HomeTips & TrickRidingMenilik Kegunaan Tas Motor Touring dan 4 Rekomendasinya

Menilik Kegunaan Tas Motor Touring dan 4 Rekomendasinya

Biker dan riding, menjadi dua kata yang tak mungkin dipisahkan. Dalam aktivitas riding yang dilakukan, tak jarang biker perlu membawa barang-barang yang esensial, mulai dari peralatan untuk melakukan servis ringan, bekal, dan lain sebagainya. Di sini kemudian peran Kegunaan Tas motor touring jadi penting.

Tapi apakah tidak lebih praktis dengan membawa ransel atau backpack saja?

Well, jika kamu juga merupakan biker yang sering melakukan touring, maka kamu akan paham benar bagaimana backpack mungkin mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Opsi menggunakan tas motor touring kemudian muncul, dan ternyata diminati cukup banyak rider.

Kegunaan Utama dari Tas Motor Touring

tas motor touring

Pada dasarnya, kegunaan tas motor touring sama dengan tas pada umumnya, membawa barang. Hanya saja, karena jenisnya cukup banyak, maka kemudian tas-tas ini seperti memiliki spesialisasi barang bawaan yang wajar digunakan.

Secara singkat kira-kira berikut jenis dan penggunaan tas motor touring yang biasa digunakan.

Backpack

Disebutkan sebelumnya memang bahwa penggunaan tas seperti ini sedikit banyak mengganggu kenyamanan dari berkendara. Namun pada perjalanan panjang, kamu harus membawa pakaian ganti bukan?

Model backpack atau daypack masih jadi pilihan paling masuk akal ketika ingin melakukan perjalanan jauh dan lebih dari beberapa hari. Untuk membawa pakaian, laptop, hingga selimut, tas jenis ini cocok untuk jadi opsi.

Hip Bag, Alternatif Backpack

Jika perjalanan yang kamu lakukan tidak terlalu jauh dan menuntut banyak barang bawaan, kamu bisa memilih hip bag. Tas ini bisa memuat tablet, baju-baju tipis, serta handuk, tanpa harus membebani bagian pundak dan punggung.

Tas ini juga cenderung lebih mudah diakses daripada tas punggung, karena letaknya ada di pinggang.

Tail Bag

Dengan kapasitas yang besar dan memiliki strap khusus untuk direkatkan di bagian belakang jok motor, kamu bisa menggunakan tas model ini untuk perjalanan solo. Tail bag jadi alternatif pengganti backpack, dan box motor, sehingga tidak terlalu bulky namun berkapasitas besar.

Tail bag biasanya digunakan untuk membawa pakaian, dan beberapa barang besar saat perjalanan, termasuk perkakas motor.

Side Bag, Ringkas dan Praktis

Side bag juga akan jadi pilihan tas motor touring menarik untuk kamu, yang ingin membawa berbagai barang. Tas yang dipasang di bagian samping kanan dan kiri jok belakang motor ini memiliki ukuran yang beragam, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tak sedikit bahkan yang menyediakan produk ini dengan bracket tambahan untuk pemasangan, sehingga bisa lebih kokoh.

Tank Bag

Seperti namanya, tas motor ini dipasang di bagian tangki motor. Dengan strap yang bisa membantu memperkuat posisinya di tangki, kamu bisa dengan mudah menjangkau barang apapun tanpa harus turun dari tempat duduk.

Kapasitasnya cukup besar, dan bisa digunakan membawa berbagai barang.

Baca Juga : Kenapa Perlu Pakai Body Protector Saat Riding? Ini Bahayanya!

Rekomendasi Tas Motor Touring Terbaik untuk Kamu

tas motor touring

Nah setelah mengetahui beberapa jenis tas motor berdasarkan ukuran dan posisi pemasangannya, kami juga sajikan rekomendasi tas motor touring terbaik untuk kamu.

1. Tank Bag SW22

Diproduksi oleh brand Shad, tank bag ini bisa jadi opsi menarik untuk kamu yang mencari produk serupa. Dengan fitur waterproof, barang yang kamu letakkan di sini tak akan mudah basah karena perlindungan yang diberikan.

Kapasitas yang dimiliki adalah 13 liter, dan memiliki strap pemasangan yang kuat. Jadi posisi tas tak akan banyak berubah ketika kamu berkendara, dan tak akan menghambat manuver yang kamu lakukan.

2. New Tourismo Tailbag

Rekomendasi kami yang kedua adalah tailbag dari 7GEAR. Tas motor touring ini memiliki kapasitas hingga 24 liter, sehingga cocok untuk menggantikan backpack atau daypack. Dengan kantong yang cukup banyak, pemasangannya dijamin kokoh dengan strap di bagian samping kiri dan kanan serta strap tambahan.

Sedikit kekurangan dari tas ini adalah bahwa  belum dilengkapi dengan fitur waterproof, jadi kamu harus melapisinya sendiri dengan pelapis tertentu.

3. Hip Bag 2 Small

Ketiga ada produk dari Abu Garcia, yang bisa kamu jadikan opsi menarik ketika mencari hip bag. Tas ini memiliki desain yang cukup oke dengan strap kokoh, sehingga tak akan bergeser ketika digunakan berkendara. Bahan yang digunakan sebagai dasarnya adalah ripstop polyester, sehingga kuat dan memiliki daya tahan terhadap air.

Dengan kapasitas hingga 2 liter, kamu bisa membawa kamera digital, dompet, serta peralatan kecil lainnya.

4. Vauxhall 1.2 WP Side Bag Motorcycle Bag

Tentunya, produk dari Eiger Adventure tak ketinggalan di rekomendasi yang kami buat ini. Masuk ke dalam kategori side bag, tas motor touring ini memiliki kapasitas hingga 20 liter. Jadi ketika dipasangkan di kiri dan kanan motor, kamu akan memiliki tambahan bagasi sebesar 40 liter, cukup lega bukan?

Bahan yang digunakan adalah Tarpaulin 500D, yang waterproof dan kokoh. Selain itu ditunjang dengan strap yang kuat, membuat posisi side bag dari Eiger Adventure tidak mudah bergeser sehingga barang di dalamnya tetap aman.

Baca Juga : Tips Dasar untuk Keselamatan Berkendara, Ini 5 Poinnya 

Itu tadi beberapa rekomendasi dan sekilas informasi mengenai tas motor touring yang bisa kami sajikan. Tentu saja, jika kamu ingin mendapatkan perlengkapan touring yang berkualitas, Eiger Adventure akan jadi solusi dari semua kebutuhan. Klik laman produknya sekarang, dan temukan apapun yang kamu butuhkan di sana!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru