kegiatan lain yang tidak bisa dilakukan karena kesibukan orang tua.

Realitanya, berkemah akan membuat anak jauh dari polusi udara kota. Seperti yang kita ketahui, bahwa polusi udara dapat menyebabkan penyakit pernapasan. Jika anak menderita asma misalnya, maka udara segar area perkemahan akan menjadi sesuatu yang baik. Satu hal lagi, berkemah juga merupakan kesempatan besar bagi anak untuk berolahraga, juga baik untuk pikiran dan tubuh mereka. Berjalan atau trekking bisa memompa jantung dan membakar kalori.

Lalu, apa manfaat mengajak anak berkemah lainnya? 

1. Melatih ketahanan fisik anak

manfaat berkemah

Pada umumnya, orang dewasa menganggap bahwa anak memiliki ketahanan fisik yang tidak sebaik orang dewasa. Bahkan bisa dikatakan, anak kecil lebih rentan dengan udara luar. Namun menurut penelitian Thomas Tallman, udara dingin/panas tidak akan membuat anak sakit atau terkena flu. Justru, anak yang sering diajak untuk berkemah dan bertemu dengan udara luar akan membuat fisik mereka bekerja dengan maksimal. Dengan begitu, jika anak dibiasakan berkemah maka ketahanan fisik mereka akan semakin baik. Tapi, jangan memaksakan anak untuk ikut berkemah jika anak sedang mengalami flu atau demam, karena cuaca yang tidak tentu bisa membuat fisik anak malah semakin memburuk. Ajak anak berkemah ketika sedang segar bugar.

2. Membuat anak menjadi lebih percaya diri

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang pendiam, ada juga yang pemberani. Jika kebetulan memiliki anak yang pendiam, maka cobalah untuk membawa anak untuk berkemah. Saat berkemah, kita akan secara otomatis mengenalkan lingkungan baru kepada anak. Dengan begitu, anak pasti merasa ingin tahu akan lingkungan baru tersebut dan pasti akan bertanya ini dan itu, mungkin juga malah mengajak orang tuanya untuk berkeliling karena ingin mengenal lingkungan yang menurutnya baru. Secara tidak langsung, anak akan belajar menjadi lebih percaya diri melalui kegiatan berkemah.

3. Membuat anak terbiasa jauh dari gadget dan teknologi

Di era seperti sekarang ini, setiap orang hampir tidak bisa lepas dengan teknologi, mulai dari TV, smartphone, dan lain sebagainya. Nah, cobalah ajak anak untuk sesekali berkemah dan menjauhkan mereka dari teknologi masa kini yang sudah semakin tidak karuan. Jika orang tua membiasakan diri untuk mengajak anak untuk berkemah dan tinggal jauh dari teknologi, maka anak akan terbiasa hidup tanpa gadget (tidak ketergantungan dengan gadget).

4. Mengajak anak untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain

Kehidupan anak tentunya tidak jauh dari bangun tidur, sekolah, les, makan malam, dan tidur, di mana semua kegiatan harian selalu runtut seperti itu. Kadang, hal tersebut membuat anak berpikir kalau hidup mereka hanyalah untuk melakukan hal-hal itu saja. Cobalah sesekali ajak anak untuk berkemah dan bertemu dengan orang-orang baru di luar sana. Dengan bertemu dengan orang baru saat berkemah, anak akan belajar mengenal hal baru dan mau tidak mau pasti membuat mereka bersosialisasi dengan orang baru. 

Ajak anak untuk berjalan-jalan dan berkenalan dengan para camper lain, supaya anak bisa terbiasa untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, ketika anak diajak untuk berkemah di lain waktu, mereka bisa langsung berkenalan sendiri dengan camper lainnya.

5. Membiasakan anak bermain dengan alam

manfaat berkemah

Memutuskan untuk berkemah berarti mengajak anak untuk bertemu langsung dengan alam. Jika sudah terbiasa, anak pasti akan tertarik dengan berbagai hal tentang alam. Kebanyakan anak yang sering bertemu alam biasanya akan menjadi anak yang sensitif terhadap sesuatu yang berhubungan dengan isu lingkungan. Bukankah sebagai orang tua kita pasti akan merasa bangga jika melihat anak berubah menjadi anak yang peduli dan cinta dengan lingkungan?

Buatlah jadwal berkemah di spot yang berbeda untuk mengenalkan anak dengan alam yang beragam. Kita bisa memilih berkemah di gunung, di pantai, di hutan pinus, atau tempat lainnya. 

Baca juga: Daftar Gunung Tertinggi di Dunia Beserta Tantangannya Masing-masing

6. Menghilangkan tekanan pada anak akan dunia luar atau dunia sekolah

Dunia anak terkadang tidak seindah yang dibayangkan orang tua. Ada kalanya, anak mengeluh akan suatu hal, baik PR yang membuat pusing atau bully-an teman-teman sekolahnya. Cobalah ajak anak untuk berkemah, dan berikan waktu untuk anak bisa berbagi cerita. Lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bernyanyi bersama atau melihat pemandangan alam agar anak menjadi lebih tenang dan fresh kembali. Tapi, jangan paksa anak untuk bercerita tentang masa sulitnya agar anak tidak merasa terbebani. Ceritakan hal-hal yang menyenangkan agar anak menikmati waktu berkemahnya.

7. Menciptakan kenangan yang tidak terlupakan

Bicara tentang berkemah, itu berarti bicara tentang kenangan indah. Jika masih bingung bagaimana cara membuat kenangan indah ketika berkemah, sebenarnya kita hanya perlu bawa peralatan memasak, alat musik, dan senyum yang lebar. Ajak anak untuk memasak makanan kesukaan mereka ketika berkemah, dijamin mereka akan sangat antusias dan bahagia. Lalu, ajak anak menyanyi dan menari lagu kesukaan mereka. 

Sambil menghangatkan badan, momen api unggun juga bisa dijadikan sebagai momen terbaik untuk saling bertukar cerita. Bagaimana, mulai tertarik untuk mengajak anak berkemah? 

Baca juga: Tips Memilih Tenda Dome Terbaik, Kuat di Segala Kondisi!

Kalau sebelumnya banyak orang berpikir bahwa berkemah bersama anak adalah sesuatu yang merepotkan. Karena harus bawa inilah, bawa itulah. Tetapi dibalik itu semua, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak dari kegiatan berkemah. Jadi, sekarang tidak usah ragu untuk mengajak anak berkemah, ya!

Pergi berkemah bersama anak tidak akan bikin repot jika segala perlengkapannya disiapkan jauh-jauh hari. Cobalah membuat daftar perlengkapan apa saja yang perlu di bawa. Kemudian cek daftar tersebut, lalu tentukan perlengkapan mana saja yang sudah ada, dan mana yang perlu dibeli. Cara ini akan membuat kita lebih mudah dalam menyiapkan perlengkapan untuk berkemah. Dapatkan berbagai macam perlengkapan berkemah mulai dari tenda, matras, sleeping bag, dan lainnya hanya di Eiger Adventure! Tidak hanya itu, Eiger juga punya koleksi khusus untuk anak-anak. Cek sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments